6 KUDAPAN MANIS SURABAYA YANG BIKIN LIDAH TERPESONA

June 28, 2016

Apa sih yang kita pikirkan ketika mendengar sebutan ‘kota metropolitan’? We might instantly imagine tentang gedung-gedung tinggi, mall tersebar dimana-mana, tempat hangout yang hits dan seru, bangunan yang megah, jalan yang macet, dan sebagainya. Yup, nggak salah kok jika kita mengasosiasikan dengan itu, karena kenyataannya memang demikian.

 

Surabaya, as the second largest city in Indonesia, juga memiliki karakteristik yang nggak jauh berbeda dengan kota-kota besar lainnya. Namun, Surabaya nggak melulu identik dengan hal-hal berbau modern, lho. Ada pula sisi lain yang berbau tradisional di kota pahlawan ini, mulai dari budaya, kesenian, pakaian, hingga makanannya!

Berbicara soal makanan, Surabaya juga nggak kalah kaya dengan kota-kota lain. Ada puluhan ragam kuliner yang menarik untuk dicicipi. Begitu pula kudapan atau jajanan kecil khas kota ini, yang cukup melimpah jenisnya hingga kita akan kesulitan untuk memilihnya. Mulai dari yang gurih, asin, asam, hingga manis, semua tersedia di sini. Tapi, kali ini Gogirl! akan membahas soal kudapan yang manis-manis khas Surabaya. Penasaran? 

 

1. Spiku

Kue berbahan dasar tepung terigu, telur dan mentega ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, lho. Yup, kata spiku sendiri diambil dari kata “spekkoek” yang berarti kue lapis dalam bahasa Belanda. Penamaan kue lapis itu sendiri bukan tanpa alasan, mengingat bentuknya yang berlapis-lapis, dengan dua warna khas yakni kuning dan coklat tua.

Spiku memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis di lidah, yang dapat membuat kita jatuh cinta. Ingin membawa spiku sebagai oleh-oleh? Don’t worry, spiku cukup mudah dijumpai kok. Hampir setiap toko kue dan pasar tradisional menjual kue ini, baik dalam ukuran dus, maupun potongan kecil yang siap santap. Salah satunya toko yang menjual spiku adalah Spikoe Resep Kuno, yang terletak di jalan Rungkut Madya No. 41, Surabaya.

 

2. Bolu Kukus

Bolu kukus ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga yang tengah mekar. Warnanya yang beraneka ragam juga mampu mencuri perhatian kita. Sepintas, bentuk bolu kukus ini mengingatkan kita pada kue mangkok, namun bahan-bahan yang digunakan berbeda lho, girls. Bolu kukus dibuat dari tepung terigu, sementara kue mangkok dibuat dari campuran antara tepung terigu dan tepung beras.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut serta warna-warninya yang menggoda, tak akan luput dari ingatan kita. Bolu ini dapat dengan mudah kita jumpai di pasar-pasal tradisional, toko kue dan roti, hingga swalayan modern. Dua tempat yang menjual bolu kukus adalah Pasar Blauran (Jalan Kranggan, Sawahan, Surabaya) dan Kartiko Surabaya (di dalam area Pasar Atum Tahap III Lantai 2, Surabaya).  Bolu kukus biasanya dijual per buah, dengan harga mulai dari seribu hingga empat ribu rupiah. Murah banget kan?

 

3. Putu Ayu

Kudapan yang identik dengan rasa kelapa ini memiliki berbagai variasi bentuk, lho. Ada yang dibuat dengan cetakan bundar, kotak, bintang, hingga berbentuk seperti bunga. Warna hijau dan putihnya yang khas pun tak mudah kita lupakan. Apalagi rasanya, mm... yummy! Perpaduan rasa manis dari kue dan rasa gurih dari parutan kelapa tak akan pernah kita lupa! Percaya deh!

Putu ayu cocok dimakan saat waktu senggang, bersanding dengan segelas teh manis hangat. Dijamin, bisa bikin harimu lebih istimewa! Kue ini dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional, toko kue dan roti, hingga toko oleh-oleh khas Surabaya. Harganya cukup murah lho, mulai dari dua hingga tiga ribu rupiah per buahnya. Pasar Blauran (jalan Kranggan, Surabaya) adalah salah satu tempat di mana kita bisa berburu kue putu ayu sepuasnya, hehe.

 

4. Kue Lumpur

Ini nih, kue yang agak berbeda dibanding yang lain. Yap, kue lumpur ini terkenal karena dibuat dari bahan dasar....kentang! Campuran kentang kukus yang telah dihaluskan terlebih dahulu, serta telur ayam yang cukup banyak membuat tekstur kue ini jauh lebih lembut dibanding kue-kue lainnya. Nama kue lumpur sendiri diambil dari teksturnya yang sangat lembut, basah dan halus, mirip dengan lumpur. Rasanya pun berpadu antara manis dan gurih, terkadang pula ada tambahan kismis kering diatasnya dan tentunya amat menggugah selera. Mmm... Kebayang kan, enaknya seperti apa?

Kue lumpur dapat dengan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional, toko kue dan roti, serta toko oleh-oleh khas Surabaya.  Harganya bervariasi, mulai dari dua hingga empat ribu rupiah saja! Pusat Oleh-Oleh Bu Rudy, yang terletak di jalan Dharmahusada No. 140 Surabaya, adalah satu dari sekian banyak tempat yang bisa kita datangi untuk membeli kue lumpur yang lezat ini. Siap-siap nambah ya, karena satu kue lumpur saja nggak bakalan cukup!

 

5. Kue Ku/Kue Tok

Merah, kenyal dan menggoda. Itulah deskripsi singkat dari kue yang satu ini, kue ku! Eits, tak hanya artis yang punya banyak nama, kue ini juga, lho. Ada banyak sebutan bagi kue ini, yakni kue ku, kue tok, kue kura-kura, hingga ang ku kueh. FYI, kue ini bukan asli dari kota Surabaya, melainkan kue tradisional khas dari negeri Tiongkok! Namun, karena terbiasa dijual di pasar tradisional, juga disajikan di hajatan-hajatan, lambat laun kue ku diterima sebagai kue lokal di hati penduduk kota pahlawan ini, girls!

Kue ini terbilang cukup unik. Selain warnanya yang merah dan mencolok, teksturnya yang kenyal dan lengket, rasanya yang manis, dan ada pula kejutan di dalamnya, yakni... kacang hijau halus! Yup, kacang hijau halus ini ditaruh di dalam kue, dan memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Oh ya, kue ku ini terbuat dari campuran tepung ketan, santan, gula, garam, dan pewarna merah (sebagai bahan kulit) serta kacang hijau sebagai bahan isiannya.

Kue ku dapat dijumpai di toko-toko kue dan oleh-oleh, pasar tradisional hingga supermarket modern, lho. Mau? Cukup merogoh kocek dari dua hingga tiga ribu rupiah, kue ini siap untuk dinikmati. Yumm!


6. Lapis Legit

Ini nih yang paling istimewa... lapis legit! Selain karena rasanya yang manis di lidah, juga karena kue satu ini sangat identik dengan kota Surabaya. Berbeda dengan spiku, lapis legit menggunakan lebih banyak mentega, susu dan telur ayam dalam pembuatannya. Bentuknya pun berbeda, spiku terdiri dari tiga lapis, sementara lapis legit memiliki lapisan yang jauh lebih banyak. Lapis legit juga memiliki tekstur yang lebih padat dari spiku.

Seperti jajanan pasar lainnya, lapis legit pun cukup mudah dijumpai. Mulai dari toko-toko kue, pasar tradisional, hingga swalayan besar menjual kue ini. Salah satu toko yang menjual lapis legit di Surabaya adalah Majestyk Bakery & Cakes, yang memiliki dua cabang, yakni di jalan Kapas Krampung No. 93 dan jalan Darmo Indah Timur Blok. G/61-62 A Surabaya. Di toko ini pula, menjual beragam rasa lapis legit, mulai dari yang original, keju, cokelat, kopi, pandan, hingga blueberry! Tertarik untuk mencoba?

Written by Nena Zakiah, (Gogirl! Apprentice)
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar