7 MAKANAN LEGENDARIS TANGERANG YANG WAJIB DICICIPIN!

July 28, 2017

 7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

 

Bukan hanya dikenal sebagai kota ‘Benteng’, tapi wilayah Tangerang juga punya tempat–tempat makan yang udah berdiri sejak lama. Old but gold, that’s the right thing to say. Sesuatu yang udah lama pasti bakal punya kesan tersendiri bagi kita. Yuk, Kita intip kira–kira tempat makan apa aja ya yang bisa kita jadiin our next destination.

 

 

1. ES BUN TIN

 

7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

source pict: Traveling Yuk, id.foursquare.com

 

Makan es siang – siang bakal jadi pelepas dahaga yang super manjur! Es Bun Tin ini terletak di kawasan Pasar Lama, di seberangnya Vihara Boen Tek Bio. Kedai yang ngejual berbagai macam varian rasa es campur ini, udah ada sejak tahun 1980. Wah... lama banget ya, bahkan kita aja belum lahir. Waktu Gogirl! ke sana kita juga nanya kenapa dinamainnya es Bun Tin, dan ternyata itu adalah nama pemilik dari kedai ini, Lim Bun Tin. Yang paling terkenal di sini adalah es Putsal-nya. Apa tuh? Itu adalah singkatan dari Putri Salju yang topping-nya serba putih (leci, nata de coco, sagu mutiara, susu kental putih). Buat yang suka durian, jangan lupa buat nyobain es durian ala Bun Tin, dijamin enak!

Alamat : Pasar Lama, Tangerang Kota
Range Harga : Rp6.000,- – 14.000,-

 

2. ASINAN LAN JIN

 

7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

source pict: abouttng.com, kompas.com

 

Selain bisa nikmatin es di tengah teriknya matahari, kita bisa juga nyicip asinan lan jin yang udah berdiri sejak 1979. Jaraknya nggak begitu jauh sama Es Bun Tin. Asinan yang disajiin di sini adalah asinan sayur, kayak tauge, kol, lobak, timun, sayur asin, dan wortel. Nggak cuma itu aja, tapi dilengkapin juga sama irisan tahu kuning dan taburan kacang tanah yang udah digoreng. Gogirl! juga udah nyoba dateng ke sana, dan asam cukanya bener – bener kerasa banget. Kalo yang nggak kuat, sebaiknya jangan dituang terlalu banyak. 

Alamat : Pasar Lama, Tangerang Kota
Range Harga : Rp15.000,-

 

3. BAKSO MANG BANDI

 

7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

source pict: paper-in-campus.com

 

Bagi para pecinta bakso, wajib coba bakso legendaris yang udah berdiri sejak 33 tahun lalu ini. Daging ayamnya yang khas bikin bakso ini makin istimewa. Sebelum berada di daerah perumahan, bakso Mang Bandi ini berkeliling nyari konsumen dengan menggunakan gerobak. Proses dan perjuangan emang nggak ngebohongin hasil. Sampe sekarang, bakso ini nggak pernah sepi sama pengunjung! Kalo datengnya sore, biasanya udah ludes... so you better hurry!

Alamat : Jl. Sukabakti V No.28, Sukasari, Tangerang
Harga : Rp17.000,-

 

4. DODOL NYONYA LAUW

 

7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

source pict: Tokopedia

 

Udah berdiri sejak 1962, dodol Ny.Lauw ini udah berhasil nembus pasar–pasar tradisional di luar Tangerang. Nggak cuma ngeproduksi dodol, tapi di sini juga disediain kue keranjang. Kalo udah mendekati Lebaran atau Imlek, biasanya dodol legendaris ini bakalan laku keras di pasaran.

Alamat : Jalan Bouraq, Gang SPG Nomor 55, Tangerang.
Harga :  Kue Keranjang Rp30.000,- / kg dan Dodol berbeda – beda sesuai varian rasa (±70 ribu/kg)

 

5. NASI BAKAR SUM SUM PURI

 

7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

source pict: www.backpackerkoprol.com, www.indonesiakaya.com

 

Makanan yang satu ini katanya merupakan resep turun temurun keluarga Mang Puri sejak tahun 1941, sebelum akhirnya berpindah tangan ke Dedi (dulu pekerja di Mang Puri). Proses pembuatannya pun masih tradisional. Nasi Bakar Sumsum diracik dengan nasi sebagai bahan utamanya, kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu dan ditambahin sumsum sapi/kerbau.

Alamat : Jalan Brigjen KH Syam'un, Kota Serang
Harga : Rp7.000 / bungkus

 

6. SAYUR BESAN DI WARUNG MPOK IYOH

 

7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

source pict: Wisata Kuliner

 

Nama asli dari si pemilik warung adalah Hj Amroh, yang udah ngediriin warung ini sejak 1992. Awalnya warung ini sempit, sampe akhirnya mulai tahun 1995 berkembang dan jadi lebih besar. Sayur besan khas orang Betawi ini udah susah banget ditemuin. So, it will be the right choice kalo kita dateng ke Warung Mpo Iyoh buat nyicipin sayur besan ini.

Alamat : Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan
Harga : Sayur Besan Rp 8.000,- / porsi

 

7. SATE H. ISHAK

 

7-MAKANAN-LEGENDARIS-TANGERANG-YANG-WAJIB-DICICIPIN!

source pict: pergikuliner

 

Sate legendaris H.Ishak ini, udah berdiri sejak 1950 dan sampe sekarang masih berjualan pake gerobak. Sate ayam ini udah terkenal banget karena sambel kacangnya yang lembut. Tempat ini bisa jadi pilihan yang pas buat yang suka nongkrong malem – malem.

Alamat : Jl. Ki Samaun, Tangerang
Harga : Rp19.000/ porsi

 

 

Written by Nathania Clairine
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar