BELAJAR SERBA-SERBI DAGING WAGYU YANG PERLU KITA TAU

February 12, 2017

GET-TO-KNOW-AUSTRALIAN-WAGYU

 

Ada 3 negara yang sudah mengembangbiakan sapi jenis Wagyu ini, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia. Australia merupakan negara yang paling banyak menghasilkan sapi jenis Wagyu. Nah Gogirl! akan memberikan pengetahuan singkat tentang daging Wagyu asal Australia. Semoga setelah baca ini, kita jadi bisa sharing ke teman dan keluarga soal daging mahal ini ya.

 

A JOURNEY FROM PADDOCK TO PLATE 

Pengertian Wagyu pada dasarnya mengacu pada beberapa jenis ternak sapi yang awalnya dikembangkan di negeri Jepang. Australia adalah negara yang paling banyak mengembangbiakkan sapi jenis Wagyu. Hal ini dikarenakan para penghasil daging sapi Australia sejak bertahun-tahun yang lalu udah menyadari bahwa kondisi iklim Australia sangatlah tepat untuk memelihara dan mengembangbiakkan ternak daging sapi yang sangat terkenal akan kelezatannya ini.

 

APA ITU WAGYU?

Wagyu berasal dari bahasa Jepang yang berarti ‘Wa’ untuk ‘Jepang’ dan ‘Gyu’ artinya ‘Ternak’. Kalo keduanya digabungin, artinya menjadi ‘ternak Jepang’ atau ‘Japanese cow’. Menurut sejarahnya, Wagyu berasal dari jenis ternak pekerja yang dipake untuk membajak dan dipergunakan sebagai alat transportasi. Mereka dipilih karena mempunyai daya tahan fisik yang baik. Sapi pekerja ini sangat disukai karena memiliki sel lemak pada otot dan dapat memberikan sumber tenaga instan bilamana dibutuhkan. Gen Wagyu sendiri pertama kali diperkenalkan di Australia pada tahun 1988. Dan saat ini terdapat 300 peternak wagyu di Australia yang menyediakkan perkawinan silang.

Daging sapi Wagyu dikenal secara internasional dan ciri khasnya sebagai makanan yang berkualitas, termasuk cita rasa yang unik, tekstur daging yang diselimuti lemak (marbling), tender, juicy, dan dari rasanya yang enak. Kombinasi antara sifat genetik dan pemberian makanan khusus, menghasilkan daging yang mempunyai karakter tersendiri yang nampak jelas pada semua bagian dagingnya, mulai dari fillet sampai brisket. Daging sapi Wagyu memiliki ciri khas khusus yaitu mengandung marbling yang dalam jumlah tinggi serta memberikan rasa juicy dan meleleh di mulut.

 

MARBLING

 

GET-TO-KNOW-AUSTRALIAN-WAGYU

 

Marbling adalah guratan halus lemak putih di dalam daging yang memberi cita rasa lezat dan manis pada daging serta memberikan tekstur yang lunak pada daging. Marbling dalam daging terbentuk karena sapi diberi diet energi tinggi dari pakan biji-bijian. Semakin banyak marbling semakin tinggi kelas daging tersebut. Marbling diukur dalam grade. Grade marbling dimulai dari 1 hingga 12+.

  

APA YANG MEMPENGARUHI EMPUKNYA DAGING SAPI AUSTRALIA?

Usia hewan-hewan Wagyu Australia yang lebih muda menghasilkan daging lebih empuk, yang dikenal sebagai daging sapi muda-veal. Jumlah marbling yang ada pada potongan daging, juga mempengaruhi empuknya si daging. Cara pemberian makan untuk ternak sapi Wagyu Australia adalah grass fed and grain fed. Dan cara masak yang benar sesuai dengan potongan daging juga mempengaruhi alasan empuknya daging sapi ini.

 

JENIS-JENIS POTONGAN DAGING WAGYU DAN KELEBIHANNYA

 

GET-TO-KNOW-AUSTRALIAN-WAGYU

 

Ada banyak jenis potongan untuk daging sapi Wagyu. Tapi Gogirl! akan memberitahukan 3 terpopuler yang ada di menu restoran, jadi kalo mau mesen steak kita nggak akan salah lagi.

1. Sirloin. Daging Sirloin terletak pada bagian punggung belakang sapi, yang biasa disebut dengan daging sapi has luar. Cukup banyak lemak yang terdapat pada bagian ini, dan kalo diolah memberikan rasa gurih nikmat pada olahan steak. Tapi tenang lemak pada daging Wagyu adalah lemak tak jenuh yang lebih sehat.

2. Ribeye. Juga terkenal disebut daging iga, jenis potongan rib diambil dari bagian daging disekitar tulang rusuk. Bagian ini termasuk prime cuts seperti Sirloin yang juga banyak lemak, tapi rib memiliki karakter daging lebih lembut.

3. Outside Skirt. Bentuk potongan daging ini memanjang dan datar (lihat pada gambar). Tidak selunak Sirloin dan Ribeye, jenis potongan ini masih memiliki karakter lunak khas daging Wagyu. Daging Outside Skirt merupakan jenis daging multiguna yang bisa diolah untuk beberapa macam hidangan seperti sapi lada hitam, rendang, dan sangat cocok untuk barbecue.

 

Written by Kartika Afriyani
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar