WISATA KULINER JAJANAN KAKI LIMA DI SEMARANG YUK!

May 18, 2017

 KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang punya berbagai sajian kuliner yang enak dan khas, mulai dari jajanan sampe makanan besar. Kalo berkunjung ke Semarang, wajib banget buat nyobain kuliner-kuliner ini. Eits, makanan khas Semarang nggak cuman lumpia sama bandeng lho. So let’s check out the list!

 

 

LUMPIA MBAK LIEN

Siapa yang nggak tau makanan khas Semarang yang satu ini. Berisi telur, rebung, daging ayam atau udang, dan dibungkus pake kulit yang super crispy. Hmm ngebayanginnya aja udah ngiler banget! Di antara banyak penjual lumpia di Semarang, Gogirl! ngerekomendasiin Lumpia Mbak Lien. Saking nge-hits-nya Lumpia Mbak Lien ini, banyak penjual lumpia di sepanjang jalan yang namanya mirip-mirip. Jadi jangan sampe salah tempat ya, soalnya Lumpia Mbak Lien ini lokasinya emang agak masuk ke gang. Lumpia Mbak Lien nyajiin dua jenis lumpia, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Keduanya sama-sama super enak dengan isian yang pas perpaduan rasanya. Apalagi kalo dicampur sama sausnya yang manis gurih, mantap!

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : Jln. Pemuda Gang Grajen No. 1, Bangunharjo, Pandansari

 

TAHU GIMBAL H. EDY

Tahu gimbal adalah potongan tahu yang dimakan bareng udang goreng tepung, tauge, kol mentah, lontong, dan telur goreng. Kenikmatan ini ditambah lagi dengan siraman bumbu kacang dan kerupuk atau emping. Bumbu kacang yang dipake di tahu gimbal ini beda dari bumbu kacang lainnya karena dicampur sama petis. Tahu gimbal ini adalah salah satu makanan yang nggak bisa kita cobain di kota lain selain di Semarang lho. Jadi jangan sampe skip nyobain makanan yang satu ini ya!

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : Taman Menteri Supeno, Jln. Menteri Supeno

  

MIE KOPYOK PAK DHUWUR

Rasa yang enak dan porsi yang ngenyangin bikin mie kopyok ini cocok banget kita makan pas siang-siang di tengah aktivitas kita. Mie kopyok yang super maknyus ini bisa kita cobain di Mie Kopyok Pak Dhuwur. Dalam seporsi, kita bisa nikmatin mie, lontong, tahu, tauge dan kuah yang rasanya khas banget. Jangan lupa juga makannya pake kerupuk beras biar tambah gurih dan pake sambel kacang buat yang suka pedes. Mie lembut yang dipaduin sama tahu crispy dan gurih ini merupakan perpaduan yang pas banget. Apalagi di tambah sama tauge yang fresh dan kuah bumbu yang enak banget. Nggak heran deh kenapa Mie Kopyok Pak Dhuwur selalu rame!

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : Jln. Tanjung No. 18A, Sekayu

        

BAKMI DJOWO "DOEL NOEMANI"

Di antara banyak penjual bakmi Jawa lainnya di Semarang, Bakmi Djowo "Doel Noemani" punya rasa yang bisa bikin kita jatuh cinta. Perpaduan rasa yang pas, bumbu yang enak, dan cita rasa khas bakmi Jawa yang dimasak pake arang bener-bener bikin ketagihan! Uniknya, tiap pesenan bakmi bakal dikerjain satu-satu, alias nggak dikerjain sekaligus. Tapi tenang aja, it is very worth to wait. Dimasaknya pun masih secara tradisional pake wajan kecil di atas tungku dari gerabah, dan yang pastinya pake arang. Selain bakmi godog (bakmi rebus), ada juga menu lain yang nggak kalah enaknya yaitu bakmi horeng, bakmi nyemek (bakmi dengan sedikit kuah), bihun goreng, bihun godog, bihun nyemek, nasi godog, nasi goreng, dan nasi ruwet. 

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : 

Jl. Thamrin No. 4 Semarang  (depan Pertamina)
Jl. Pemuda No. 117 (depan Paragon Semarang) 
Jl. Pemuda No. 145 (depan Balaikota Semarang).

 

TAHU PETIS PRASOJO

Selain lumpia, Semarang juga terkenal sama jajanan tahu petisnya. Tahu petis adalah tahu yang digoreng sampe kering atau setengah basah, dibelah, dan diisi sama petis yang punya rasa manis gurih. Apalagi kalo ditambah sama cabe rawit, rasanya makin mantap. Petis yang dipake sebagai isian Tahu Petis Prasojo ini diproduksi sendiri lho. Petis ini dibuat dari campuran udang, cumi, gula, dan garam. Selain tahu petis, kita juga bisa beli petis botolan yang juga jadi banyak buruan wisatawan buat dijadiin oleh-oleh atau stock di rumah. 

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : Pujasera Simpang Lima 

 

SOTO BANGKONG 

Soto Bangkong ini udah ada dari tahun 1950an. Bihun, irisan bawang, ayam suwir dan bawang goreng dicampur di semangkok kuah bening yang kaya bumbu, rasanya seger banget! Ukuran mangkok Soto Bangkong ini mirip-mirip kayak soto kudus alias kecil, tapi porsinya tetep ngenyangin kok! Nikmatin Soto Bangkong juga makin enak kalo dimakan bareng sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe, tahu, dan perkedel yang disediain sebagai side dish

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat :

Jl. Brigjen Katamso No. 1 
Jl. M.T Haryono
Jl. Setia Budi No. 229 Srondol, Banyumanik

 

NASI GORENG BABAT PAK HENGKY 

Nasi Goreng Babat Pak Hengky selalu aja rame pembeli, jadi harus siap-siap antri buat nikmatin sepiring nasi goreng babat ini. Di sini, nasi gorengnya dimasak pake tungku kayu bakar. Nasi gorengnya nggak kering, beraroma, dan bumbunya meresap banget. Selain nasi goreng babat, ada juga babat gongso dan paru goreng renyah yang juga jadi favorit banyak orang dan wajib dicoba!

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : Jln. Puri Anjasmoro Blok K 

 

PECEL BU SUMO

Warung pecel ini udah dijalanin turun-temurun dari tahun 1965 lho, nggak heran kenapa warung pecel ini udah melegenda di Semarang. Dalam satu porsi pecel, ada nasi anget, rebusan bayem, kacang panjang dan tauge yang disiram bumbu kacang. Lebih enak lagi kalo ditemenin sama lauk kayak telor ceplok, telor rebus, babat, ati ampela, tempe goreng, lumpia, tahu bacem dan berbagai macem gorengan kayak bakwan jagung dan mendoan. Segernya sayur-sayuran yang dicampur pake bumbu kacang racikan sendiri ini rasanya bener-bener pas banget. Setiap harinya, Pecel Bu Sumo ini selalu abis dibeli. Jadi, jangan sampe keabisan ya kalo ke Semarang!

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat :

Jl. Pamularsih, Gombel Lama
Jl. Diponegoro Ungaran
Jl. Kyai Saleh No. 10A, Pujasera Maxell 2

 

LEKER PAIMO

Selain kue cubit, leker juga udah jadi cemilan all time favorite banyak orang. Di Semarang, ada penjual leker yang antriannya selalu panjang, yaitu Leker Paimo. Meskipun Leker Paimo ini terletak di depan sekolahan, pembelinya nggak cuman anak sekolah lho. Tapi banyak juga pegawai kantoran dan orang-orang yang sengaja dateng ke Leker Paimo buat nikmatin leker ini. Leker Paimo nggak cuman punya isian standard kayak coklat, keju, kacang, dan pisang, tapi juga ada isi susu, sosis, telur, tuna, mozarella, dan lain-lain. Hmm ngebayangin isian yang nikmat dan kulit leker yang crispy bisa bikin ngiler ya!

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : Jln. Karang Anyar No. 37, Brumbungan

 

NASI AYAM BU WIDO

Meskipun banyak yang nggak tau, nasi ayam juga adalah salah satu kuliner khas Semarang lho. Nasi ayam ini disajiin di pincuk, yaitu daun pisang yang dilekukkin sebagai wadah. Nasi ayam ini terdiri dari nasi yang udah dimasak pake santan, potongan daging ayam, campuran sayur labu, dan disiram pake kuah opor. Sebagai pelengkap, ada juga berbagai lauk tambahan kayak sate telur puyuh, sate usus, kerupuk, gorengan dan lain-lain. Nasi Ayam Bu Wido sendiri udah ada dari tahun 1958, makanya udah melegendaris banget. Uniknya, Nasi Ayam Bu Wido ini punya kuah dengan berbagai level pedas. Wah kekinian juga ya nasi ayamnya! Hihihi

 

KULINERAN-DI-SEMARANG-YUK!

 

Alamat : Jln. Melati Selatan, Brumbungan

 

 

Written by Fithrotul Hasiinah (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
www.topsy.fr, id.openrice.com, simalesmandi.files.wordpress.com, www.teropongbisnis.com, senengbangetmakan.files.wordpress.com, mulpix.com, janusantara1989.blogspot.co.id, catatansikaswo.files.wordpress.com, www.ipopam.com, wardhanahendra.blogspot.co.id,
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar