7 BARANG KHAS KOREA YANG BISA KITA JADIIN OLEH-OLEH

August 09, 2017

 7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: shutterstock

 

Sekarang ini, banyak banget orang Indonesia yang milih Korea Selatan untuk jadi destinasi liburan. Nggak cuma banyak tempat-tempat yang bisa didatengin dan buat foto-foto aja, tapi banyak juga lho barang-barang unik khas Korea yang bisa dijadiin oleh-oleh buat orang-orang terdekat. Gimana nih, tertarik untuk beli? Kira-kira ada apa aja yah girls?

 

 

1. HANBOK

 

7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: knkx.org

 

Hanbok ini adalah pakaian khas Korea Selatan, girls. “Han” adalah sebutan bagi Korea dan “bok” yang artinya pakaian. Mereka seneng dan bangga make Hanbok ini karena pakaian ini adalah identitas pakaian tradisonal mereka, mungkin bsia disamain kayak kebaya yang jadi pakaian nasionalnya kita orang Indonesia. Hanbok biasanya punya warna yang cerah, ada garis yang sederhana serta nggak punya saku. Hanbok masih sering dipake untuk acara-acara spesial. Semakin bagus ornamen dan bahannya maka semakin mahal juga harganya. Hanbok ini modelnya lucu-lucu lho girls! Tertarik beli nggak buat dibawa pulang ke Indonesia?

 

2. PERALATAN MAKAN KOREA

 

7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: Tokopedia

 

Korea juga punya peralatan makan yang unik. Kebanyakan peralatan makan ini bahannya dari stainless steel kayak sujeo (sendok dan sumpit Korea). Selain untuk makan, sujeo ini sering dipake untuk hadiah atas kelahiran seorang bayi lho, karena Sujeo melambangkan kemakmuran, Ramyeon Pot (untuk masak ramen), dan Korea Rice Bowl (tempat nasi).

 

3. HANJI

 

7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: anjamarais.files.wordpress.com

 

Kertas tradisional Korea ini punya banyak banget warna, berasal dari serat murei yang kuat dan proses pembuatannya yang cukup terbilang rumit dan panjang. Kertas ini udah digunakan dari 1600 tahun yang lalu. Katanya sih Hanji yang berkualitas baik bisa bertahan sampe 1000 tahun. Kalo kita lagi main-main ke Korea, kertas ini bisa dijadiin buat oleh-oleh, kaya seni, atau sekedar buat dikoleksi pribadi aja, karena kertas ini jarang ditemuin di Indonesia.

 

4. BANTAL KOREA

 

7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: www.bestmadeinkorea.com

 

Bantal ini bukan sekedar bantal lho girls! Meskipun bantal ini emang agak ribet buat dibawa tapi barang ini unik, soalnya bantal persegi ini berisi biji gandum (buckwheat). Katanya bantal ini bagus untuk kesehatan karena gandum yang ada di dalam bantal ini bisa nyesuain dan menopang kepala dan leher kita dengan baik, makanya kualitas tidur pun jadi baik juga.

 

5. KIPAS KHAS KOREA

 

7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: www.korean-arts.com

 

Buat kita yang mau ngasih oleh-oleh buat temen pas abis liburan ke Korea, ini cocok banget. Soalnya Indonesia kan negara tropis di mana suhu udara itu selalu hangat dan hawanya cenderung panas. Kipas khas Korea (Buchae) ini ada sekitar 80 jenis yang terbagi atas kipas bulat dan kipas lipat. Dari mulai kipas yang harganya mahal, corak atau ornamennya lucu-lucu, yang sederhana sampe yang istimewa juga ada. Tergantung selera dan budget juga ya pastinya! 

 

6. STEMPEL NAMA

 

7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: thesockmonkeyproject.wordpress.com

 

Kalo di Indonesia pake tanda tangan, nah di Korea ini pake stempel nama (Dojang) dan bisa jadi hadiah atau oleh-oleh yang unik kan? Tinggal pesen aja di toko-toko yang ada di Korea dan stempel nama kita dalam bentuk huruf hangul, dijamin deh di Indonesia pasti jarang ada yang punya! Harga stempel nama ini pun bervariasi sesuai bahan dari stempel ini kayak dari kayu, giok atau gading.

 

7. KIMCHI

 

7-BARANG-BARANG-UNIK-KHAS-KOREA

source pict: www.eater.com

 

Korea pasti deh nggak bisa dipisahin sama kimchi! Kimchi adalah acar sayuran khas Korea dan pasti selalu ada di restoran Korea atau tempat makan khas Korea di Indonesia. Rasanya tuh asam pedas gitu deh.. Orang korea kalo makanannya nggak pake Kimchi, kayak ada yang kurang gituu. Orang yang nggak suka kimchi pasti mereka nggak tahan sama bau acar ini karena baunya yang tajam berasal dari bawang putih dan cabai. Kalian tim yang suka kimchi atau tim yang kurang suka kimchi nih girls?

 

Nah itu dia beberapa barang atau oleh-oleh unik khas Korea bisa buat keluarga, temen, sahabat, pacar bahkan gebetan deh hihi. Tapi perlu diinget juga nih girls jangan jadi boros ya, beli barang atau oleh-oleh sesuai kebutuhan kamu aja. Selain bisa bikin dompet jebol, kalo beli dan bawa barang yang nggak sesuai kebutuhan atau keperluan, bisa-bisa nanti bagasi pesawat kamu ngelebihin maksimal.

 

 

Written by Bunga Dwi Puspitasari
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar