MUST-VISIT FASHION SHOPPING STREET IN SEOUL

August 24, 2017

 MUST-VISIT-FASHION-SHOPPING-STREET-IN-SEOUL

 

Udah bukan rahasia lagi kalau Seoul adalah salah satu kota yang fashion culture-nya sangat berpengaruh di dunia. Kepopuleran K-Pop dan drama Korea bikin orang-orang makin melek terhadap fashion Korea yang simple, cute, but also chic at the same time. Hal ini juga salah satu faktor yang menarik para turis untuk berlibur ke sana. Buat kamu para fashionista yang hobi shopping, you need to know these must-visit shopping street in Seoul buat dapetin style ala orang Korea!

 

 

Udah masukin Korea Selatan ke dalam bucket list kita? Well, negara yang berhasil menarik banyak wisatawan melalui efek Korean wave-nya ini emang pantes buat dikunjungi. Selain lingkungan dan budayanya yang seru dan bisa ngasih kita experience yang beda, Korea Selatan juga punya banyak shopping places yang dijamin nggak bakal bikin kita nyesel. Mau itu beauty, skincare, sampe fashion, yang pasti kita bakal dipuasin dengan jenis dan harganya yang bervariasi!

 

YEONGDEUNGPU UNDERGROUND MALL  

TEMPAT-BELANJA-SERU-DI-KOREA-SELATAN

Source pict : kimcheeguesthouse.com, kkdaysg.files.wordpress.com, chiitravel.files.wordpress.com

 

Di Korea ada beberapa underground mall yang ngejual barang-barang oke yang super murah dan letaknya nggak jauh dari transportasi publik. Kalo kita baca beberapa review di internet, mungkin Goto Mall adalah underground mall yang paling sering disebut. Tapi sebenarnya, Yeongdeungpu Underground Mall lebih seru karena areanya lebih luas. Ada 3 area belanja di mall ini. Area dekat Yeongdeungpo Market biasanya ngejual barang untuk orang tua, area tengah ada berbagai toko ngejual random stuff, sementara antara Stasiun Yeongdeungpo dan Times Squarebarulah kita bisa belanja barang-barang untuk remaja dan young adults.

 

EWHA WOMAN’S UNIVERSITY SHOPPING STREET 

MUST-VISIT-FASHION-SHOPPING-STREET-IN-SEOUL

Source pict: sophiemos.com

TEMPAT-BELANJA-SERU-DI-KOREA-SELATAN

Source pict : aroimakmak.com

 

Diliat dari lokasinya yang berada di sekitar kampus khusus perempuan, bisa dibilang target market area belanja ini adalah para pelajar. So nggak heran kalo kita bakal nemuin banyak pakaian yang dijual dengan harga murah! Jenis pakaian yang dijual juga anak muda banget, mulai dari pakaian sweet dan feminine, sepatu, sampe aksesoris kayak choker, anting, dan kaos kaki lucu ada di sini. Selain belanja, sempetin juga untuk ngunjungin kampus Ewha yang didisain oleh Dominique Perrault. Yah, minimal jalan-jalan di area halamannya deh sambil foto-foto karena komplek kampus Ewha emang termasuk salah satu kampus terbesar di Korea.

Surga shopping yang satu ini letaknya di dekat Ewha Woman’s University. Kita bisa nemuin berbagai fashion items dari dress, street fashion, sepatu, aksesori seperti topi dan choker di sini. Karena letaknya di dekat kampus, barang-barang yang dijual cocok banget untuk anak muda dan harganya juga lebih terjangkau. Intinya, kalo kita suka sama fashion yang trendy dan quirky, here is the right place. Waduh, kalo ada shopping heaven di deket kampus kita, gawat juga ya ;p

 

HONGDAE

 

MUST-VISIT-FASHION-SHOPPING-STREET-IN-SEOUL

Source pict: www.shopandbox.com

TEMPAT-BELANJA-SERU-DI-KOREA-SELATAN

Source pict : farrahespina.com

 

Sama kayak Ewha, Hongdae juga adalah daerah kampus, so harga produknya juga rata-rata murah. Di area ini, pakaian yang dijual lebih edgy dan kebanyakan yang jualan adalah indie fashion brands. Bisa dibilang kebebasan berekspresi adalah ‘jiwanya’ area ini karena identik dengan anak muda. Bahkan beberapa ada yang ngebandingin Hongdae dengan Harajukunya Jepang! Walaupun bukan termasuk pasar malam, tapi kebanyakan toko di sini buka sampe tengah malam, terutama pas weekend. Oiya, Hongik University yang terkenal dengan jurusan seninya biasanya suka ngadain pameran di hari Sabtu setiap bulan Maret sampe November. Di Hongdae juga ada brand terkenal di Korea, Style Nanda dan Chuu! Hongdae adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalo kita lagi liburan ke Seoul! It’s an awesome street, ditambah dengan sederetan toko-toko yang tentunya bikin kita seketika laper mata. Di sini vibenya lebih youthful dan banyak diisi sama desainer-desainerlokal. 

 

GOTO SHOPPING MALL

 

MUST-VISIT-FASHION-SHOPPING-STREET-IN-SEOUL

Source pict: 3.bp.blogspot.com

 

Goto Mall, atau Gangnam Terminal Underground Shopping Center ini letaknya di terminal Gangnam di Seoul, tepatnya di bawah tanah. Di sini kita bisa temuin apa aja mulai dari berbagai model baju, sepatu, hingga aksesori yang harganya sangat terjangkau. Untuk satu set baju ala Korean streetstyle bisa didapatkan hanya dengan harga 10000 won atau sekitar Rp100 ribu saja. If you’re a thrift hunter, di sini juga jual baju-baju preloved, lho. Yeay!

 

SINCHON FASHION STREET

 

MUST-VISIT-FASHION-SHOPPING-STREET-IN-SEOUL

Source pict: c1.staticflickr.com

 

Sinchon Fashion Street ini deket sama Ewha Shopping Area  dan bisa diakses dengan jalan kaki. Jadi, kalo belum puas shopping di Ewha, bisa lanjut ke sini nih, hihi… Sinchon Fashion Street nggak hanya menjual baju-baju lokal Korea aja, tapi juga brand-brand dari luar. Di sini juga ada banyak restoran dan toko-toko makeup yang bisa kita kunjungi setelah puas berbelanja.

 

MYEONGDONG

 

 MUST-VISIT-FASHION-SHOPPING-STREET-IN-SEOUL

Source pict: shutterstock

TEMPAT-BELANJA-SERU-DI-KOREA-SELATAN

Source pict : farrahespina.com

 

It’s one of the most popular shopping district in South Korea! Selain terkenal dengan toko-toko skincare dan beauty kayak Etude House, Nature Republic, Tony Moly, Skinfood, The Face Shop, MISSHA, di Myeongdong juga kita bisa nemuin luxury brands dan juga retail stores kayak ZARA, H&M, Nike, Uniqlo, dan juga Style Nanda Pink Hotel yang lagi hits di Instagram! Selain itu, ada juga Lotte Department Store di mana kita bisa ngelakuin duty free shopping (belanja di sana, tapi barangnya diambil di bandara). Oiya, di stasiun Myeongdong kita bisa nyimpen barang belanjaan kita di loker. So nggak usah khawatir kalo lagi bawa barang banyak because nothing will stop us from shopping!

Nah, Myeongdong ini bisa dibilang adalah pusat perbelanjaan di Seoul- tempat pilihan brand luar yang baru masuk ke Korea membuka first store mereka. Di sini adalah tempat untuk berburu fashion paling up-to-date yang nggak hanya terbatas di brand lokal aja. Nggak hanya fashion, Myeongdong juga terkenal karena toko-toko makeup dan merchandise K-Pop. Siap-siap kantong bolong, deh.

 

DONGDAEMUN

 

MUST-VISIT-FASHION-SHOPPING-STREET-IN-SEOUL

Source pict: www.spichysharon.com

TEMPAT-BELANJA-SERU-DI-KOREA-SELATAN

Source pict : www.myseoulsearching.com, thebeautybreakdown.blogspot.co.id

 

Mau shop ‘till we drop di Dongdaemun? Bisa banget, soalnya mall ini buka dari jam 10 pagi sampe jam 5 pagi! Area belanja yang terdiri dari 26 mall dan 30.000 toko ini adalah tempatnya kita bisa ngedapetin barang-barang yang biasa dijual di wholesale dan retail. Beberapa mall khusus ngejual barang-barang wholesale so make sure kita emang mau beli minimal 3 pieces untuk satu jenis item. Untuk wholesale malls, kita bisa cek apM Luxe dan U:US (tutup hari Sabtu yaa). Kalo untuk mall non-wholesale, Gogirl! rekomen apM dengan produk paling murah dibanding mall lainnya (tutup hari Selasa), Doota, dan Migliore (tutup hari Senin). Selain itu, kita juga bisa belanja barang-barang premium di Lotte FITTIN. Oiya, brand terkenal Korea kayak Style Nanda dan Bang Bang juga ada di Dongdaemun, lho. Jangan lupa juga mampir ke Dongdaemun Design Plaza (DDP), the newest and iconic landmark of Korean design industry!

This place is huge! Udah ada sejak tahun 1970, Dongdaemun punya lebih dari 5.000 toko dan juga mall yang menjual berbagai fashion items hingga bahan-bahannya. Distrik ini juga salah satu tempat untuk mendapatkan barang-barang trend terbaru dengan harga miring, soalnya merupakan tempat impor-ekspor produk.

 

SINSADONG (GAROSUGIL)

  

TEMPAT-BELANJA-SERU-DI-KOREA-SELATAN

Source pict : www.shopandbox.com, withseoulmates.blogspot.co.id

 

Kalo mau belanja luxury brands, di sini tempatnya. Berada di Gangnam district, area belanja ini banyak dipenuhi dengan brand terkenal kayak Style Nanda, Lucky Chouette, Steve. J & Yooni. P, Beyond Closet, Jain Song, The Studio K, bahkan Gentle Monster (kalo ngikutin blognya @songofstyle pasti tau deh!). Harga-harganya udah pasti lebih mahal, tapi area ini pas banget buat kita yang mau jalan-jalan karena banyak café, restoran, studio, ateliers, yang semuanya cocok dijadiin spot nyantai dan foto-foto. Karena itu, jangan heran kalo nanti kita bakal liat banyak fotografer, celeb, bahkan film-making happening di sini. Katanya sih di Korea ada sekitar 3 daerah bernama Sinsadong, so kalo mau ke sana, make sure tujuan kita adalah Sinsadong di Gangnam ya. Line Friends store juga ada di sini, lho!.

 

 

SOME TIPS BEFORE SHOPPING

  1. Siapin uang cashkarena biasanya toko-toko di pinggir jalan terutama mereka yang jualan barang wholesale lebih nerima uang cash daripada bayaran pake kartu.
  2. Jangan laper mata! Pakaian yang dijual biasanya mirip-mirip di beberapa tempat karena berasal dari satu sumber, so bukan nggak mungkin kita bakal nemuin pakaian dengan range harga berbeda. Biasanya pakaian yang dijual di toko pinggir subway lebih murah karena mereka nggak harus bayar sewa
  3. Bawa tas belanja yang gede. Bukan berarti kita pasti bakal boros dan belanja banyak, tapi nggak ada salahnya kita udah siapin kantong gede yang bakal memuat semua belanjaan kita daripada nanti repot bawa kantong belanja kecil yang banyak.

Written by Meliantha Hendra (Gogirl! Apprentice) & Steffi Santa
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar