5 HAMBATAN YANG BIASA DIHADAPIN BUAT DAPETIN VISA KE EROPA

July 11, 2017

5-HAMBATAN-YANG-BIASANYA-ADA-KETIKA-TRAVELING-KE-EROPA

 

Eropa dengan kastil-kastil dan arsitekturnya yang keren pasti jadi salah satu destinasi kita untuk traveling. Untuk kita pemegang paspor Indonesia, traveling ke Eropa bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk bisa traveling ke Eropa (non-Inggris), yang paling utama adalah kita butuh visa Schengen sebagai tiket masuk.

 

 

Ada sederet persyaratan yang harus dipenuhin sebelum akhirnya kita bisa dapet visa Schengen. Apa aja sih hambatan yang biasanya ada untuk apply visa Schengen khususnya kalo kita solo traveling sebagai turis dan bukan undangan.

 

1. DEPOSITO TABUNGAN

 

5-HAMBATAN-YANG-BIASANYA-ADA-KETIKA-TRAVELING-KE-EROPA

 

Untuk bisa dapet visa Schengen, kita harus punya sejumlah uang di tabungan. Angka dari tabungan ini bervariasi tergantung durasi tinggal kita. Angka yang aman biasanya berkisar Rp20 jutaan untuk durasi 2 minggu. Bukti ini diperluin supaya kita nggak luntang-lantung di Eropa. Soalnya, banyak yang menyalahgunakan visa untuk bisa kerja ilegal.

 

2. DUMMY TIKET

Persyaratan lain untuk bisa dapetin visa Schengen adalah bukti reservasi tiket PP. Traveling ke Eropa memang nggak murah, makanya jangan buru-buru beli tiket sebelum visa kita disetujuin. Kita bisa mulai apply visa maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Untuk reservasi tiket, kita bisa gunain jasa travel agent atau airlines yang punya fasilitasi reservasi. Jadi kita nggak harus bayar tiket yang mahal seandainya visa kita ditolak. Biasanya, kita akan dikenain biaya administrasi kalo misal kita nggak beli tiket antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu. Tapi kalo kita mau yang bebas biaya juga ada, airlines semacam Emirates atau Thai punya fasilitas bayar di tempat dan reservasi berlaku 3 hari.

 

3. RESERVASI HOTEL

 

5-HAMBATAN-YANG-BIASANYA-ADA-KETIKA-TRAVELING-KE-EROPA

 

Sama seperti tiket PP, kita cukup lampirin reservasi hotel tanpa perlu membayarnya. Pilih pembayaran di muka atau flexible cancellation ketika mesen hotel.

 

4. SURAT SPONSOR

Surat sponsor ini untuk buktiin kalo kita bakal balik lagi ke Indonesia. Surat sponsor bisa berupa surat kita masih masih pelajar atau mahasiswa. Untuk yang udah kerja, maka harus lampirin surat keterangan bekerja dan instansi yang bersangkutan.

 

5. ASURANSI

 

5-HAMBATAN-YANG-BIASANYA-ADA-KETIKA-TRAVELING-KE-EROPA

 

Kalo di Indonesia, sakit kepala bisa beli obat bisa dateng ke warung, tapi kalo di Eropa penjualan obat nggak bisa sembarangan. Beli obat sakit kepala bisa mahal banget. Makanya penting punya asuransi perjalanan. Sayangnya, untuk asuransi perjalanan ini, kita emang harus bener-bener keluar uang, dan kalo visa kita ditolak kita nggak bisa dapetin refund.

 

Selain dokumen-dokumen ini, kita juga harus siapin hal-hal standar seperti paspor dengan minimal 6 bulan masa berlaku dan surat keterangan identitas diri. Untuk yang masih di bawah umur 18 tahun, ada surat-surat lain yang perlu disiapin seperti akte kelahiran dan kartu keluarga. Emang ribet sih, tapi kalo kita berhasil apply, untuk aplikasi selanjutnya kita akan lebih gampang. Nah, udah siap nih apply visa Schengen?

 

 

Written by Tatu Hutami (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar