7 DESTINASI SUMMER FESTIVAL BUAT LIBURAN MUSIM PANAS

June 06, 2017

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

Yippiee, summer it’s coming! That’s mean, we’re ready for long holidayy. Dan buat beberapa negara yang punya 4 musim, summer adalah season yang paling ditunggu-tunggu. Soalnya, selain mereka bisa berlibur panjang dari sekolah, juga ada banyak hal yang bisa mereka lakuin selama liburan tersebut. Kayak ikut summer school dan seru-seruan di summer festival! Jadi, ada festival musim panas apa aja ya yang udah Gogirl! rangkum buat menemani liburan musim panas ini?

 

 

HANABI MATSURI (JEPANG)

 

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

Di Jepang, ada banyak banget festival musim panasnya. Tapi kalo yang ini wajib ada di list kita kalo mau pergi ke Negeri Sakura itu, Hanabi Matsura atau festival kembang api. Setiap bulan Juli-Agustus, langit-langit di kota besar kayak Tokyo dan Osaka bakal dihiasin sama ratusan kembang api yang berwarna-warni. Nggak cuma menikmati pemandangan kembang api, kita juga bisa wisata kulineran sambil belanja-belanja barang lucu di sana. Karena pinggiran jalannya yang juga diramaikan sama pasar malam. And not just that, kita juga bisa nyobain permainan tradisional Jepang. Oh iya, banyak orang-orang yang dateng ke festival ini menggunakan pakaian tradisional khas musim panas Jepang yaitu Yukata. Asyik bangetkan?! Kalo pergi sama temen atau pacar, dijamin pasti lebih seru!

 

NAADAM (ULAANBAATAR, MONGOLIA)

 

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

Di Mongolia, ada festival namanya Naadam yang dipercaya udah ada sejak berabad-abad lalu. Naadam juga dikenal dengan sebutan “the three games of men” yang mana di festival ini terdapat tiga macam pertandingan buat para lelaki. Yaitu wrestling, horse racing and archery. Karena saat itu, festival ini hanya dikhususkan untuk para lelaki aja yang bisa ikut pertandingannya. Tapi belakangan, perempuan juga bisa berpartisipasi dalam festival ini. Cuma, mereka hanya diperbolehkan buat ikut panahan dan balap kuda. Festival ini ada setiap Juli sampe Agustus.

 

WIFE-CARRYING WORLD CHAMPIONSHIPS (SONKAJARVI, FINLANDIA)

 

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

What? Wife-Carrying World Championship? Kompetisi sambil gendong istri gitu? Nope! Meskipun judulnya Wife-Carrying, tapi buat yang belum berkeluarga atau jomblo sekalipun juga tetep bisa ikut festival ini kok. Festival ini unik banget, soalnya setiap peserta cowok yang diwajibkan buat ngegendong pasangan ceweknya buat melewati segala rintangan dengan keadaan terbalik. Dan nantinya, peserta yang menang bakal ngedapetin bir yang sama beratnya dengan si pasangan ceweknya. Dan tahun ini, Wife-Carrying World Championship bakal diselenggarakan bulan Oktober nanti.

 

DRAGON BOAT FESTIVAL (HONG KONG)

 

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

Kalo festival yang ini, pasti udah banyak orang yang tau dong? Tapi kita tau nggak sejarah di balik Dragon Boat Festival? Jadi, dulu ada seorang bangsawan bernama Chu Yuan yang menceburkan diri ke sungai pada tanggal 5 bulan lunar ke-5. Kemudian, para pengikut Chu Yuan yang melihat pemimpinnya menceburkan diri ke sungai langsung mendayungkan perahu mereka buat mencari jasad tubuhnya sambil buang nasi ke sungai buat ngasih makan ikan-ikan di sana agar nggak memakan tubuh Chu Yuan. Dan karena itulah, setiap tanggal 5 bulan lunar ke-5 bakal bakal ada puluhan perahu hias naga yang bakal terlihat di berbagai sungai Tiongkok termasuk Hong Kong yang berlomba-lomba untuk memperingati kejadian tersebut.

 

EDINBURGH FESTIVAL FRINGE (EDINBURGH, SKOTLANDIA)

 

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

Edinburgh Festival Fringe adalah festival seni terbesar di dunia. Di tahun 2016 aja, festival ini dirayain selama 25 hari dan diramaikan dengan 50,266 penampilan dari 3,269 show yang ada di 294 tempat. Festival ini udah ada sejak tahun 1947 dan ada setiap bulan Agustus. Jadi buat kita yang emang pecinta seni, wajib buat dateng ke festival ini. Karena, di mana lagi kita bisa nyaksiin ribuan performing-arts yang berbeda-beda dan unik-unik?

 

GLASTONBURY FESTIVAL (SOMERSET, ENGLAND)

 

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

Glastonbury Festival of Contemporary Performing Arts atau yang lebih dikenal dengan Glastonbury, udah digelar sejak tahun 1970. Dan ini merupakan festival seni pertunjukan yang paling terkenal karena festival musiknya yang meriah banget dan berlokasi di tengah-tengah pedesaan yang masih banyak tanah kosong. Makanya, cuma di Glastonbury kita bisa nemuin ada puluhan panggung yang bakal diisi sama ratusan artist. Dan tahun ini, ada penyanyi sebesar Katy Perry, Ed Sheeran, Lorde, Foo Fighters dan masih banyak lagi yang bakal manggung dan berlokasi di Worthy Farm, Pilton, Somerset. Festival ini biasa diadain selama lima hari, dan pengunjung yang dateng bisa lebih dari 135 ribu orang! Kebayang dong gimana ramenya? Nggak cuma festival musik biasa, di Glastonbury Festival kita juga bisa liat pertunjukan seni lainnya kayak tari, komedi, teater, sirkus sampe kabaret. Dan ada HTM nya untuk ini. This year, uang yang harus kita keluarin buat masuk ke area festival itu sekitar Rp4 juta! Tapi worth it sih yah, soalnya kapan lagi kita bisa liat aksi panggung dari puluhan penyanyi-penyanyi internasional?

 

BORYEONG MUD FESTIVAL (BUSAN, SOUTH KOREA)

 

7-DESTINASI-SUMMER-FESTIVAL-BUAT-LIBURAN-MUSIM-PANAS

 

This is the most popular summer festivals in Korea, Boryeong Mud Festival. Dari anak-anak, remaja, dewasa sampe kakek-nenek bisa menikmati keseruan dari festival mandi lumpur ini. Kita juga bisa nemuin berbagai macam cara asyik buat main-main lumpur, ada Mud Super Slide, Giant Mud Bath, Mud Prison, Mud Love Love, Mud Pool Side, Mud Self Massage, Colored Mud Body Painting, Mud Kids Land sampe lomba-lomba seru kayak marathon lumpur dan gulat lumpur. Festival ini digelar di kota Boryeong, Korea Selatan yang berlokasi di area pantai Daecheon. Kota Boryeong sendiri emang terkenal sama lumpurnya yang kaya mineral, germanium sampe bentonite yang bagus buat kecantikan kulit. Makanya, lumpur yang dipake buat festival ini juga berasal dari dataran lumpur Boryeong. Festival ini biasanya ada di pertengahan bulan Juli.

 

 

Written by Kartika Afriyani
Photo Source:
Tour Mongolia, nbc news, top ten Tokyo, Expat Living Hong Kong, The Inn on the Mile, redbull, K-popped!
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar