7 TEMPAT WISATA DI INDONESIA YANG WAJIB DIKUNJUNGI TAHUN INI!

April 17, 2017

 7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

 

Kalo misalnya kita punya uang lebih buat liburan dan traveling, kira-kira mau dibuat liburan ke mana? Berapa banyak dari kita yang ngeprioritasin buat ngejelajahin pulau-pulau dan kota yang ada di Indonesia? When we’ve been to Singapore more than 10 times, kayaknya udah saatnya kita harus nyoba traveling di negara kita sendiri, karena Indonesia punya banyak banget destinasi hidden gems yang seru banget untuk dieksplor dan nggak kalah Instagramable dari Haji Lane di Singapura, Shimokitazawa di Tokyo, atau Phuket Island di Thailand. Sesekali nyobain traveling ke daerah yang jarang banget terekspos pasti kita bakal nemuin hal-hal aneh atau menarik yang belum banyak orang tau. Dijamin bakal jadi best experience dan unforgettable moment buat kita! Terus siapa tau aja foto obyek yang kita post di Instagram bisa jadi viral dan menginspirasi orang lain buat berkunjung juga ke sana. Read on and get our calendar asap to plan out our next vacation.

 

 

1. KARAWANG

 

7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

 Curug Lalay Tegalwaru by @adiwahyudin, Eat & Eat Festive Walk by @thirteenmeno, Taken somewhere around Karawang by @syairpohon

 

Menurut riset yang dilakuin Agoda, kota Karawang ngedudukin peringkat nomor 1 dari 10 destinasi domestik yang sedang dan akan naik daun di kalangan traveler Indonesia tahun ini! Kalo diperhatiin, sejak beberapa tahun belakangan ini kota Karawang terbilang mulai concern ningkatin potensi wisata kotanya. Meski lebih dikenal sebagai kawasan industri, kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi dan Bogor ini udah punya akses-akses hiburan yang lebih modern sekarang. Selain mall dan kafe kekinian yang mulai terus bermunculan, kalo ditelusurin banyak banget spot alam di sana yang photoworthy dan Instagramable. Ditambah lagi obyek wisata pun juga banyak yang bisa dikunjungin. Ada pantai, curug, little green canyon, Monumen Tekad Rengasdengklok, dan water park. Take some time to visit Karawang and we’ll find lots of unbelievable sights of the surrounding region. 

 

2. KEBUMEN

 

7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

 Goa JatijajarJawa Tengah, Waduk Sempor by @risqy_, Waduk Wadaslintang by @arsyadanizar

 

Denger dari namanya aja mungkin kita bakal langsung nggak minat kalo diajak liburan ke sini. Menurut Gogirl!, kota yang berada di provisi Jawa Tengah ini justru bisa jadi salah satu opsi liburan yang asyik bagi kita yang lagi butuh quality time dengan diri sendiri. Thanks to Instagram (@explorekebumen), pariwisata Kebumen akhirnya mulai mendapat perhatian dari masyarakat dan juga pemerintah. Nggak cuma bisa berwisata alam tapi kita juga bisa berwisata sejarah dan nostalgia dengan pelajaran IPS kita dulu di sekolah. Contohnya ada Benteng Van Der Wijk yakni benteng pertahanan Hindia Belanda yang didiriin pada abad ke-18 dan sempet jadi salah satu set lokasi syuting film The Raid 2; Goa Jatijajar yang juga ditemuin pada abad ke-18 oleh seorang petani bernama Jayamenawi di mana di dalamnya terdapat 4 sungai dan 3 sendang; dan nggak ketinggalan Gua Petruk yang cukup menantang adrenalin kita. There’s a spirit and a vibe here that once we’ve experienced, it’s impossible to forget.

 

3. LUWUK BANGGAI

 

7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

 Batu Dua Balantak Utara by @putra.daerah_, Piala Waterfall by @jessy_itung, Teletabis Hills, by @backpacker.co

 

Udah ada yang pernah denger tentang kota Luwuk? Kayaknya sebagian besar dari kita masih ngerasa asing sama kota tersembunyi yang satu ini. Kota Luwuk merupakan ibukota dari Kabupaten Banggai yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Penduduk sekitar menyebutnya sebagai kota transit karena Pelabuhan Kota Luwuk merupakan pintu gerbang masuk Sulawesi Tengah dan untuk menuju ke seluruh kota di Sulawesi Tengah pasti harus ngelewatin Pelabuhan Kota Luwuk dulu. Untuk menuju ke sini, kita bisa melalui akses perjalanan darat atau udara dari kota Palu. Jika ditempuh dengan mobil, perjalanan bakal memakan waktu selama kurang lebih 16 jam, sedangkan kalo dengan pesawat hanya sekitar 1 ¼ jam. Kalo masih inget tentang sejarah Kerajaan Banggai yang dibangun pada abad ke-16, di kota ini kita bisa nemuin berbagai sisa peninggalan Kerajaan Banggai, tepatnya di Keraton Kerajaan Banggai. Selain kita bisa nikmatin pesona keindahan laut dan alam bawah lautnya, uniknya di sini juga terdapat danau ubur-ubur yang nggak menyengat serta keindahan air terjun dan bukit pulaunya juga jadi highlight wisata di sini. Kita bisa ngunjungin Pulau Dua Balantak dan Teletabis Hills yang menjadi icon dari kota Luwuk, serta air terjun Piala, Salodik dan Tontouan, meski kalo diliat agak 11 12 pemandangannya dengan Sumba atau Pulau Komodo. Nah serunya lagi, hasil tangkapan ikan di sini tuh seger-seger banget. Masyarakat sekitar memadukannya dengan sambal dabu-dabu yang merupakan sambal khas Manado. The best!

 

4. LABUAN BAJO

 

7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

@livingonboard.id , Gili Lawa @livingonboard.id, Pink Beach @livingonboard.id 

 

We know Indonesia is primed with ocean and mountain. Tentu Labuan Bajo nggak boleh ketinggalan masuk wishlist liburan kita di tahun ini! Located right next to UNESCO World Heritage Site, Komodo National Park, Labuan Bajo is a perfect for traveling with friends or solo traveling. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Komodo National Park dan Pink Beach, sering jadi alasan utama bagi kebanyakan turis lokal dan mancanegara buat dateng ke sini. Tapi sebenernya di luar opsi itu kita juga bisa ngejelajahin biodiversitasnya yang beragam seperti ngunjungin pulau-pulaunya yang cantik yakni Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Kambing, Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kalong; mendaki bukit Gili Laba atau Gili Lawa, bermain dengan ikan Pari Manta raksasa, ngejelajahin Batu Cermin dan goa-goa arkeologis, dan masih banyak lagi. Labuan Bajo is where nature meets adventure.

 

5. SAMOSIR

 

7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

 Danau Toba by @ibnu.arkan, Kampung Batak by @septian_napitupulu, Mas Cottage by @anfesiallagan

 

Akibat erupsi hebat yang terjadi sekitar 75,000 tahun yang lalu, Pulau Samosir akhirnya terbentuk di tengah Danau Toba di pulau Sumatra. Berkunjung ke Pulau Samosir, kita bisa sekalian belajar banyak soal culture tradisi adat Batak, di mana hampir semua penduduk yang tinggal di sini merupakan keturunan dari etnis Batak. Kita bisa berkunjung ke kampung-kampung tua yang ada di sana, serta yang paling menarik yaitu kesenian musik, tari, dan rupa mereka. Karena sebagian besar makanan tradisi Batak nggak halal, buat kita-kita yang Muslim untuk amannya kita bisa cari alternatif makanan ke hotel penginapan kita atau warung dan resto pinggiran yang bertuliskan ‘Halal’. Jangan lupa buat belanja oleh-oleh kerajinan tangan yang dibuat masyarakat Samosir seperti ransel, tas kain, dan gelang yang menggunakan kain ulos.

 

6. SUBANG

 

7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

 Alun-alun Subang by @exploresubang, Lanud Suryadharma Kalijati by @bilal_Abdul_hadi, Stasiun Cikaum by @artefakee

 

Kalo lagi jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa buat mampir ke Subang. Lama waktu yang ditempuh dari kota Bandung cuma sekitar 1 jam ½ menit kalo nggak macet. Plus keberadaan top Cipali pun bikin jarak akses Jakarta – Subang jadi lebih efisien. Obyek wisata yang bisa kita kunjungin di sini salah satunya dengan ngunjungin alun alun kota Subang yang letaknya di dekat Kantor Pemerintah Daerah Subang, yang kalo malem-malem suasananya festive dan mirip dengan alun-alun kota Batu. For those pineapple big time lovers, Subang terkenal dengan surganya nanas lho! Mulai dari keripik nanas, dodol nanas, coklat nanas, kue pastry nanas, nanas madu, dan masih banyak lagi. Bisa belanja bawa pulang buat nyetok di rumah. Dan tentu buat kita para Instagram hunter, kita bisa berkunjung ke Landasan Udara Suryadharma Kalijati yang view-nya unbeatable, serta Stasiun Kereta Cikaum, Subang, di mana terdapat kereta-kereta yang udah nggak terpakai yang bisa kita jadiin backdrop foto Instagram yang super cool!

 

7. TERNATE

 

7-HIDDEN-GEMS-IN-INDONESIA-THAT-YOU-NEED-TO-VISIT-THIS-YEAR!

 Gamalama Mountain by @adhysosaleh, Jikomalamo Beach by @sistalukito, Tolucco Fort by @ayla.eulalia

 

Kota pulau kecil yang berada di lereng gunung Gamalama ini awalnya merupakan Ibukota dari Provinsi Maluku Utara selama 11 tahun sebelum resmi dipindahkan ke kota Sofifi di pulau Halmahera pada 4 Agustus 2010. Meskipun demikian, beberapa obyek wisata hiburan justru masih lebih tersedia di kota Ternate dibandingkan di Sofifi. Tentunya kota yang satu ini punya andil yang besar dalam membuat negara Indonesia menjadi lebih makmur. Hingga saat ini kota Ternate masih menjadi salah satu daerah yang paling kaya akan hasil rempah-rempahnya dan kita harus bangga bahwa salah satu pulau bagian di Indonesia ini menjadi pusat rempah-rempah di dunia! Nah, kalo ke Ternate kita wajib banget ngunjungin Istana Kedaton atau Sultan di mana kalo kita beruntung memperoleh izin dari Sultan, kita bisa ngeliat langsung Mahkota Sultan yang biasanya cuma dipake pada saat penobatan Sultan berikutnya. Banyak legenda dan mitos unik yang seru buat di ketahuin dari masyarakat sekitar. Such an experience!

 

 

Written by Margaretha Rahardja
Photo Source:
Instagram
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar