ART MUSEUMS YANG HARUS DIKUNJUNGI SAAT KE LUAR NEGERI

June 16, 2017

ART-MUSEUMS-YANG-HARUS-DIKUNJUNGI-SAAT-KE-LUAR-NEGERI

 

Holiday season is coming! Setelah bersusah payah ngerjain berbagai tugas akhir sekolah atau kuliah, sekarang waktunya buat liburan. Mungkin ada beberapa dari kita yang nggak berencana buat liburan ke mana-mana, atau mungkin ada juga yang udah bikin plan buat travelling ke luar kota atau luar negeri. Lalu, buat kita yang berencana liburan ke luar negeri, tempat wisata seperti apa ya yang perlu kita kunjungi?

 

 

Dari pada sekedar travelling ke tempat-tempat yang umum didatangi orang saat liburan, lebih baik kita berwisata ke tempat yang bisa ngasih kita pengetahuan baru, tapi nggak ngebosenin. Berkunjung ke museum adalah salah satu cara yang bisa kita lakuin buat mengisi waktu liburan dengan menyenangkan sekaligus bermanfaat. There are so many wonderful museums around the world to be visited. So, kalo kita punya kesempatan buat berkunjung ke negara-negara lain, jangan sampe lupa kunjungi museum-museum ini, ya!

 

NEW YORK MUSEUM OF MODERN ART, NEW YORK, USA

 

ART-MUSEUMS-YANG-HARUS-DIKUNJUNGI-SAAT-LIBURAN-KE-LUAR-NEGERI

 

Museum seni ini adalah salah satu museum yang dianggap sebagai museum paling modern karena desainnya yang sangat modern. Berbagai koleksi seni dari seluruh dunia disimpan di museum ini. Bukan sekedar koleksi seni biasa, tapi seni karya seniman ternama seperti Van Gogh, Picasso, Pollock, dan lain-lain semuanya ada di sini. Karena itu, museum ini juga disebut sebagai museum yang paling punya pengaruh di seluruh dunia, lho!

Buat yang punya kesempatan berkunjung ke New York, jangan lupa jadikan museum ini sebagai salah satu destinasi wisata kalian. Lokasinya ada di Midtown Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Selain bisa melihat koleksinya yang bermacam-macam, kita juga bisa datang ke perpustakaan di museum ini yang punya lebih dari 300.000 buku dan majalah tentang sejarah seni modern dan kontemporer. Pokoknya, museum ini benar-benar cocok buat didatangi sama kalian yang pecinta seni, deh!

 

RIJKSMUSEUM, AMSTERDAM, BELANDA

 

ART-MUSEUMS-YANG-HARUS-DIKUNJUNGI-SAAT-KE-LUAR-NEGERI

 

Rijksmuseum atau yang artinya Museum Nasional berlokasi di Museum Square, di bagian selatan Amsterdam, berdekatan dengan Van Gogh Museum dan Stedelijk Museum Amsterdam. Dengan lebih dari 900.000 koleksi seni, museum ini menjadi museum paling besar dan bersejarah di Belanda. Koleksi-koleksi yang paling terkenal di museum ini berasal dari abad ke-17 dan terdiri atas koleksi gambar, fotografi, dan benda-benda antik asal Belanda.

Kalo berkunjung ke Belanda dan tertarik buat mengenal lebih dalam latar belakang berdirinya negara tersebut, silahkan aja datang ke Rijksmuseum. Selain bisa menghibur, kita juga bisa menambah pengetahuan tentang negara Belanda. Banyak sejarah tentang negara Belanda yang kurang lebih berhubungan sama negara Indonesia juga, lho.

 

STATE HERMITAGE, ST. PETERSBURG, RUSSIA

 

ART-MUSEUMS-YANG-HARUS-DIKUNJUNGI-SAAT-KE-LUAR-NEGERI

 

Museum lain yang bisa dijadikan tempat wisata waktu kita liburan adalah State Hermitage yang berlokasi di Rusia. Museum ini punya kompleks yang sangat luas, terdiri dari enam bangunan bersejarah di Rusia, salah satunya Winter Palace yang merupakan bekas kediaman kaisar Rusia. Walaupun Rusia nggak termasuk dalam daftar negara dengan kekayaan seni kayak Paris atau Roma, tapi State Hermitage juga punya koleksi seni yang bersejarah dengan jumlah lebih dari tiga juta koleksi. Luar biasa, kan?

Tempat yang paling banyak dikunjungi di museum ini antara lain pameran Treasure Gallery’s Gold Rooms dan koleksi pribadi dari kediaman Nicholas II, termasuk piagam-piagam untuk mengenang masa jabatannya.

 

THE VATICAN MUSEUMS, VATICAN CITY, ITALIA

 

ART-MUSEUMS-YANG-HARUS-DIKUNJUNGI-SAAT-KE-LUAR-NEGERI

 

Museum yang satu ini didirikan pada abad ke-16 oleh Paus Julius II di Vatikan, Italia. Tangga spiral pada museum dan langit-langit museum yang dihiasi oleh lukisan karya Michelangelo jadi salah satu ciri khas dari Museum Vatikan. Museum ini juga terkenal dengan karya-karya lukisan dari zaman Renaissance.

Hal unik lain pada museum ini adalah galeri berkubah yang menjadi tempat penyimpanan patung-patung dan sarkofagus. Begitu menginjakkan kaki ke dalam galeri ini, kita pasti bakal dibuat terpukau dengan banyaknya produk kesenian yang dipamerkan dan disimpan di situ.

 

Nah, itu dia beberapa museum di dunia yang terkenal dengan kemegahan dan karya-karya seninya. Masih banyak lagi museum atau galeri yang bisa dikunjungi di dunia. Sekali-kali, waktu berlibur ke negara asing, cobain deh sisihkan waktu luang buat berkunjung ke museum-museum seperti yang disebutkan di atas. Selain tempatnya yang bagus dan instagramable, manfaatnya juga bagus buat menambah pengetahuan kita. Dijamin nggak akan menyesal, deh!

 

 

Written by Hilel Hodawya (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar