BEYOND THE BEAUTY OF SUMBA AND SUMBAWA

September 10, 2017

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Dua pulau ini berbeda walaupun sama-sama ada kata ‘Sumba’-nya. Persamaannya cuma satu, sama-sama punya keindahan yang sayang buat dilewatin.

 

 

SUMBA

1. BUKIT WAIRINDING

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Terletak di Desa Pambota Jara, Sumba Timur, banyak yang beranggepan kalo pemandangan bukit ini mirip banget sama New Zealand. Dengan mendaki sekitar 10 menit, pemandangan bukit yang eksotis udah bisa keliatan dari sini. What an amazing view! Warna rumput yang tumbuh bakal sesuai sama musim yang lagi berjalan saat itu, kalo musim hujan rumput bakal berwarna hijau segar, lalu berubah jadi kecoklatan pas musim kemarau tiba. So, prepare your camera! Warga di sekitar bukit juga ramah banget. Nggak jarang anak-anak kecil di bukit Wairinding bakal ngikutin ke mana aja karena antusias mereka berinteraksi sama pengunjung.

 

2. PANTAI WALAKIRI

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Waktu yang tepat buat main ke pantai ini adalah pas air surut. Di pagi hari, kita bakal ketemu sama banyak petani rumput laut yang lagi panen. Kalo hari udah sore, daratan pasir putih keliatan halus banget plus pohon bakau yang keliatan kayak menari jadi pemandangan utama pantai Walakiri pas sunset.

 

3. WISATA ADAT KAMPUNG RAJA PRAILIU

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Belum ke Sumba namanya kalo belom ngunjungin Kampung Raja Prailiu yang merupakan ibukota kerajaan Lewa Kambera dan terletak di sebelah Timur kota Waingapu. Suasana tradisional langsung kerasa di kampung ini karena tradisi leluhur masih terjaga, mulai dari rumah yang masih berupa Uma Mbatang sampe kain tenun ikat khas Sumba.

 

4. PANTAU PURU KAMBERA

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Ngomongin soal Sumba pasti udah kebayang sama padang rumput yang hijau dikelilingin pantai dengan view yang keren. Tapi emang bener, Sumba merupakan pulau yang sebagian besar terdiri dari Savana. Sesekali kita bisa ngeliat fosil kerang kima besar yang udah membatu. Paling enak kalo ke sana pas masuk musim hujan, jadi rumput di savana masih berwarna hijau dan banyak kuda-kuda yang merumput dan sesekali menuju pantai buat minum air laut.

 

5. BUKIT MAU HAU

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Masih di Sumba, inilah destinasi yang paling deket dari kota Waingapu. Letaknya bersebelahan sama bandara Mau Hau, dan dari atas bukit ini kita bisa ngeliat ladang sawah dan deretan pohon lontar. Tempat ini cocok banget buat ngeliat momen sunset di Sumba. Bukit Mau Hau juga menyimpan sejarah dengan adanya lubang-lubang kubu pertahanan tentara Jepang saat menduduki Sumba.

 

SUMBAWA

6. PULAU KENAWA

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Rasanya nggak lengkap kalo jalan-jalan ke Sumbawa tapi nggak ngunjungin gugusan pulau-pulau yang ada di sekitaran pelabuhan Poto Tano, salah satunya yaitu pulau Kenawa. Pulau ini letaknya nggak terlalu jauh dari pelabuhan dan memakan waktu perjalanan sekitar 20 menit dengan kapal nelayan. Begitu sampe di pulau Kenawa, siap-siap terhipnotis sama pemandangan alam yang super keren! Mulai dari savana luas, gradasi warna pantai yang bersih dan pasir putih yang halus, juga bukit kecil yang menjulang.

 

7. PANTAI MALUK

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Such a beautiful place! Air laut jernih dan bukit-bukit hijau khas pulau Sumbawa bikin pantai Maluk keliatan cantik dan pengen cepet-cepet nyebur! Dari sini kita juga bisa ngeliat langsung keindahan dari Teluk Maluk. Walaupun terletak di deket kota Maluk, pantai ini tergolong bersih dibandingin pantai-pantai lainnya yang deket sama kota. Ukuran pasirnya yang sebesar biji merica bikin pantai ini punya keunikan sendiri.

 

8. PANTAI RANTUNG

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Buat yang hobi surfing wajib banget mampir ke pantai ini. Terletak hampir 12 km dari kota Maluk, pantai Rantung dikenal karena ombaknya yang bergulung kayak yoyo. Makanya banyak wisatawan asing yang nyoba naklukin ganasnya ombak di pantai Rantung. Bahkan pantai ini sering disebut-sebut sebagai tempat surfing terbaik di dunia! Selain itu, kita juga bisa bersantai sambil nyicipin hidangan di resto sekitar pantai dan nginep di beberapa hotel yang tersedia di sana.

 

9. PANTAI TROPICAL

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Pantai ini letaknya agak tersembunyi dari jalan utama Sekongkang. Makanya nggak banyak wisatawan yang dateng ke sini kalo bukan karena niat banget! Tapi begitu sampe di sini nggak bakal nyesel karena pemandangannya yang bagus dan instagenic banget! Laut biru kehijauan dan pasir putih yang nggak pernah ngebosenin dan bikin mata seger. Selain pemandangan yang cantik, pantai ini juga punya penginapan yang cukup mewah di sekitaran pantai.

 

10. DESA MANTAR

 

BEYOND-THE-BEAUTY-OF-SUMBA-&-SUMBAWA

 

Desa Mantar merupakan desa tertinggi di Pulau Sumbawa dan seluruh kota di Kabupaten Sumbawa Barat bisa diliat dari sini. Perjalanan memakan waktu sekitar sejam dari pelabuhan Poto Tano kea rah desa Tapir, dilanjutin naik mobil buat sampe ke desa ini. Pemandangan yang bisa kita liat dari sini mirip kayak Pulau Kenawa, tapi yang bikin beda adalah kabut pagi yang nutupin seluruh kota sekitarnya dan bikin kita kayak berdiri di atas awan. Jangan sampe kehilangan momen, biasanya kabut ini selalu muncul di bulan Maret. Warga desa Mantar welcome banget, nggak jarang tamu yang dateng sering diajak nyoba nanem padi bareng di sawah. Tapi sebelumnya jangan lupa buat izin berkunjung ke kepala desa ya!

 

 

Written by Said Irsyad Mubarak, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar