SERUNYA KELILING BUDAPEST DALAM 3 HARI

September 04, 2017

BUDAPEST-IN-3-DAYS

 

Budapest sebelumnya adalah 2 kota yang berbeda. Buda dan Pest. Buda adalah kota di area perbukitan sedangkan Pest adalah dataran yang lebih landai. Kedua kota itu dipisahkan oleh sungai cantik yang lebar, bernama Danube. Pada tahun 1873, kedua kota ini pun bergabung menjadi satu dengan nama Budapest, yang jadi ibukota dari Hungaria, sekaligus salah satu kota terbesar di Uni Eropa.

 

 

DAY 1

CASTLE HILL (VARHEGY)

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: 3daysin.com.au

 

Letaknya di Szent Gyorgy Ter, Budapest 1014, Hungary (Vàrker?let). Seperti namanya, ini adalah sebuah bukit yang punya banyak kastil indah di dalam satu area. Cara paling mudah ke sini adalah dengan naik bus nomor 16 dari DeakFerencter ke Disztér, tengah-tengah antara Kota Tua dan Royal Palace. Bisa juga dengan naik metroline M2 dari stasiun Moszkvatèr, terus jalan kaki naik tangga di bagian timur laut alun-alun dan sepanjang jalan I Várfok ke Gerbang Vienna. There’s so many things we can find in Castle Hill. Kayak St. Matthias Church dengan atap warna-warninya yang keren, bangunan tua bernuansa Medieval, nonton anak muda yang lagi bawa turis keliling kota. So romantic! Jangan sampe ngelewatin setiap sudut kota Budapest, karena kita nggak tau hal menarik apa yang bakal kita lihat.

 

FESTIVAL OF FOLKS ARTS

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: budapestattractions.cafeblog.hu

 

Perayaan Festival of Folks Arts adalah sebuah perayaan di mana orang-orang Hungaria make bahy-baju tradisionalnya. Stand makanan tradisional juga bertebaran di situ. Ada roti-roti besar bernama Kurtos Kalacs yang rasanya manis, makanan daging-daging berbumbu, permen-permen, buah-buah kering, dan juga berbagai minuman tradisional.

 

GEDUNG PARLIAMENT (ORSZAGHAZ)

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: wall.alphacoders.com

 

Gedung ini adalah pusat pemerintahan yang terletak di Kossuth Lajos ter 1-3, Budapest (Belváros-Lipótváros). Kalo mau masuk harus book dulu dengan ikutan group tour. Soalnya, tiket harus dibeli dari Tourist Office lewat surat di 1357 Budapest, Kossuth tér 1-3 dengan harga tiket masuk sebesar 2520. Kalo dirupiahin kira-kira seharga Rp132.000,-

 

MARGARET ISLAND AND BEAUTIFUL FIREWORK

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: budapestrivercruise.com

 

Margaret Island terletak di tengah sungai Danube dan punya kebun bunga, jogging track, pepohonan dan Classical Dancing Water Fountain yang bakal menari-nari sesuai musik klasik yang lagi diputer. Lalu, tepat jam 8 malam, di tempat ini orang-orang berkumpul buat ngeliat kembang api.

 

DAY 2

HEROES SQUARE (HÖSÖK TERE)

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: en.wikipedia.org

 

Tempat ini adalah tempat terbesar dan termenarik di Budapest yang letaknya ada di ujung jalan Andrássy. Tempat yang harus banget dikunjungi di daerah ini adalah Millenium Monument dan Museum of Fine Arts (Szepmuveszeti Muzeum) dengan harga tiket 2000 HUF. Cara ke tempat ini adalah dengan ngambil Line Metri M1 dan berhenti di Hösök Tere.

 

VAJDAHUNYAD CASTLE

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: roman-gp.deviantart.com

 

Bangunan-bangunan di Budapest emang punya kesan medieval yang misterius banget. Kastil ini yang jauh banget dari keramaian bikin serasa di dunia yang beda. Apalagi ada patung tanpa muka yang namanya Anonymous yang menambah kesan spooky tapi seru. Oh ya, jangan lupa mampir ke Gundel yang jadi tempat pertunjukkan film Independent Outdoor para film Hungaria ya.

 

SZÉCHENYI THERMAL BATH

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: gotohungary.com

 

Tempat ini punya tiga kolam renang outdoor dan 15 kolam renang indoor. Nuansanya yang neo-baroque tahun 1909 bikin keren banget. Untuk masuk harganya 4100-4800 HUF. Harganya dibedakan berdasarkan weekdays-weekend dan juga cabin dan locker. Berenang di sini kesannya kayak berenang di dalam kerajaan deh!

 

NIGHT VIEW FROM CITADELLA

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: www.panoramio.com

 

Letaknya di bukit Gellert di kota Buda dan juga tertinggi di kota Budapest. Di sini indah banget kalo ngeliat pemandangan kota. Ada pula patung wanita yang ngangkat batang olive dan di sebelahnya ada patung anak yang melambangkan perlawanan terhadap fascism. Buat ke tempat ini bisa naik bus nomor 27 dari Móricz Zsigmond körter.

 

DAY 3

THE HOUSE OF TERROR (TERROR HAZA MUZEUM)

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: welovebudapest.com

 

Tempat ini merupakan saksi sejarah saat zaman komunis tahun 1945-1992. Cocok banget ke sini buat yang suka sama tempat bersejarah. Buat dateng ke tempat ini bisa naik Metro Line 1 dan turun di Vörösmarty ucta atau naik tram no. 4 atau 6 dan turun di Oktogon. Dari Oktogon tinggal jalan sedikit dan sampe deh di tempat ini. Sejarah di tempat ini menceritakan tentang Arrow Party (Partai komunis saat itu). Dan cerita di basement-nya kelam banget. Terus, di pinggir sungai Danube kita juga bisa liat banyaknya sepatu yang dilem sebagai sepatu dari para korban Arrow Party.

 

STEPHEN BASILICA (SZENT ISTVÁN-BAZILIKA)

 

BUDAPEST-IN-3-DAYS

source pict: en.wikipedia.org

 

Gereja Roman Catholic untuk menghargai Raja Hungaria Stephen pada tahun 975-1038. Kalo mau masuk boleh kok, tapi harus lepas topi, jangan berisik, dan nggak boleh pake flash kalo mau foto karena bakal ngeganggu misa. Di samping pintu St. Stephen Basilica ada banyak kafe dan resto yang bisa dinikmati anak muda dan turis.

 

Where to Stay? Hostel Rila seharga 18 euros/malam. Satu kamar terdiri dari tiga tempat tidur yang biasanya disewakan dengan orang lain. If we’re lucky, kita bisa nempatin kamar sendirian.

Language. Menggunakan bahasa Magyar (Hungaria) dan jarang yang bisa bahasa Inggris.

Weather. Cuaca paanasnya nggak selembab Indonesia. Cek cuaca terlebih dahulu sebelum datang ke sini.

Visa ETC. Budapest, Hungary termasuk Negara Schengen. Cara dapetin visa bisa cek di web www.axa-schengen.com.

 

 

Written by rewritten by Yuliana Kirana
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar