‘BULA!*! TIPS TRAVELING KE PULAU TROPIS NAN CANTIK FIJI!

August 09, 2017

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

 

Sapaan khas Fiji ini akan terdengar begitu kita sampe di negara republik yang terletak di Pasifik Selatan, utara New Zealand. Mau tau kenapa Pulau Fiji jadi destinasi favoritnya para seleb kalo lagi liburan? Baca di sini!

 

 

GENEROUS FIJIAN PEOPLE

 

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

 

Jalan-jalan dulu yuk ke Suva, ibukota pulau Fiji yang merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan. Berbagai bangunan di sini arsitekturnya kebanyakan bergaya vintage dan beraksen Inggris, karena Fiji adalah negara persemakmuran Inggris. Jadi wajar kalo mendapat pengaruh dari negara Ratu Victoria itu. Begitu juga dengan bahasa nasionalnya, tapi bahasa daerah juga masih dipake. Bahasa India buat warga Indo-Fiji (ras Inda) dan bahasa Fiji untuk warga Itaukei (original Fiji).

Satu hal yang pasti, kalo ke sini siapin deh pakaian dengan warna ngejreng. Umumnya wanita Fiji pake warna bright dengan pattern bunga-bunga besar. Dan laki-laki, tua maupun muda memakai Sulu, bawahan nasional Fiji yang berbentuk kayak rok warna hitam (kecuali petugas keamanan yang memakai warna putih). Terus, yang nggak boleh lupa bawa payung! Cuaca di Fiji sama sekali nggak bisa diprediksi, bisa tiba-tiba aja panas terik atau hujan deras. Makanya nggak mau kan udah capek-capek dandan terus basah kuyup di tengah jalan.

 

TIME TO EXPLORE FIJI!

 

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

Albert Park

 

Nah ini beberapa tempat yang asyik buat dikunjungi:

  • Value City Shop. This is the largest chain of recycled stores in Fiji. Barangnya kebanyakan second handed tapi kita bisa nemu yang unik dengan kualitas bagus. Mau itu branded or from local designer. Nggak cuma fashion, toko ini juga jual buku, toys, bags, shoes, dan household items.
  • Albert Park. Taman multifungsi ini sering dipake buat olahraga rugby ataupun nongkrong anak muda Fiji/turis. Tahun 2012 kemaren baru beralih fungsi jadi tempat diadakannya Hibiscus Festival 2012, salah satu the best annual event Fiji. Diadakan untuk memperingati keanekaragaman kekayaan alam (khususnya tanaman Hibiscus) dan kebudayaan Fiji. Ada exhibition, charities, live music, parade, kembang api, stand makanan, sampe kontes Miss Icon. Warga asing/turis juga boleh ikutan berpartisipasi lho.
  • Mariamman Temple (Howell Road Suwa). Kuil Hindus terbesar di Suva. Tiap tahun kuil ini selalu ngadain special event yang banyak menarik pengunjung, yaitu Fire Walking Ceremony. Di mana ada orang yang berjalan di atas api tanpa terluka sedikitpun

 

LET’S SPOIL OUR STOMACH!

 

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

Lovo

 

  • Big Bite Halal Resto. Sedikit susah cari restoran halal di Suva, tapi kita bisa mampir ke resto ini. Pemiliknya Indo-Fiji (ras India) muslim. And he’s so generous! Keliatan dari porsinya yang gede. Must try: sup sapi dan kari kambing khas India.
  • Lovo. Fiji traditional barbeque. Lovo adalah teknik memasak pake batu panas yang kemudian ditutup dengan daun pisang.
  • Seaweed. Rujak ala Fiji dari sejenis rumput laut. Pake saos pulp kelapa muda, garam, dan cabai. Rasanya segar, sedikit asam, gurih-pedas pas dimakan dengan saosnya.

 

FUN IN WATER

 

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

 

Suka diving, kano, selancar? Saatnya nyicipin petualangan alami yang merupakan andalan Fiji Island. Daerah bagian barat Suva maupun pulau-pulau di utara dan selatan banyak nawarin pilihan-pilihan berpetualang. Buat ke sana kita harus pake bus antar kota, salah satunya merek SUNBEAM (bus ini buatan Indonesia lho). Perjalanan sekitar kurang lebih 4-6 jam tergantung tujuan. Tapi nggak akan berasa lama kok. Karena bus-bus di Fiji nyaman banget kursinya. Selain ber-AC, ada entertainment berupa flat TV yang memasang film Hollywood/Bollywood. FYI, beberapa daerah yang harus dijangkau boat juga tersedia di pelabuhan Suva.

 

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

Mamanuca

 

Beberapa pulau mewah dengan resort terbaik dunia ada di pulau Mamanuca, Yasawa, dan Turtle Island (Nanuya Levu). Ada fasilitas cruise buat mengelilingi dan mendarat di pulau-pulau tersebut. Biaya untuk berlayar min. Kurang lebih Rp15 juta/orang. Total pulau di Fiji sebanyak 332, sebagian besar dijadiin private island buat wisata kalangan jetset, seperti para celebs. Bahkan Mel Gibson membeli Mego Island buat berinvestasi karena ngeliat bisnis wisata di Fiji yang menjanjikan. Sedangkan Tom Cruise sering berlibur ke sini dengan cruise-nya di Port Denerau, Nadi. Bagi yang doyan wisata ke luar negeri, perlu banget nyobain ke Fiji Island. Apalagi pecinta pantai, wajib masuk waiting list liburan!

 

MUST VISIT PLACE FOR WATER ACTIVITIES

  • Shark Dive di Beqa Island. Dari judulnya ada udah keliatan kalo wisata ini nawarin interaksi langsung dengan hiu. Untuk ke pulau ini harus nyebrang pake kapal dari pelabuhan Suva, sekitar 10 km ke arah selatan Suva. Biaya ± Rp400 ribu/orang.

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

 

  • Vidawa Forest Taveuni. Pulau terbesar ketiga di Fiji yang terkenal dengan hutan tropis dan Bouma waterfall-nya. Cocok buat hiking. Buat ke sini kita bisa naik kapal ferry (± Rp500 ribu/orang atau pesawat selama 1,5 jam dengan biaya ± Rp1,3 juta).

 

BULA!-WELCOME-TO-FIJI

 

FUNFACT

  • Berbeda dengan bus di Indonesia, bus Fiji nggak ada kondekturnya. Jadi sebelum naik kita harus bayar ongkos dulu (sekitar Rp3.500 – Rp8.000). Untuk nyetop bus, mereka pake tali yang tersambung dengan lonceng.
  • Kebiasaan nenek moyang yang masih nempel di warga Fiji adalah nyeker! Yup, masih banyak di antara mereka yang terbiasa jalan tanpa alas kaki. Bahkan beberapa sekolah mengijinkan muridnya nggak pake sepatu lho.
  • Fijian people is awesomely friendly! Mereka nggak akan segan nyapa sampe ngajak ngobrol kalo ketemu orang asing (turis) yang lagi jalan. Ada turis yang bahkan pernah diajak berbuka bersama pas Ramadhan, padahal mereka nggak saling kenal.

 

TRIVIA

  • Selain pasport, cukup prepare biaya Visa On Arrival. Ada interview di bagian imigrasi Nadi (Nandi) airport. Mereka akan nanya tujuan kedatangan, bersama siapa, berapa lama, wisata ke pulau mana. Kalo wisata, kita akan dapet visa selama empat bulan.
  • Untuk akomodasi, as we said before, Fiji adalah destinasi para seleb dunia jadi wajar kalo hotel mahal nan mewah bertebaran. Terutama di bagian barat deket Port Denerau dan Pacific Harbour. Kalo budget terbatas, kita bisa cari/booking hotel si beberapa site.
  • Ada beberapa rute penerbangan yang dapat dipilih sesuai site:
  1. (Jakarta) Indonesia – (Seoul) Korea Selatan – Fiji Island. Total lama penerbangan 17 jam.
  2. (Jakarta) Indonesia – Hong Kong – Fiji Island. Total lama penerbangan 10 jam.
  3. (Jakarta) Indonesia – (Sydney) Australia – Fiji Island. Total lama penerbangan 8 jam.

Harga tiket berkisar Rp25 juta – Rp70 juta.

*Keterangan tiket pulang pergi, direct flight dengan waktu transit tertentu, tujuan Nadi International Airport, Fiji. Perjalanan Nadi ke Suva via viti mini buses (tersedia di airport) biaya Rp250.000, lama perjalanan Nadi-Suva 4 jam.

  • Mata uang yang dipake adalah dollar Fiji ($FJD) (setara Rp5.100). Seaman dan sebagusnya tempat, tetep aja ada copet dan pengemis yang suka minta-minta ke turis. Just straightly say no dan langsung ngacir pergi.
  • Kebiasaan pertokoan kota maksimal tutup jam 6 sore. Untuk daerah barat kayak Ba, Lautokoa. Sedangkan kalo di Suva, maksimal jam 8 malam. FYI, Sabtu dan Minggu sebagian besar pertokoan tutup, karena banyak warga ke gereja a whole day. Kalopun buka itu cuma sampe jam 3 sore. So if you want to shop ‘till drop, Friday is a must!

Useful web links:

  1. http://ns.fijilive.com/fijimagic
  2. http://www.fijime.com
  3. http://fijisharkdive.com
  4. http://www.aquatrek.com/
  5. http://www.riversfiji.com
  6. http://bluelagooncruises.com
  7. http://www.puretaveuni/com

 

*Bula = Halo (sapaan khas Fiji untuk menyambut turis)

 

 

Written by Nindya Nindita Sari, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar