TRAVELING KE KOTA TERBESAR KEDUA DI KOREA SELATAN, BUSAN

July 10, 2017

BUSAN

 

Kota di Korea Selatan ini adalah kota metropolitan dan terbesar kedua setelah Seoul. Apalagi Busan wilayahnya paling deket sama Jepang, jadi nggak aneh kalo kota industri ini rame didatengin sama turis. Cukup 2 jam perjalanan dengan KTX (Kereta Express) dari Seoul. Yuk, kita cari tau apa aja yang direkomen sama Naomi Yessica Lane, yang sempet ngejalanin program study exchange di Busan, Dongseo University jurusan Visual Communication Design.

 

 

GWANGLI BEACH & HAEUNDAE BEACH

 

BUSAN

Gwangli Beach

 

Kalo ngomongin soal Busan pasti nggak lepas dari dua pantai Gwangli dan Haeundae. Kedua pantai ini lokasinya berdekatan. Haeundae menarik untuk didatengin pas lagi sunset karena view-nya keren. Walaupun rame didatengin sama turis tapi pantainya bersih kok. Kalo summer, pengunjung pantai ini bisa membludak beberapa kali lipat. Habis dari pantai, kita bisa langsung jalan–jalan di Haeundae Street yang marak sama kehidupan malamnya.

 

BUSAN

Haeundae Beach

 

Berbeda dengan Haeundae, Gwangli akan dipenuhi sama turis saat malam, terutama di area Gwangli Bridge yang sering disebut juga sebagai simbol kota Busan. Di sini kita bisa nikmatin night view sambil naik kapal yang berputar ngitarin sekeliling pantai, romantis banget kan? Apalagi kalo sambil ngeliat firework festival yang diadain setahun sekali dan diikuti dari berbagai negara. Mantap deh! Oh ya, kalo nggak mau desek – desekan, kita bisa milih untuk reservasi di cafe sekitar pantai.

 

TAEJONGDAE - SUICIDE ROCK

  

BUSAN

 

Taejongdae adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Busan karena Menara Lampu Putih, pantai berbatu, resto seafood yang seger dan art gallery-nya. Namun, yang paling terkenal adalah Suicide Rock. Tempatnya nggak seserem namanya kok! Jadi ceritanya dulu banyak orang yang bunuh diri di tempat ini. Mungkin cerita di balik meninggalnya para korban dan rasa kepo yang bikin tempat ini terkenal. Kalo dateng di saat cuacanya bagus, kita bisa ngeliat pulau Daema (Tsushima dalam bahasa Jepang) dari Taejongdae. Disediain juga lho shuttle bus untuk nganter kita dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

 

HAEDONG YONGGUNGSA TEMPLE

 

BUSAN

 

Temple ini sedikit ‘out of the box’ karena kalo di Korea kebanyakan temple dibangun di gunung. Haedong Yonggungsa malah dibangun di sepanjang pinggir pantai, di atas formasi bebatuan atas laut. Walaupun nggak biasa tapi justru itulah yang ngebuatnya menarik. Spot – spot khusus yang harus didatengin di situ, yaitu kuil yang dibangun dan dirancang unik di dalam goa yang letaknya di sisi kanan, 108 tangga dan lentera batu yang ada di sepanjang landscape. Banyak turis yang dateng terutama pas saat tahun baru untuk ngeliat sunrise atau di bulan April waktu pohon sakura lagi mekar yang bertepatan dengan Waisak.

 

SHINSEGAE – THE LARGEST DEPARTMENT STORE

 

BUSAN

 

This is the world’s largest department store dan tercatat di Guinness World of Record! Koleksinya lengkap banget, bahkan tersedia fasilitas spa dari yang modern, tradisional ala Korea, sampe spa khas ala Turki. Harganya nggak terlalu mahal kok, jadi kalo kita capek abis “olahraga” keliling depstore, bisa langsung book massage di sini hehe. Selain itu di sini juga ada art gallery, fine dining Cine De Chef, Ice Ring dan Sky Park di lantai 9. Akses untuk ke sini cukup turun dari subway Bexco dan akan langsung tersambung ke Shinsegai.

 

NAMPODONG BIFF STREET

 

 BUSAN

 

BIFF (Busan International Film Festival) adalah salah satu festival film indie terbesar di Asia dan tiap tahun acara ini rame karena didatengin sama pecinta film indie, celeb, dan film director dari Korea sampe luar negeri. Nah BIFF diadain di Nampodong yang merupakan main street untuk festival yang didadain tiap autumn. Di sepanjang BIFF Street ada semacam Hall of Fame ala PIFF yang nempel di jalanan. Nggak cuma nonton film, di sini kita juga bisa shopping lho! Dari BIFF Square, banyak banget pedagang – pedagang makanan khas Korea, toko aksesori, cafe, dan toko fashion / butik. Selain itu, kalo kita masuk lebih dalam, kita bisa nemuin area vintage shop yang ngejual baju, celana, scarf, yang semuanya barang second hand tapi masih super bagus! Bahkan, kalo kita jeli nih, kita bisa nemuin barang second hand yang unik, seperti mantel merk Banana yang harganya cuma 15.000 won (Rp120.000). Pssst.. vintage store di Nampodong cuma buka sampe jam 7 malem aja, so gunain waktu sebaik-baiknya buat treasure hunting di sini yaa. Kalo ke sini cukup naik subway dan turun di stasiun Nampodong.

 

BUSAN NATIONAL UNIVERSITY

 

BUSAN

source pict: primastutidewi.blogspot.co.id

 

Kalo sebelumnya lebih banyak baju buat cewek, nah di sini kita bisa beliin something buat pacar. Walaupun di sini lebih banyak indie designer made dan harganya cukup mahal, tapi nggak ngecewain kok! Apalagi tempat ini salah satu rekomendasinya para fashionista di Koea, karena banyak baju yang bersain unik dan beda. It’s really an interesting place especially if you are fashion minded person!

 

SEOMYOEN STREET

 

BUSAN

source pict: Wikimedia Commons

 

Nggak kalah sama Nampodong, di sini juga banyak resto, butik handmade, dll. Kita bisa coba berbelanja di area downtown-nya, tapi biarpun bajunya unik, sayangnya harganya sedikit lebih mahal dan susah buat ditawar. Tempat belanja yang bisa dikunjungin juga ada di Soemyon underground shopping disctrict yang letaknya itu tepat di underground subway Soemyon. Pokoknya best place to shop and highly recommended! Di area ini kita bakal nemuin banyak banget pilihan toko baju, khusus scarf, topi, dan segala macem fashion items yang kita mau. Bahkan ada juga lho toko khusus yang ngejual barang – barang dengan style gipsy! FYI, biasanya kalo sama turis, penjual masih lebih ramah, so kita bisa minta sedikit diskon.

 

CHARLIE BROWN CAFE

 

BUSAN

source pict: ourkindofhappiness.blogspot.co.id

 

Tau Peanut Cartoon, Charlie Brown dan si Snoopy? Nah, karakter – karakter ini yang jadi tema dari cafe kecil yang lokasinya di Busan University. Mulai dari arsitektur, tempat minum, bahkan sampe ke hiasan kopinya aja digambar per-karakter. So cute, isn’t it? Sampe – sampe mungkin kita nggak mau minum saking lucunya.

 

CAN’T TAKE MY EYES OFF YOU CAFE

Cafe ini menarik banget buat dicoba, terutama buat yang suka sama hal – hal yang imut. Mereka nyediain ruangan dengan bentuk kamar tidur yang lengkap sama perabotannya, mulai dari TV sampe bantal, semuanya ada! Bentuk cafe ini sendiri seperti rumah boneka Barbie, makanya nggak heran kalo banyak murid SMA terutama cewek – cewek yang suka dateng ke sini, dan belajar bareng atau ber-norebang (karaoke). Salah satu makanan khas Busan adalah Neng Myon (mie dingin), nggak jauh beda sama mie dingin Jepang. Selain mienya bener – bener dingin karena disajiin dengan es batu, mienya hanya disajikan dengan timun dan telur ayam. Minimalis, tapi rasanya so yuummmmy!

 

Tips : Banyak resto di Korea yang nggak halal, jadi harus berhati – hati waktu milih makanan. Kalo ragu – ragu, just find another restaurant, mungkin bisa restoran India atau Turki yang cukup banyak juga ditemuin di sini.

 

 

Written by Naomi Yessica Lane, rewritten by Nathania Clairine
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar