CIAO ITALY! TRAVELING KE 2 KOTA CANTIK DI ITALIA

July 13, 2017

CIAO-ITALY

 

Dengan segala daya tariknya, Italia jadi negara keempat yang paling banyak dikunjungin oleh people around the world. Termasuk temen kita Achsania Ruziqa, salah satu peserta penerima beasiswa Kemdiknas untuk pertukaran pelajar di HS Pforzheim, Jerman. Sania sempat melancong ke beberapa kota di Italia, yuk baca pengalamannya di sana! Andiamo (let’s go)!

 

 

FIRST DESTINATION: ROMA

 

CIAO-ITALY

 

Kota yang punya sejarah panjang ini adalah ibukota dari Italia, merupakan yang terbesar dan terpadat penduduknya. Hampir seluruh bangunan di kota ini masih terjaga keasliannya, bahkan di setiap suduh kota kita masih bisa nemuin bekas keagungan kerajaan Romawi. Sebagian bangunan dijadiin kantor pemerintahan atau tempat tinggal. Ini dia beberapa tempat yang jadi favorit para turis buat didatengin.

 

1. COLOSSEUM 

 

CIAO-ITALY

 

Ini adalah salah satu bangunan yang disebut sebagai the greatest work of Roman Architecture and Engineering. Tempat di mana para gladiator bertarung di depan Caesar dan para bangsawan.

Ticket: Colosseum + Roman Palace and Palatine Hill. €16.5 (Full price) & €12 (Reduced price, student/18-25 tahun).
How to get there: Line B (Blue Line) Metro di Coloseo Station.
Note: Banyak orang yang berkostum gladiator di sekitar Colosseum. Hati-hati kalo diajak foto bareng karena abis itu mereka bakal minta bayaran €10/foto.

 

2. ROMAN FORUM, PALATINE HILL AND ARCH CONSTANTINE

 

CIAO-ITALY

 

Ketiga tempat ini letaknya berdekatan dengan Colosseum. Di Roman Forum dan Palatine Hill, kita bisa ngeliat lebih deket reruntuhan kerajaan Romawi.
Note: Karena tempatnya luas banget, pake sepatu yang nyaman biar nggak cepet capek. Panoramic view di sini indah banget, make sure jangan lupa buat foto-foto.

 

3. CASTLE SANT' ANGELO (MAUSOLEUM OF HADRIAN) 

 

CIAO-ITALY

 

Awalnya adalah makaM keluarga yang dibuat Kaisar Romawi Hadrian. Tapi sekarang berubah fungsi jadi museum.

Ticket: €8.5 (Full price) & €6 (Reduced price, student/18-25 tahun).
How to get there: Bus no. 40, 62, atau 74 di Castle Sant’ Angelo atau Piazza Roma.

 

4. PANTHEON 

 

CIAO-ITALY

 

Dulu ini adalah kuil buat para dewa tapi diubah jadi gereja. Sampe sekarang selain buat site turis, masih digunakan sebagai gereja. Dan beberapa misa buat hari besar dan perkawinan/pemakaman.
How to get there: Letaknya bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Castle Sant’ Angelo, sekalian menikmati keindahan Piazza Navona (semacam alun-alun di Italia).

 

5.  TREVI FOUNTAIN 

 

CIAO-ITALY

 

Pernah denger legenda lempar koin? Nah, inilah kolam yang jadi legenda cerita tersebut. Katanya sih, kita bakal kembali lagi ke Roma atau permohonan kita akan terkabul.

Beware!: Awasi barang bawaan, lumayan banyak copet di sekitar sini.
How to get there: Sekitar 15 menit jalan kaki dari Pantheon.

 

6. VATICAN MUSEUM 

 

CIAO-ITALY

 

Kompleks museum terbesar di Roma dan dunia. Nggak bisa kebayang deh koleksi yang dimiliki museum ini karena mereka nyimpen portofolio dari zaman Roman sampe artwork masterpiece Renaissance pun ada di sini.

Ticket: €15 (Full price) & €8 (Reduced price, student/18-25 tahun). Ada baiknya beli tiket online (plus €4 booking fee) di website resmi Vatican Museum buat ngehindarin antrian panjang. Guided Tour juga banyak tersedia dengan range harga mulai dari €20 - €40.
Tips: Hindari berkunjung di hari Minggu terakhir tiap bulan, karena museum dibuka for free buat publik jadi bisa kebayang deh antrian masuknya kayak apa.
How to get there: Bus no. 40, 62, atau 74 di Castle Sant’ Angelo.

 

MUST VISIT DISTRICT 

TRAVESTERE 

 

CIAO-ITALY

 

Kalo mau cari makan murah meriah dengan cita rasa lokal, ke sini aja. Selain banyak resto pizza/pasta, juga ada berbagai kue khas Roma (Marzipan) cuma €1-€2. Oh iya, ada gereja tua dan bersejarah di Roma bernama Basilica Santa Maria yang wajib dikunjungin.
Tips: Lebih baik hindari makan di sekitar tourist attraction, karena harganya lebih mahal.

 

TRIVIA ROMA 

  1. Souvenir: Hindari tourist site karena harganya lebih mahal. Mendingan ke sekitar Vatican Museum, yang harganya lebih murah.
  2. Food: Harga pizza berkisar €5-€15 (tapi di Travestere lebih murah, sekitar €3.5-€10) dan gelato €2/scoop. The most important: Sebelum beli, tanya dulu apakah harga makanan udah termasuk tax & service atau belum, karena fee-nya cukup mahal, per orang dikenain €15.
  3. Transportation: Metro di Roma cukup simple karena hanya ada dua jalur (Linie A dan Linie B). Untungnya lagi tourist site cukup deket jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki. Buat yang berada tiga hari di Roma, sebaiknya beli Roma Pass seharga €25, yang mencakup transportasi selama tiga hari serta dua free museum entrance dan reduced ticket di museum lainnya. Kita bisa beli Roma Pass di objek-objek wisata di Roma. Transport fee: One day transportation ticket: €4, three-day transportation ticket: €11. Tarif setiap kali naik bus atau metro seharga €1:
  4. Tips how to save money in Rome:
    • Jangan lupa bawa student card dan passport. Karena tourist attraction banyak nawarin reduced price for student (di bawah 18 tahun) atau bahkan gratis!
    • Jangan lupa bawa botol minum/tumbler sendiri, kita bsia refill air di fountain kecil yang banyak terdapat di sini.
    • Download Audio Guide Roma yang ada di beberapa website kayak italyguides.it biar irit biaya guide. It’s free!

 

SECOND DESTINATION: FLORENCE

 

CIAO-ITALY

 

Kota indah yang terletak di Region “Tuscany” ini banyak menyimpan kejutan buat kita yang suka etnik dan seni. Di sinilah kita bisa nemuin tas-tas kulit, lukisan, dan perna-pernik unik lainnya.
How to get there: Dari Roma ke Florence terdapat beberapa alternatif, yaitu bus dan kereta. Kalo pake SENA Bus (€22), perjalanan ditempuh selama empat jam.

 

WHAT TO VISIT NEAR FLORENCE 

1. DUOMO (CATHEDRAL) 

 

CIAO-ITALY

 

Di sini kita bisa ngeliat gereja dengan arsitektur dan ukiran yang sangat indah. Selain itu di depan Duomo terdapat Bell Tower dan leather market, tempat kita bisa belanja, mulai dari tas sampe leather notebook.

Ticket: €5 (Buat yang mau coba naik ke Bell Tower, kita bisa naik dengan harga sekitar €6)
Tips to the leather market: Jangan lupa nawar di sini, karena masih ada beberapa pedagang yang ‘nakal’. Bekali diri dengan pengetahuan soal ‘kulit’ biar nggak gampang ditipu. Range harga tas mulai dari €15 untuk leather crossbody bag.

 

2. PITTI PALACE

 

CIAO-ITALY

 

Museum yang dulunya adalah tempat tinggal Duke of Tuscany. Kita bisa ngeliat gabungan arsitektur dan seni di dalamnya. Terdapat juga beberapa museum kayak Palatine Gallery, The Silver Museum, The Museum of Modern Art, dll. Dan jangan lewatin taman Piti Palace, Boboli Garden yang indah.

Ticket: For all museums: €18 valid for 3 days. FYI, buat yang nggak tertarik masuk ke semua museum, kita juga bisa beli tiket secara terpisah.

 

3. PISA

 

CIAO-ITALY

 

Pasti udah tau dong salah satu keajaiban dunia satu ini, nah dari Florence ke menara Pisa jaraknya cukup deket dan bisa ditempuh pake kereta yang memakan waktu sekitar kurang lebih 1.5 jam (€5.8)

 

4. SIENA DAN SAN GIMIGNANO 

 

CIAO-ITALY

 

For you who look for something ‘medieval’, this historical place is a must visit. Dari Florence ke sini cukup dengan naiik bus tapi buat ngehemat waktu, ada beberapa paket tur seharga mulai dari €50 yang nawarin eksplorasi Siena dan San Gimignano beserta guide plus makan siang.

 

FOOD LOVER

Florence is famous for the best Gelato around Italy. It’s absolutely a must try dessert!

1. Gelateria Dei Neri

 

CIAO-ITALY

 

Where? Via dei Neri 22r
What? Banyak desserts khas Italia dengan harga cukup terjangkau, mulai dari €0.8. And for gelato, harganya mulai dari €18 untuk 2 scoop.

 

2. Grom

 

CIAO-ITALY

 

Where? Via del Campanile
What? Berbeda dengan gelato biasanya, tekstur gelato Grom lebih lembut. Uniknya, Grom menyajikan pilihan rasa yang berbeda tiap bulannya. It cost €25 for two scoop.

 

THIRD DESTINATION: VENICE

 

CIAO-ITALY

 

Venice terkenal sebagai kota Gondola dan juga kota Conta. Untuk ke sini ada beberapa alternative, but we recommend SETA Bus (€21) yang memakan waktu lima jam. This is some places that you must visit:

1. Piazza San Marco

 

CIAO-ITALY

 

Basically, Venice historical place terletak di dekat Piazza San Marco, bahkan di Piazza san Marco itu sendiri:

  • Basilica Santa Marc. Gereja tua. Sebenarnya gratis tapi kalo kita mau lihat treasure dikenakan fee €3 atau kalo naik ke tower sekitar €5.
  • Bell Tower. Terletak di depan Piazza San Marco. Yang unik, setiap pergantian jam, bel akan berbunyi sebanyak jam tersebut. Karena itu, sebaiknya berada di sini jam 12 siang, jadi kita bisa ngeliat gimana bel berdentang sebanyak 12 kali.
  • Doge’s Palace. Masih terletak di deket wilayah Piazza San Marco. Doge’s Palace tadinya adalah timpat tinggal Doge atau pemimpin Venice di masa lalu. Tiket: €14 (full price) & €5 (reduced price).

 

2. Rialto Bridge

 

CIAO-ITALY

 

Rialto Bridge adalah jembatan yang terkenal di Venice. Konon, jika pasangan berciuman di jembatan ini, their love will last forever.

 

3. Murano, Burano, dan Torcello

 

CIAO-ITALY

 

Murano, Burano, dan Torcello adalah pulau-pulau kecil di sekitar Venice yang memiliki keistimewaan masing-masing.

How to get there? Beli Venice Vaporetto Travel Card 12 Hours (€16). Dengan kartu ini kita bsia menggunakan water bus dan transportasi lainnya seperti bus selama 12 jam, waktu yang cukup kalo mau berkeliling di tiga pulau ini.

  • Ride A Gondola

It’s a must! Dengan naik Gondola, kita bisa ngerasain keindahan kota Venice dengan menyusuri kanal-kanal kecilnya. Tapi perhatikan hal ini sebelum naik ya:

  1. Satu gondola bisa muat sampe enam orang. Jadi biar hemat, mending naiknya rame-rame atau barengan sama teman ya.
  2. Official price gondola: Day Time (until 19.00) €80 for 40 minutes. Night Time (from 19.00) €100 for 40 minutes. The best time to ride a gondola is on sunset time, karena kita bisa menjelajahi Venice sambil ngeliat warna langit yang kemerahan pas sunset.
  3. FYI, harga gondola bisa ditawar tapi jangan kaget kalo waktunya lebih sedikit.
  • Must Do Activity

Get Lost! Yap! Venice itu kota kecil yang bisa dijelajahi dengan jalan kaki. Nggak usah taku tersesat karena banyak petunjuk jalannya, jadi biarpun buta jalan pasti survive deh. Siapa tau aja lho beruntung ketemu toko souvenir murah meriah atau local resto yang majang “touristic menu”.

 

ITALY TIPS TRIP

  1. Always check what do you want to visit! Kebanyakan museum tutup di hari Senin. Dan jangan malu bertanya.
  2. Selalu waspada! Walaupun Florence dan Venice relatif aman dibanding Roma, tetap lebih baik mencegah daripada menyesal nantinya.
  3. Kebanyakan transportasi di Italia nggak pernah mengecek tiket, tapi ada baiknya beli tiket resmi, karena harga dendanya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan Euro.
  4. Banyak yang milih wisata ke Italia di kala summer, padahal ada cukup banyak keuntungan lho kalo berwisata pas winter. Beberapanya adalah objek wisata nggak terlalu rame jadi nggak perlu lama antri ataupun berdesakan, dan harga penginapan jauh lebih murah (tapi hal ini nggak berlaku saat holiday season like Christmas or New Year).
  5. Sejak Euro berlaku tahun 2002, Italia pun menyesuaikan dengan memakai mata uang itu. Walau ada beberapa kota masih pake Lira, tapi lebih baik kita prepare Euro (Itali) biar aman.

 

 

Written by Achsania Ruziqa, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar