EXPLORING THE MAGIC COLOR OF ANTELOPE CANYON

August 11, 2017

EXPLORING-ANTELOPE-CANYON

 

Arizona is not always about the magnificent Grand Canyon! Stunning beauty awaits in Antelope CanyonAntelope Canyon merupakan ngarai (lembah yang dalam dan luas) bentukan geologis Navajo Sandstone yang terbentang dari Selatan Nevada, Utara Arizona, Barat Laut Colorado sampe ke Utah. Bentukan ini menonjol banget di daerah Utah Selatan yang jadi rumah bagi beberapa Conservation Area di Amerika Serikat. It’s really beautiful!

 

 

Begitu masuk, kita bakal berhadapan sama pemandangan berkesan megah nan magis. Di Antelope Canyon, air hujan punya peranan penting dalam pembentukan batuan pasir. Air mengalir deras di antara ngarai, mengikis dan membentuk koridor sekaligus merapikan tepi dan membentuk celah-celah unik dalam jangka waktu yang lama. That’s why pas musim hujan, pengunjung nggak dibolehin buat masuk ke ngarai tanpa didampingi pemandu karena aliran air di dalam sana deras banget dan bisa membahayakan.

 

LET’S START THE JOURNEY

Sebelum memasuki area parker Antelope Canyon, setiap pengunjung diharusin membayar tiket masuk sebesar 6 USD (Rp79 ribu) per orang, dan tiket tour sebesar 25 USD (Rp330 ribu) per orang. Apabila jumlah peserta tour sudah mencukupi, pengunjung dipersilahkan untuk menaiki mobil terbuka yang udah disiapin dan melewati perjalanan sekitar lima menit.

Semua personil mulai dari pengawas area parkir, penjaga pintu masuk, sampe pemandu wisata, merupakan keturunan suku Indian yang bermukim di Arizona tersebut. Selain itu seluruh pembayaran harus menggunakan uang tunai. Jadi jangan lupa sediain uang cash yang cukup plus uang nilai pecahan kecil buat tip guide.

Ada dua bagian dari Antelope Canyon yang bisa kita datengin, yaitu Upper Antelope Canyon dan Lower Antelope Canyon. Kedua area ini terletak di daerah yang sama di kota Page, Arizona dan dikelola oleh suku Navajo sendiri.

 

UPPER ANTELOPE CANYON

 

EXPLORING-ANTELOPE-CANYON

 

Upper Antelope Canyon jadi tujuan awal karena area ini lebih cocok dikunjungi di siang hari ketimbang pagi atau sore hari. Menurut informasi yang ada, waktu yang tepat buat mengunjungin Upper Antelope Canyon adalah sekitar pertengahan Maret sampe awal Oktober setiap tahun.

Suku Navajo menyebut tempat ini Tse bighanilini yang artinya tempat di mana air mengalir melalui batu dan Upper Antelope Canyon terletak sekitar 4.000 kaki di atas permukaan laut dengan dinding setinggi 120 meter. Setelah melalui jalan yang penuh debu, akhirnya sampe juga di mulut Upper Antelope Canyon. Untuk beberapa kali mungkin kita harus melindungi hidung dan mulut dari terpaan pasir. Begitu masuk, kita nggak boleh nyia-nyiain kesempatan buat motret pemandangan yang keren sambil juga ngedengerin pemandu wisata yang cerita tentang Antelope Canyon dalam tour sekitar 60 menit.

 

LOWER ANTELOPE CANYON

 

EXPLORING-ANTELOPE-CANYON

 

Lower Antelope Canyon disebut Hasdeztwaz yang berarti ‘lengkungan batu spiral’. Beda sama Upper Antelope Canyon, di sini pengunjung nggak diharusin dua kali membayar tiket. Biaya yang dikeluarin cuma buat tour aja, yaitu sebesar 26 USD (Rp344 ribu) per orang.

Untung aja guide yang nemenin rombongan hari itu cukup sabar nungguin sampe semua anggota lengkap sebelum ngelanjutin perjalanan. Tanggung jawab mereka sebagai guided sini besar banget, sih, karena mereka yang tau gimana keadaan medan yang bakal dilewatin, termasuk ancaman banjir yang bisa aja tiba-tiba dateng kayak di tahun 1998 pas badai El Nino yang memakan korban hingga 11 orang pengunjung karena terjebak di bawah tanah. Tapi tenang aja, mereka udah punya persiapan buat pencegahan bencana kayak selalu update info cuaca dari National Weather Service, pemasangan jaring penyelamat di atas ngarai, sampe dengan alarm yang bakal bunyi kalo ada tanda-tanda alam yang nggak bersahabat.

Saking sempitnya celah di sini, bahkan mungkin kita nggak mengira kalo celah di bawah tanah merupakan pintu masuk menuju ngarai tersebut. Untuk ngelewatinnya emang butuh perhatian khusus dari pengunjung, sampe di beberapa area harus sedikit ‘akrobat’ buat ngelewatinnya karena bukan cuma sempit, tapi juga banyak tanjakan dan turunan yang curam. Makanya tempat ini nggak begitu recommended buat anak-anak.

 

ANTELOPE CANYON’S FLASH TIPS

Right before exploring these beautiful canyons, tips penting ini wajib diinget supaya perjalanan kita tetep nyaman:

  • Plan your visit. Supaya nggak terlalu rame, disaranin buat ke Antelope Canyon pas weekdays daripada
  • Comfort is number one. Istirahat yang cukup sebelum pergi dan pake pakaian plus sepatu yang nyaman buat dibawa jalan seharian, karena berpetualang di dua ngarai ini lumayan nguras tenaga.
  • Selalu bawa air minum, masker (penutup muka), dan kacamata di dalam tas buat ngelindungin muka dari debu yang berterbangan di Antelope Canyon.
  • Don’t forget your sunblock. Cuaca di sana terik banget, bisa mencapai 35 derajat celcius atau lebih.
  • Give the guide a tip. Nggak ada peraturan yang ngewajibin sih, tapi nggak ada salahnya ngasih sebagai bentuk terima kasih.

 

 

Written by Putri Utaminingtyas, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar