HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM TRAVELING KE SWEDIA

September 12, 2017

HAL-YANG-PERLU-DIKETAHUI-SEBELUM-TRAVELING-KE-SWEDIA

 

Beberapa bulan yang lalu, Swedia menjadi negara pertama yang mendaftarkan dirinya ke AirBnb. Artinya, kita bisa make seluruh fasilitas umum yang ada di Swedia. Swedia sendiri terkenal punya berbagai tempat rekreasi yang ditujukan untuk publik. Jadi, kita bisa camping, bikin gathering di taman sampe berenang di danau. Seru kan? Tapi sebelum siap-siap pesen tiket ke Swedia, yuk kita hal-hal yang ada di Swedia.

 

 

1. FIKA

Orang-orang Swedia mungkin bisa dianggap sebagai introvert. Tapi tenang aja, mereka sebenernya ramah kok terhadap orang asing. Kalo kita mau ikutan bersosialisasi, berarti kita harus ikut yang namanya fika. Istilah ini mempunyai coffee break dan biasanya dilakuin jam 3 sore ketika cuaca lagi bagus.

 

2. SEBAGAIN BESAR TOKO TUTUP JAM 6

 

HAL-YANG-PERLU-DIKETAHUI-SEBELUM-TRAVELING-KE-SWEDIA

 

Buat yang terbiasa dengan kehidupan 24 jam kayaknya harus gigit jari di Swedia. Kebanyakan toko-toko di Swedia akan buka jam 11 dan tutup jam 6. Jadi, kita harus maksimalin waktu yang kita punya during the day.

 

3. HEJ

Jangan heran ketika kita ada di toko dan petugas kasir nyapa kita dengan sapaan hej. Hej yang bisa diartiin halo ini merupakan sapaan wajib di Swedia.

 

4. SUMMER IS HOLIDAY

 

HAL-YANG-PERLU-DIKETAHUI-SEBELUM-TRAVELING-KE-SWEDIA

 

Swedia terkenal sebagai negara yang punya cuaca yang lumayan kejam khususnya bagi yang terbiasa dengan cuaca tropis kaya Indonesia atau Asia pada umumnya. Di musim selain musim panas, keadaan biasanya gelap gulita. Cuaca yang kejam seperti ini bahkan sempet bikin beberapa orang depresi lho. Makanya ketika tiba musim panas, orang-orang Swede akan manfaatin hal ini dengan maksimal. Beberapa toko akan meliburkan karyawan mereka selama sebulan.

 

5. TOILET NGGAK GRATIS

Yes, kita harus bayar untuk bisa pake toilet di Swedia. Biaya untuk make toilet ini bervariasi tergantung letaknya. Biasanya, kita akan dikenain biaya 5 sek atau Rp10.000 sampe paling mahal 10 sek yaitu Rp20.000. Jadi penting banget nih untuk bawa koin.

 

6. DO IT YOURSELF

 

HAL-YANG-PERLU-DIKETAHUI-SEBELUM-TRAVELING-KE-SWEDIA

 

Swedia percaya banget dengan prinsip “do it Yourself.” Jadi jangan harap untuk dilayani oleh penjaga pintu di hotel atau siapa pun untuk membawa tas kita ke kamar (kecuali kalo kita menginap di hotel yang benar-benar mewah). Kenapa? Mungkin karena sifat orang Swedia yang cenderung introvert.

 

7. BAWA KARTU KREDIT

Mungkin agak berlawanan sama poin no 5, tapi beberapa toko di Swedia nggak menerima pembayaran dalam bentuk uang fisik. Kalo pernah denger desas-desus tentang orang-orang di Swedia dengan microchip ditanamkan di tangan mereka, itu benaran ada.

 

8. RECYCLING

 

HAL-YANG-PERLU-DIKETAHUI-SEBELUM-TRAVELING-KE-SWEDIA

 

Pernah denger berita kalo Swedia sampe ngimpor sampah? Itu beneran terjadi. Kebanyakan rumah-rumah di Swedia punya berbagai tempat sampah untuk misahin sampah-sampah ini menjadi yang bisa didaur ulang vs yang nggak bisa didaur ulang. Pemerintah juga akan ngasih hadiah bagi yang mendaur ulang sampah mereka. Kalo kita nggak daur ulang, siap-siap aja dipandiang sinis sama sekitar.

 

 

Written by Tatu Hutami (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Black Tomato, shutterstock, sweden.se
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar