HOW TO SPEND A DAY AND TRAVELING IN LUND

September 03, 2017

 HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Lagi bikin list untuk jadi tempat traveling selanjutnya? Buat yang suka dengan sejarah Eropa, kota kecil bernama Lund yang ada di Swedia bisa dijadiin pilihan. Lund ini dijuluki sebagai kota pelajar di Swedia.

 

 

Setiap tahunnya, ada ribuan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia yang nuntut ilmu di Lund University. Biaya hidupnya pun tergolong lebih murah dibanding Stockholm atau Gothenburg. Dari segi traveling, Lund punya banyak fasilitas gratis yang bisa kita manfaatin. Meski pun gitu, dalam waktu 24 jam kita masi bisa kok menjelajah Lund secara maksimal.

 

1. LUND CATHEDRAL

 

HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Setiap orang yang ke Lund wajib untuk ngunjungin Lund Cathedral yang terletak di tengah kota ini. Gereja yang dibangun pada 1145 ini tiap tahunnya dikunjungin lebih dari 700.000 orang. Setiap jam 12 dan jam 2 siang, ada tur gratis berbahasa Inggris yang bisa kita ikutin. Di tempat ini, kita juga bisa ngeliat jam astronomi raksasa.

 

2. BOTANICAL GARDEN

 

HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Botanical Garden milik Lund University ini mempunyai luas sebesar delapan hektar dan merupakan rumah bagi sekitar 7.000 spesies tanaman dari seluruh dunia. Kita bisa piknik-piknik cantik atau olahraga ringan.

 

3. KULTUREN

 

HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Masuk ke Kulturen memang ga gratis tapi pengalaman yang didapet sepadan dengan biaya yang dikeluarin. Untuk masuk ke Kulturen, kita akan diminta biaya sekitar 120 sek atau setara dengan Rp240 ribu. Di dalamnya, ada berbagai bangunan yang nerangin tentang sejarah awal Lund. Yah mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah lah. Banyak spot-spot lucu yang Instagramable banget di sini.

 

4. DROTTENS KYRKORUIN

 

HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Agak lumayan susah menemukan tempat ini khususnya buat yang cuma punya waktu beberapa jam saja karena minimnya petunjuk mengenai tempat ini. Drottens Kyrkoruin adalah sisa-sisa dari gereja yang dibangun pada abad 11 hingga 14 yang sekarang berada di tengah-tengah perumahan warga. Tempat ini terletak di tengah-tengah restoran Gattostretto dan toko buah.

 

5. SKRYLLE

 

HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Buat yang suka hiking, jangan lupa main ke Skrylle. Swedia emang konsisten banget dengan pelestarian alam dan penyediaan ruang terbuka bagi warganya. Makanya, di setiap kota, pasti ada taman atau pusat reservasi. Skrylle sering dijadiin sebagai tempat camping, olahraga, trekking, hiking, sampe canoeing. Untuk masuk Skrylle, kita nggak dipungut biaya apa pun.

 

6. HISTORIKA MUSEUM

 

HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Buat kita yang masih berstatus pelajar, jangan pernah lupa bawa kartu pelajar karena kita akan dikasih akses masuk ke Historika Museum secara gratis. Seperti namanya, museum ini nampilin banyak banget sejarah seputar Lund dan umum. Kita bisa liat artefak-artefak seperti baju perang sampe binatang-binatang yang hidup pada abad 11 atau 14.

 

7. SALUHALLEN

 

HOW-TO-SPEND-A-DAY-IN-LUND

 

Laper? Kalo gitu, harus mampir ke Saluhallen yang terletak di tengah-tengah Lund. Kita bisa belanja makanan dan bahan-bahannya. Kalo nggak nemu juga yang dimau, sekitaran Saluhallen terkadang menyelenggarakan Sunday Market tempat para petani menjual hasil-hasil pertanian. Sehat, organik dan tentunya lebih murah.

 

 

Written by Tatu Hutami (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar