INI YANG BISA KITA LAKUIN PAS JALAN-JALAN DI KOTA LAMA SEMARANG

May 04, 2017

LAGI-DI-SEMARANG?-INI-YANG-BISA-KAMU-LAKUKAN-DI-KOTA-LAMA

 

Jalan-jalan di kawasan Kota Lama Semarang emang asyik. Menikmati suasana bersejarah dan dikelilingi bangunan-bangunan berasitektur gaya Belanda. Setiap sudutnya fotogenik, nggak heran area Kota Lama selalu menjadi pilihan untuk sesi foto, dari fotografer amatir, anak-anak muda selfie, hingga tim profesional. Belakangan, gara-gara Instagram, hampir semua yang datang ke Kota Lama bertujuan untuk foto-foto doang. Banyak banget tuh foto dengan background jendela berakar seliweran di Instagram. Tau nggak kalau mau foto di situ antriannya panjang. Dari pada foto-foto aja, yuk cari tau aktivitas asyik yang bisa kita lakukan di Kota Lama!

 

 

DUDUK BENGONG DI TAMAN SRIGUNTING

 

LAGI-DI-SEMARANG?-INI-YANG-BISA-KAMU-LAKUKAN-DI-KOTA-LAMA

 

Taman Srigunting ini posisinya tepat di sebelah Gereja Blenduk, bisa dibilang ini halamannya Gereja Blenduk. Taman ini posisinya di pinggir jalan. Jadi kita bisa duduk-duduk bengong saja di sini sambil makan es krim, dan mengamati orang-orang dan kendaraan berlalu-lalang di sekitar kita. Dengan mengamati orang, biasanya kita secara nggak langsung ngebebasin pikiran kita buat mikir bebas dan nggak ada batas tentang apapun. Yang lagi butuh ide segar, biasanya dengan duduk dan people watching kayak gini, bisa banget ngedatengin ide lho.

 

KE OLD CITY 3D TRICK ART MUSEUM

 

LAGI-DI-SEMARANG?-INI-YANG-BISA-KAMU-LAKUKAN-DI-KOTA-LAMA

 

Letaknya persis di sebelah Gereja Blenduk, sisi yang berlawanan dengan Taman Srigunting. Tempat wisata ini lumayan baru di Kota Lama. Tiket masuknya Rp50 ribu per orang. Tempatnya sih nggak terlalu luas, tapi cukup lah. Di dalamnya ada wahana Omah Kwalik, semacam upside down gitu deh. Selain itu ada Omah Mumet (Rumah Pusing-Jawa), yaitu ruangan yang seluruh dinding dan lantainya dicat begitu rupa sehingga sensasinya bikin bingung. Ada juga trick art lain yang nggak kalah seru.

 

LIHAT LUKISAN DI CONTEMPORARY ART GALLERY

 

LAGI-DI-SEMARANG?-INI-YANG-BISA-KAMU-LAKUKAN-DI-KOTA-LAMA

 

Kalo suka seni, boleh banget mampir ke Semarang Contemporary Art Gallery. Lokasinya agak tersembunyi, tapi kalo bingung, kita tinggal tanya aja penjual-penjual di sekitar Taman Srigunting situ, mereka ramah-ramah kok. Tiket masuk galeri ini Rp10 ribu saja. Di dalamnya ada dua lantai, isinya lukisan semua. Suasana di dalamnya hening, jadi pas banget untuk berlindung sejenak dari keriuhan di luar. Ohi ya, biasanya nih di galeri ini ada mahasiswa-mahasiswa seni lagi nyari data, jadi jangan kaget kalo tiba-tiba diwawancara. Tipsnya sih, jangan kasih nama atau nomer ponsel, nanti dimodusin.  Hehehehe.

 

NGAFE DI SPIEGEL BISTRO

 

LAGI-DI-SEMARANG?-INI-YANG-BISA-KAMU-LAKUKAN-DI-KOTA-LAMA

 

Lelah keliling Kota Lama? Istirahat dulu deh, sambil ngafe. Ada cafe terkenal di kawasan Kota Lama, namaya Spiegel Bar & Bistro. Kafenya Eropa banget, suasana di dalamnya cozy dan relatif lengang. Menunya enak, ada pasta, steak, kopi, dan gelato. Pas banget tuh gelato di cuaca panas.

 

NYEWA SEPEDA JADUL

 

LAGI-DI-SEMARANG?-INI-YANG-BISA-KAMU-LAKUKAN-DI-KOTA-LAMA

 

Males keliling Kota Lama jalan kaki? Nyewa sepeda aja. Cuma Rp15 ribu untuk durasi setengah jam. Seru lho! Sepedanya juga model-model jadul gitu. Pas banget dengan suasana jadulnya. Apalagi kalo kita lagi pake baju model vintage. Pas banget!

 

 

Written by Virly Kumala Aluh (Gogirl! Apprentice!)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar