8 FESTIVAL MUSIK JAZZ ASLI BUATAN ANAK NEGERI

January 10, 2017

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Kalo suka banget nonton festival jazz, cobain deh buat dateng ke festival-festival jazz berikut ini. Suasananya bakal beda banget dari festival jazz yang biasanya. Nggak hanya performer yang ngehibur kita, tapi juga suasanya yang ngedukung! Check out the list, mark our calendar, and get extraordinary jazz experience!

 

 

JAZZ ATAS AWAN

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Jazz Atas Awan diadain di Dataran Tinggi Dieng, makanya disebut "Jazz Atas Awan" karena dari Dataran Tinggi Dieng, kita bisa ngeliat kumpulan awan ada di bawah kita. Jazz Atas Awan juga sering disebut Jazz Kemulan karena biasanya para penonton nikmatin musik jazz sambil selimutan pake sarung. Ngga heran sih, suhu di Dataran Tinggi Dieng ini bisa nyampe 0° C! Kalo biasanya nonton jazz festival sambil berdiri atau duduk, tapi di Jazz Atas Awan ini kita bakal lesehan sambil ngangetin diri pake tungku. Selain itu, kita juga bakal dikasih jagung untuk dibakar di tungkunya. Jazz Atas Awan diadain selama 2 hari dan merupakan bagian dari rangkaian 3 hari Dieng Culture Festival yang biasanya diadain di bulan Agustus. Jadi untuk nonton Jazz Atas Awan, kita harus beli tiket untuk Dieng Culture Festival seharga Rp250,000. 

Website : www.jazzatasawan.com dan www.dieng.id
Twitter : @jazzatasawan
Instagram : @jazzatasawan

 

 

JAZZ PRAMBANAN

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Just imagine what if the greatness of Candi Prambanan is combined with the groove of Jazz music. Incredible! Kira-kira itulah yang bakal kita rasain di Jazz Prambanan ini. Megahnya Candi Prambanan yang ditambah sama lighting keren bakal jadi latar buat nikmatin musik jazz. Romantis banget deh! Jazz Prambanan adalah jazz festival internasional lho. Jadi bakal ada musisi-musisi internasional juga yang tampil. Di venue-nya, ada lapangan rumput yang dikelilingin sama food bazaar. Lapangan rumput ini ngadep ke panggung, jadi kita bisa nikmatin jazz sambil duduk di lapangan rumput dan nyobain makanan-makanan enak yang dijual. Harga tiketnya berkisar dari Rp200,000 - Rp1,500,000 dan Jazz Prambanan biasanya diadain di bulan Agustus selama dua hari.

 Twitter : @PrambananJazz
Instagram : @PrambananJazz

 

 

JAZZ GUNUNG

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Jazz Gunung dikonsepin buat jadi pagelaran musik jazz bertaraf internasional bernuansa etnik. Jazz Gunung diadain di area Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sama seperti pagelaran jazz yang udah dibahas sebelumnya, Jazz Gunung ini diadain di ruangan terbuka. Indahnya pemandangan alam di pegunungan bakal jadi latar untuk para musisi beraksi. Nggak hanya ditujuin buat ngadain pagelaran jazz dengan suasana yang beda, Jazz Gunung juga diharapkan bisa numbuhin rasa cinta pengunjungnya ke alam Indonesia. Harga tiket Jazz Gunung dimulai dari harga Rp350,000 sampe Rp1,500,000. Ada juga paket akomodasi yang disediain sama panitia untuk bisa sampe ke Bromo. Akomodasi ini berangkat dari Surabaya atau Malang. 

 Website : www.jazzgunung.com
Twitter : @jazzgunung
Instagram : @jazzgunung

 

 

IJEN SUMMER JAZZ

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Ijen Summer Jazz diselenggarain oleh panitia yang sama kayak Jazz Gunung. Makanya, tujuan Ijen Summer Jazz dan Jazz Gunung sama, yaitu buat numbuhin rasa cinta pengunjung terhadap alam Indonesia. Selain itu, Ijen Summer Jazz juga diadain buat ngembangin tempat tujuan wisata dan perekonomian setempat. Sesuai namanya, acara jazz yang baru diadain taun 2016 ini diadain di panggung terbuka Jiwa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Ijen Summer Jazz diadain selama 3 hari di 3 bulan yang berbeda yaitu bulan Juli, September, dan Oktober. Pemandangan volkano Ijen yang menawan ditambah dengan keindahan empat gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Raung, Ranti, dan Suket bakal ngasih suasana yang beda buat nikmatin musik di alam terbuka. Ijen Summer Jazz ngejanjiin nggak ada batasan antara musisi dengan penonton. Tiket yang kita beli, nggak hanya buat nonton jazz, tapi juga buat makan malem dan ngobrol-ngobrol bareng para musisi. Tiketnya seharga Rp500,000 untuk festival dan Rp1,000,000 untuk premium. Ada juga paket akomodasi yang termasuk transportasi dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan penginapan selama di kawasan Ijen. 

 Website : jazzgunung.com
Twitter : @jazzgunung
Instagram : @jazzgunung

 

 

NGAYOGJAZZ

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Event jazz yang udah ada dari taun 2007 ini diadain tiap taunnya di pedesaan dan ngelibatin  masyarakat di pedesaan itu. Selain ada pertunjukkan musik jazz dan seni tradisional setempat, akan ada pasar dadakan bernama Pasar Jazz yang mayoritas diikutin sama penduduk setempat buat jadi usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ngayogjazz bisa kita nikmatin secara gratis lho! Ngayogjazz emang sengaja selalu nampilin musisi-musisi muda biar bisa jadi ruang ekspresi dan wadah buat musisi-musisi muda berbakat. Di Ngayogjazz ini juga ada workshop sebagai ajang buat sharing pengalaman dari musisi-musisi senior. Banyak musisi internasional yang partisipasi di Ngayogjazz lho. Jarak antara panggung sama penonton yang deket dan nggak pake sekat jadi ciri tersendiri di Ngayogjazz buat bikin interaksi yang hangat antara musisi sama penonton. 

 Website : www.ngayogjazz.com
Twitter : @ngayogjazz
Instagram : @ngayogjazz

  

 

SOLO CITY JAZZ

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Solo City Jazz (SCJ) udah ada dari taun 2009 dan pembukaannya di resmiin langsung sama Jokowi yang saat itu ngejabat jadi walikota Solo. SCJ juga ngejanjiin kedekatan antara musisi dan penggemarnya. Musik di SCJ ini bisa dibilang lebih bebas alias ngga terlalu strict sama jazz. Tujuannya biar makin banyak masyarakat yang bisa nikmatin acara SCJ ini. Jadi nggak heran deh kalo di SCJ ini bisa ada gamelan, ensemble perkusi sampe musik kontemporer. SJC diadain selama 2 hari di bulan September atau Oktober dan dilaksanain di Taman Balekambang. Acara ini bisa kita nikmatin secara gratis lho! 

 Website : www.solocityjazz.com
Twitter : @SoloCityJazz
Instagram : @solocityjazz

 

 

JAZZ MARKET BY THE SEA

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Nggak hanya nampilin musik jazz, festival jazz yang satu ini juga punya puluhan market stalls buat seni, kerajinan tangan lokal, dan makanan. Selain itu, ada juga workshop, parade budaya, flashmob, dan pertunjukkan tari. Kita juga bisa lho bawa adek kecil atau keponakan kita karena di sini ada program "kids activity"! Salah satu acara jazz terbesar di Bali ini diselenggarain pada bulan Agustus selama 3 hari di Taman Bhagawan, Tanjung Benoa, Bali. And yes, sesuai namanya, venue Jazz Market ini diadain di sebelah area pantai. Harga tiketnya kisaran Rp100,000 - Rp120,000 per hari atau seharga Rp250,000 buat 3 days pass. Di Jazz Market, kita dibolehin buat bawa hewan peliharaan lho! Dijamin deh, dengan suasana pantai Bali yang romantis banget plus alunan musik jazz, bakal bikin 3 hari rangkaian acara ini super groovy

 Website : www.jazz-market.com
Twitter : @JazzMarket
Instagram : @JazzMarket

 

 

UBUD VILLAGE JAZZ FESTIVAL

 

MORE-THAN-USUAL-JAZZ-FESTIVALS

 

Ubud Village Jazz Festival pertama kali diadain taun 2013 di Ubud, Bali. UVJF ini adalah festival jazz internasional yang juga ngelibatin musisi-musisi baru dan music students. Selain itu, juga ada workshop dari ahli musik lokal yang bertujuan biar makin banyak anak muda yang tertarik bermain musik jazz. Harga tiket UVJF Rp400,000/hari dan Rp600,000 untuk 2 days pass. UVJF diadain tiap bulan Agustus, dan untuk taun 2017 rencananya bakal diadain tanggal 11-12 Agustus 2017 so let’s mark our calendar!

 Website : ubudvillagejazzfestival.com
Twitter : @UbudVillageJazz
Instagram : @ubudvillagejazzfestival

 

 

Written by Fithrotul Hasiinah (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar