NGGAK PUNYA TEMAN LIBURAN? SOLO TRAVELING AJA!

May 07, 2017

NGGAK-PUNYA-TEMAN-LIBURAN?-SOLO-TRAVELING-AJA!

 

Pengen traveling tapi nggak punya teman atau saudara yang mau nemenin? Don’t worry, girls! Zaman sekarang ada sebutan yang namanya solo traveler, yaitu orang yang pergi jalan-jalan untuk berlibur sendirian. Ketika melakukan solo traveling, nggak cuma hiburan menyenangkan yang bisa kita dapetin, tapi juga pengalaman berharga yang mungkin nggak bisa kita alami waktu berlibur bersama teman. Nggak perlu takut bosan, merasa nggak aman, atau takut mengambil keputusan, karena dengan solo traveling kita bisa belajar untuk menghadapi itu semua dengan cara yang menyenangkan. Lalu, apa aja sih keuntungan dengan pergi traveling sendirian? Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh ketika menjadi seorang solo traveler.

 

 

BEBAS

 

Keuntungan pertama yang bisa kita peroleh dengan jadi seorang solo traveler adalah kebebasan. Waktu kita berpergian sendiri, kita bebas mutusin kegiatan dan tujuan wisata mana aja yang mau kita kunjungi. Kita nggak perlu mengalah atau berusaha nyatuin pikiran sama orang lain yang mungkin punya selera wisata berbeda sama kita. Dengan nentuin tujuan sendirian, kita bisa bebas memuaskan kesenangan kita buat traveling yang sesuai sama selera kita sendiri.

 

HEMAT

 

Selain bebas, solo traveling juga bisa ngebantu kita buat menghemat budget yang dikeluarkan. Waktu kita pergi traveling sendirian, kita bisa lebih mudah mencari tempat tinggal, transportasi, dan lain-lain. Nggak perlu repot-repot cari hotel mahal buat nginep, karena kita bisa aja numpang di rumah salah satu penduduk. Kehadiran kita yang cuma sendirian nggak akan bikin pemilik rumah yang kita tumpangi ngerasa direpotin. 

Tapi, perlu diingat kalo dunia ini nggak selalu penuh dengan kebaikan. Sebagai cewek kita tetep harus berhati-hati dalam menentukan tempat tinggal dan tujuan wisata kita, apa lagi kalo kita traveling sendirian. Jadi, jangan lupa jaga diri, ya!

 

MANDIRI

 

NGGAK-PUNYA-TEMAN-LIBURAN?-SOLO-TRAVELING-AJA!

 

Mandiri adalah salah satu manfaat solo traveling yang paling menonjol. Karena kita harus ngelakuin semuanya sendirian dan nggak bisa bergantung sama siapa-siapa, mau nggak mau kita belajar jadi orang yang mandiri dan bisa nggak mengandalkan orang lain terus-menerus. Ketika kita dihadapin sama situasi yang sulit waktu lagi liburan, kita bakal belajar buat ngambil keputusan sendiri dan ngatasin masalah sendirian. Secara nggak langsung lewat pengalaman itu kita bisa belajar untuk jadi pribadi yang lebih dewasa.

 

PERLUAS JARINGAN

 

Waktu kita berpergian sendiri, nggak jarang kita bakal dilanda sama rasa bosan dan kesepian. Ketika kita ngeliat traveler lain jalan-jalan sama teman atau keluarganya, bisa aja kita jadi ngerasa iri. Tapi nggak usah kecewa, karena justru dengan pergi liburan sendiri kita bisa belajar untuk memperluas jaringan. Salah satu caranya adalah dengan mencoba bersosialisasi sama orang baru, misalnya masyarakat sekitar atau traveler lainnya. Dengan begitu, kita jadi bisa belajar buat bergaul sama orang dengan latar belakang berbeda-beda sekaligus menambah pertemanan. Siapa tau, di lain waktu kita bakal ketemu lagi sama mereka atau justru membutuhkan bantuan mereka.

 

MENGENAL DIRI

 

NGGAK-PUNYA-TEMAN-LIBURAN?-SOLO-TRAVELING-AJA!

 

Yang terakhir, keuntungan lain yang bisa kita dapetin dengan solo traveling adalah belajar mengenal diri sendiri. Ketika kita berpergian sendirian, kita akan punya waktu lebih banyak buat menyenangkan diri kita sendiri dan merefleksikan kehidupan pribadi kita. Hal itu bisa ngebuka pikiran kita pada banyak hal baru tentang diri kita yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Kita bisa lebih kenal sama diri kita sendiri dan jadi lebih percaya diri sama kelebihan apa yang kita punya.

 

Itulah manfaat-manfaat yang bisa kita rasain waktu kita menjadi seorang solo traveler. Memang, nggak semua orang bisa menikmati traveling sendirian. Tapi nggak ada salahnya untuk mencoba hal baru dengan berpergian seorang diri, kan? Walaupun banyak keterbatasan yang nggak bisa kita lakuin waktu traveling sendirian karena kita cewek, tapi kita tetep bisa kok jadi seorang solo traveler. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rasakan serunya melakukan perjalanan sendirian!

 

 

Written by Hilel Hodawya (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
thoughtcatalog.wordpress.com, friendlyplanet.com, tripjaunt.com, usiaffinity.typepad.com, huffingtonpost.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar