BOSEN KE MALL PAS MALEM MINGGU? KUNJUNGIN 8 TEMPAT INI AJA

March 18, 2017

 NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Sebagai Ibu kota, Jakarta bisa dibilang kota yang serba ada. Mulai dari tempat belanja, perkantoran, segala jenis tempat pendidikan, sampe berbagai hiburan. Eits jangan salah, hiburan yang ada di Jakarta nggak cuma mall lho. Kalo udah bosen sama mall, nggak usah jauh-jauh cari hiburan ke kota lain. Masih banyak tempat-tempat asyik yang bisa dijadiin tujuan buat kita hang out pas weekend. Tempat-tempat ini juga bisa kita jadiin destination buat nge-date lho. Jadi ngga bakal bosen deh tiap satnite cuma nonton di bioskop mulu. Let's check out this weekend list!

 

 

1. GALERI NASIONAL INDONESIA

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Galeri Nasional Indonesia nyimpen dan memamerkan karya seni rupa kayak lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, fotografi, seni kriya, dan seni instalasi. Saat ini, Galeri Nasional Indonesia atau yang sering disebut orang-orang "GalNas", udah punya 1785 koleksi karya seniman Indonesia dan manca negara. Selain pameran, Galeri Nasional juga ngadain preservasi (konservasi dan restorasi), akuisisi dan dokumentasi, seminar, diskusi, workshop, performance art, pemutaran film/video (screening), festival, dan lomba. Galeri Nasional Indonesia juga ngasih pelayanan riset koleksi dan pemanduan buat pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Tempat ini pas deh kalo kita mau foto ala-ala artistic. Buat tau agenda pameran dan kegiatan yang ada di Galeri Nasional, kita bisa cek webnya di www.galeri-nasional.or.id atau instagram di @galerinasional. 

Alamat : Jln. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat
Jam buka : Selasa – Minggu 10.00 – 16.00

 

2. KINEFORUM

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Pecinta film wajib banget buat dateng ke tempat yang satu ini! Kineforum adalah bioskop pertama di Jakarta yang nawarin berbagai jenis program film sekaligus diskusi tentang film. Film-film yang ditayangin anti main-stream banget dan super seru! Mulai dari film klasik maupun kontemporer, film panjang maupun pendek, dan film luar maupun dalam negeri. Bioskop kineforum ini cuman terdiri dari 45 kursi, jadi kalo mau aman kita harus dateng 1 jam sebelum pemutaran film buat beli tiket ya. Tiket buat nonton di sini berupa donasi sebesar Rp20 ribu. Tiap bulannya, Kineforum selalu update film-film keren yang bakal ditayangin di instagram @kineforum dan www.kineforum.org.  Film-filmnya banyak dan all of them are very interesting

Alamat : Taman Ismail Marzuki. (Belakang Galeri Cipta 3). Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat

 

3. JAKARTA PLANETARIUM AND OBSERVATORY

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

As a Jakarta citizen, we should be thankful that we have a planetarium in our city. Ternyata, wahana simulasi langit ini cuman ada 3 di Indonesia lho. Selain di Jakarta, ada juga di Kutai dan Surabaya. Planetarium yang di Jakarta ini adalah planetarium yang paling tua di Indonesia. Di dalem planetarium, kita bisa nambah pengetahuan tentang perbintangan dan benda-benda langit. Dan yang paling menarik adalah, kita bisa tiduran di bawah suatu kubah besar yang ngesimulasiin dan nunjukkin hal-hal yang ada di langit dan berbagai galaksi. The view is unbelievably astonishing! Selain pertunjukan Teater Bintang, ada juga sarana prasarana buat observasi benda-benda langit lewat peneropongan secara langsung. Kita juga bisa dateng ke planetarium buat ngeliat fenomena atau kejadian-kejadian alam kayak gerhana bulan, gerhana matahari, komet dan lain-lainnya loh! 

Alamat : Jln. Cikini Raya No. 73, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat
Jam buka : Selasa – Minggu 08.00 – 16.00
Harga tiket : Rp12 ribu

 

4. HOUBII

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Houbii adalah urban adventure park pertama di Jakarta. Di dalam gedung indoor yang gede ini, ada berbagai wahana yang bisa kita coba. Mulai dari ropes course, dodge ball arena, extreme slide, slam dunk arena, airbag, dan trampoline. Selain itu, ada juga Ubiifit di mana kita bisa ngelakuin rebound fitness

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Alamat : Jln. Metro Pondok Indah Blok BB No. 3, Jakarta Selatan
Jam buka : 
Senin 14.00 - 22.00
Selasa sampai Kamis 10.00 - 22.00
Jumat sampai Minggu 09.00 - 23.00
Harga tiket : Weekdays Rp150 ribu, Weekend Rp200 ribu, Rebound fitness Rp100 ribu                                      

 

5. ALIVE MUSEUM

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Di dalam Alive Museum, kita bisa nikmatin berbagai hiburan. Salah satunya adalah Alive Star yang berisikan patung lilin tokoh-tokoh ternama dan bintang Hollywood kayak di Madame Tussauds. Selain patung lilin, di Alive Star juga ada barang-barang memorabilia otentik dari aktor, aktris, maupun musisi dunia. Selain itu, dis ini juga banyak trick art lho. Pas deh buat foto-foto!

Alamat : Mal Ancol Beach City. Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara
Jam Buka : Selasa – Minggu 10.00 – 21.00

Harga tiket :
Rp100 ribu/ museum
Rp200 ribu untuk Alive Museum dan Alive Star 

 

6. SETU BABAKAN

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Udah pada tau dong kalo budaya asli Jakarta adalah budaya Betawi? Meskipun jumlah orang Betawi di Jakarta malah nggak sebanyak warga pendatang, tapi pemerintah udah antisipasi nih biar budaya Betawi tetep lestari. Makanya, dibikinlah Cagar Alam Setu Babakan. Di Setu Babakan, ada danau yang selain berperan jadi daerah resapan, tapi juga sebagai tempat wisata air. Kita bisa main sepeda air, perahu kano, perahu naga, dan mancing. Di hari Minggu, ada pelatihan seni musik, tari, silat Betawi beksi, dan teater tradisional. Kita juga bisa nonton berbagai pagelaran seni musik kayak gambang kromong, gambus, qasidah, marawis, keroncong Betawi, dan tanjidor. Ada juga wayang kulit dan pagelaran seni peran kayak lenong preman dan topeng betawi. Sementara itu, prosesi budaya betawi kayak upacara pernikahan, sunatan, khatam Qur’an, aqiqah, nujuh bulanan, injak tanah, dan ngaderes dilaksanain setaun sekali pada pertengahan tahun. Nggak ketinggalan, ada juga deretan rumah dan wisata kuliner khas Betawi. Mulai dari kerak telor, laksa, tauge goreng, gado-gado, soto, ikan pecak, sampe bir pletok.

Alamat : Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Jam buka : 06.00 – 18.00

 

7. TAMAN MARGASATWA RAGUNAN

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Kebun binatang yang ngga pernah sepi ini punya wilayah yang luas banget, yaitu sebesar 147 hektar. Nggak heran deh kenapa Taman Margasatwa Ragunan punya suasana yang rindang dan nyaman, di sini ada 2,000 spesimen dan 50,000 pohon! Fasilitas yang ada juga banyak banget. Mulai dari Pusat Primata Schmutzer, Taman Refleksi, Taman Satwa Anak, sampe sarana rekreasi kayak gajah dan onta tunggang, kereta keliling, perahu angsa, dan pentas satwa. Lari pagi ataupun sewa sepeda di sini bakalan jadi aktivitas yang super fun karena banyaknya pohon-pohon rindang, jalan yang lapang, dan aneka jajanan. Info lengkap tentang Taman Margasatwa Ragunan bisa diliat di www.ragunanzoo.jakarta.go.id

Alamat : Jln. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 
Jam buka : 10.00 - 16.00
Harga tiket : Rp4,000/orang

  

8. SEA WORLD

 

NOTE-THIS-PLACES-FOR-OUR-WEEKEND-LIST!

 

Sea World Ancol punya sekitar 7,300 ekor biota air tawar dan 11,500 ekor biota air laut. Biota-biota ini ditampilin di 9 akuarium perairan tawar, 19 akuarium air laut, dan 4 kolam terbuka. Setiap tampilan akuarium punya tema khusus tersendiri yang sangat interesting dan informatif. Ada juga berbagai pertunjukkan kayak aksi seru penyelam di feeding show. Kita juga bisa interaksi sama biota laut di Touch Pool. Dan yang paling difavoritin sama banyak orang dari Sea World ini adalah terowongan sepanjang 80 meter yang di atasnya kita bisa ngeliat banyak biota laut. 

Alamat : Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.
Jam buka : 09.00 - 18.00
Harga tiket : Weekdays Rp85 ribu, Weekend Rp100 ribu

 

 

Written by Fithrotul Hasiinah (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar