JALAN-JALAN MURAH MERIAH? SHORT GETAWAY KE PURWAKARTA YUK!

July 17, 2017

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

 source pict: ruumpuutgaajaah.blogspot.co.id 

 

Cuma berjarak 90 km dari Jakarta, kota ini selalu kita lewatin lho di perjalanan kita dari Jakarta menuju Bandung. Meskipun kita sekedar sering ngelewatin aja dan ngeliat keindahannya lewat jalan tol, panorama dan daya tarik Purwakarta nggak boleh dilewatin liburan kali ini karena Purwakarta punya berbagai destinasi menarik! Karena jaraknya yang nggak terlalu jauh dari Jakarta, kota yang terletak di propinsi Jawa Barat ini bisa banget dijadiin alternatif liburan kita buat short escape dari penatnya ibu kota. Buat tau apa aja destinasi seru yang ada di Purwakarta, let’s jump right in!

 

 

WADUK JATILUHUR

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: duatiket.blogspot.co.id, kherjuli.wordpress.com

 

Waduk legendaris ini adalah waduk buatan pertama yang dibangun di Indonesia lho. Selain itu, Waduk Jatiluhur yang seluas 8,300 Ha ini juga adalah waduk terbesar di Indonesia. Waduk yang mulai dibangun di tahun 1957 ini berfungsi buat irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan bahan baku air minum. Tapi sekarang, Waduk Jatiluhur juga jadi salah satu tempat kunjungan wajib buat wisatawan yang dateng ke Purwakarta karena panoramanya yang indah. Waduk ini dikelilingin sama bukit-bukit dan dilatarin sama Gunung Parang dan Gunung Tiga Menara. Apalagi kalo kita ngeliat sunset di sini, wiih so enchanting!

Alamat : Jln. Waduk Jatilluhur, Kec. Jatiluhur, Purwakarta

 

KOLAM MATA AIR CIJANUN 

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: jejakyendia.blogspot.co.id

 

Kolam pemandian yang berasal langsung dari Mata Air Cijanun ini punya air yang jernih dan seger. Sambil main air di sini, kita bakal ditemenin sama pemandangan perbukitan dan perkebunan yang asri. And the best thing about this place is......it's free entry!

Alamat : Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kec. Bojong, Purwakarta

 

TAMAN AIR MANCUR SRI BADUGA SITU BULEUD

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

 

Danau seluas 4 hektar ini punya pertunjukkan air mancur terbesar di Asia Tenggara lho! Air mancur ini dilengkapin sama light effect dan api, yang bikin Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud keliatan romantis banget kalo malem. Setiap malam Minggu, kita bisa nonton serunya air mancur ini ngelakuin atraksi gerakan-gerakan yang sesuai sama irama musik secara gratis!

Alamat : Situ Buleud, Negeri Kidul, Kec. Purwakarta, Purwakarta

 

SENTRA KERAMIK PLERED

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: info-purwakarta.blogspot.co.id, www.youtube.com

 

Purwakarta terkenal sebagai daerah penghasil keramik. Nah, di Sentra Keramik Plered inilah kita bisa nemuin berbagai produk keramik berkualitas khas Purwakarta. Produk-produk keramik ini juga sering banget diekspor ke luar negeri lho. Produk keramik yang paling favorit diantaranya adalah gerabah, porselain, celengan ayam, vas, dan terakota. 

Alamat : Desa Arjun, Kec. Plered, Purwakarta

 

GUNUNG PARANG

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: backpackerjakarta.com, www.jalanpendaki.com 

 

Gunung ini adalah gunung batu andesit tertinggi di Indonesia dan diklaim sebagai tebing batu andesit tertinggi kedua di Asia lho. Aktivitas yang paling populer di Gunung Parang adalah panjat tebing. Nggak tanggung-tanggung, banyak wisatawan mancanegara seperti dari Belanda, Amerika dan Jepang sengaja dateng ke Purwakarta buat nyobain panjat tebing di Gunung Parang. Ketinggian gunung ini adalah 983 meter di atas permukaan laut. Gunung Parang punya tiga jalur panjat, yaitu tower I, tower II, dan tower III yang lebih tumpul dan landai. Di tower III inilah kita bisa manjat Gunung Parang lewat tangga besi yang dinamain Badega Taraje Beusi. Buat nyobain pengalaman ini kita dikenain tarif Rp 350 ribu per orang, termasuk alat-alat, guide, dan makan siang. Cara manjatnya pun nggak ribet, kita tinggal naik anak tangga besi dengan mengaitkan carabiner sebagai pengaman. Kita juga bakal pake harness selama manjat. Buat info lebih lanjut kita bisa hubungin hotline Gunung Parang di +6287874708230 atau cek instagram di @badegaparang

Alamat : Desa Sukamulya, Kec. Tegal Waru, Purwakarta

 

KUBURAN KERETA API STASIUN PURWAKARTA

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: albatawienanang.files.wordpress.com, www.winnetnews.com

 

This spot is a very instagramable must-visit place in Purwakarta! Selain arsitektur stasiunnya yang khas ala bangunan kolonial, di sini banyak kereta api yang udah "mati" alias nggak kepake lagi. Stasiun ini emang dijadiin "gudang" buat seluruh KRL non-AC semenjak udah nggak beroperasi lagi mulai taun 2013. Kalo dateng ke sini, dijamin stok feed instagram kita jadi banyak! Hihi

Alamat : Jln. Kolonel Kornel Singawinata No. 1, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Purwakarta

 

CURUG CIPURUT

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: tempatwisataunik.com

 

Diantara banyak curug lainnya di Purwakarta, Curug Cipurut ini adalah salah satu air terjun yang belum banyak diketahui orang karena letaknya yang ada di tengah-tengah Gunung Burangrang. Buat nikmatin eksotisnya air terjun ini, kita harus trekking selama 20 menit ngelewatin perkebunan teh. Tapi semua itu bakal terbayar karena suasana asri di tengah hutan rimbun dan air yang seger could really refresh our mind!

Alamat : Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kec. Wanayasa, Purwakarta

 

BUKIT PINUS PANYAWANGAN 

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: www.potretkarawang.com

 

Wisata yang baru diresmiin di taun 2016 kemaren ini bisa ngebuat kita terpana ngeliat indahnya hutan pinus yang masih asri dan bersih. Lokasi ini cocok buat foto-foto apalagi kalo ada cahaya matahari yang nembus di sela-sela antara pepohonan. Di kawasan ini juga ada area camping ground yang dilengkapin toilet bersih. Selain itu juga ada Curug Pamoyanan Indah dan Curug Manah Rasa, air terjun yang masing-masing berjarak 600 dan 1000 meter dari camping ground. Dalam perjalanan ke curug, kita juga bakal ngelewatin gua bersejarah peninggalan Jepang lho yang dinamain Guha Panyileukan.

Alamat : Desa Pasir Muncang, Kec. Kiarapedes, Purwakarta

 

SATE MARANGGI CIBUNGUR HJ. YETTY

 

SHORT-GETAWAY-KE-PURWAKARTA-YUK!

source pict: www.pusvitasari.com, annasorayaputri.blogspot.co.id

 

Traveling ke suatu kota nggak lengkap rasanya kalo nggak sekalian wisata kuliner. Di Purwakarta, ada satu kuliner yang nggak boleh dilewatin, yaitu Sate Maranggi. Sate Maranggi adalah sate daging sapi, tapi nggak disajiin pake bumbu kacang kayak sate pada umumnya. Tempat yang ngejual Sate Maranggi dengan cita rasa yang maknyus dan udah terkenal banget adalah Sate Maranggi Cibungur Hj. Yetty. Sate ini siap bikin kita ketagihan dengan paduan daging yang empuk dan rasa gurih manis yang berasal dari bawang merah, bawang putih, ketumbar dan gula merah yang meresap ke dalam daging. Nikmatin sate ini bakal lebih maknyus kalo ditemenin pake segelas es kelapa. Yumm! 

Alamat : Jln. Nasional 4, Cibungur, Bungursari, Purwakarta

 

 

Wah ternyata seru-seru banget ya wisata di Purwakarta. Dengan jaraknya yang deket dari Jakarta dan destinasinya yang menarik, Purwakarta will definitely be the next Jakartans new favorite destination for short getaway!

 

 

Written by Fithrotul Hasiinah (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar