SPOT SENI INSTAGRAMBLE YANG WAJIB DIDATENGIN KALO LAGI KE JOGJA

March 16, 2017

 SPOT-SENI-YANG-WAJIB-KAMU-DATENGIN-DI-JOGJA

 

Selain terkenal karena kekayaan budaya dan wisata alamnya, Jogja juga terkenal banget karena tempat-tempat artsy-nya! Di kota ini, lahir banyak seniman dan museum-museum yang wajib dikunjungin. Ini dia beberapa tempat-tempat seni favorit Gogirl! di Jogja!

 

 

1. MUSEUM ULLEN SENTALU

 

SPOT-SENI-YANG-WAJIB-KAMU-DATENGIN-DI-JOGJA

 

Kalau pengen belajar sejarah sambil menikmati pemandangan alam, kita harus dateng ke Museum Ullen Sentalu! Museum yang menyimpan rapi cerita Keraton Yogyakarta ini ada di lereng Gunung Merapi, jadi nggak heran kalo suasananya sejuk dan pemandangannya bagus banget. Buat masuk ke dalam museum, kita cuma perlu bayar tiket seharga Rp30 ribu (dewasa) atau Rp15 ribu (5-16 tahun). Di dalam museum, kita bakal dapet regu tur dan satu pemandu yang nyeritain seisi museum secara lengkap. Kalo ada hal menarik yang belum diceritain sama pemandunya, kita juga boleh tanya-tanya, lho!

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA

 

Koleksi di museum ini dibagi ke dalam beberapa ruangan yang berbentuk kayak labirin. Tiap ruangan punya ciri khas dan ceritanya masing-masing. Sayangnya, kita nggak diizinkan buat foto koleksi seni dan ruangan yang ada di museum ini. Mungkin buat ngejaga koleksi seni yang ada dan biar suasana tetep kondusif, ya. Tapi jangan khawatir, kita boleh foto-foto di pemberhentian akhir tur, kok! Di tempat ini, ada lukisan pahatan miring yang udah terkenal banget. Mungkin kita juga sering lihat pahatan miring ini di Instagram temen-temen kita atau traveller lainnya. Dengan segala keindahan seni dan alam yang ada, nggak heran deh kalau museum yang satu ini dapet predikat jadi Museum Terbaik di Indonesia versi TripAdvisor!

Alamat: Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta.
Jam operasional: 08.30-16.00

 

2. MUSEUM AFFANDI

 

SPOT-SENI-YANG-WAJIB-KAMU-DATENGIN-DI-JOGJA

 

Affandi adalah salah satu pelukis paling populer di Indonesia, nggak heran kalo karya-karya dan memoar kehidupan almarhum diabadiin dalam sebuah museum yang ada di daerah Laksda Adisucipto, Yogyakarta. Cukup dengan bayar tiket seharga Rp20 ribu, kita langsung bisa masuk ke museum ini dan dapet soft drink atau es krim gratis. Yay! Museum ini terbagi ke dalam tiga galeri yang masing-masing punya arti tersendiri. Galeri pertama berisi semua lukisan hasil karya almarhum Affandi selama hidupnya. Selain lukisan, ada juga dua buah patung, sepeda onthel, satu mobil Col Gallant kuning kuno, dan penghargaan-penghargaan. Lukisan di galeri ini nggak ada yang dijual karena semuanya menceritakan pengalaman hidup dan keluarga Affandi. Selanjutnya, di galeri kedua, kita bisa liat-liat lukisan karya Affandi dan pelukis terkenal lainnya. Luksian yang ada di ruangan ini dijual buat umum, lho! Terakhir, di galeri ketiga, ada lukisan karya Affandi dan keluarganya. Di galeri ini juga ada LCD TV yang nampilin video waktu lagi ngelukis.

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA

 

Di museum ini, kita nggak cuma bisa nikmatin karya Affandi yang bernilai seni tinggi, kita juga bisa makan sambil ngobrol-ngobrol cantik di Pronto, restoran yang ada di loteng museum ini! Dari Pronto, kita bisa liat-liat sisi lain museum dan jalanan Jogja yang cukup padet. Saran Gogirl!, sebaiknya kita dateng ke museum ini dari siang, biar sorenya bisa duduk-duduk di Pronto tanpa harus kepanasan!

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto No. 167, Caturtunggal, Yogyakarta
Jam operasional: 09.00-16.00

 

3. SANGKRING ART SPACE

 

SPOT-SENI-YANG-WAJIB-KAMU-DATENGIN-DI-JOGJA

 

Galeri seni yang satu ini didiriin sama pelukis Bali bernama Putu Sutawijaya. Kalo kita penggemar seni kontemporer, Sangkring Art Space bakal jadi tempat yang cocok nih. Gedung dua lantai ini nggak cuma dipenuhi sama karya sastra pelukis yang udah populer di Indonesia, tapi juga pelukis-pelukis lokal yang baru ngembangin bakatnya! Yang lebih keren lagi, karya seni yang ada di Sangkring nggak dibatesin sama aliran atau ideologi tertentu lho.

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA

 

Selain jadi ruang buat pameran karya seni, Sangkring juga punya ruang temu yang bebas dipake sama siapa aja! Ruangan yang disebut ‘Bale Banjar’ ini dibatesin sama sekat-sekat terbuka yang bermakna dalam; buat menjaga perbedaan yang tetep disatuin dalam sebuah ruangan. Tips dari Gogirl!, coba deh main-main ke Sangkring waktu ada pameran seni khusus. Selain banyak karya baru yang dipamerin, kita juga bisa ketemu banyak penikmat seni lain!

Alamat: Nitiprayan RT 1 RW 20 No. 88 Ngestiharjo, Yogyakarta
Jam operasional: 11.00-18.00

 

4. DE MATA 3D MUSEUM

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA

 

Kalo kita pengen main ke museum yang unik, harus banget dateng ke De Mata! Museum ini dasarnya sama kayak museum-museum tiga dimensi lainnya, tapi yang bikin lebih istimewa museum ini dipenuhi sama unsur budaya Jogja, mulai dari karya tiga dimensinya sampe penataan ruangannya! Museum ini juga dinobatin jadi museum tiga dimensi terbesar di dunia karena punya 120 karya yang dipajang. Berbekal tiket seharga Rp50 ribu, kita bisa masuk dan bebas foto-foto di dalam museum ini. Psst, semua spot yang ada di museum ini bener-bener instagram worthy, lho! Mulai dari dapur yang keliatan kayak kebalik, kabin pilot, sampe jembatan di atas lava panas. Semuanya lucu banget!

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA 

 

Alamat: XT Square Gedung Umar Kayam Lantai Basement, Jalan Veteran No. 150.151, Umbulharjo, Yogyakarta
Jam operasional: 10.00-22.00

 

5. DE ARCA STATUE MUSEUM

 

SPOT-SENI-YANG-WAJIB-KAMU-DATENGIN-DI-JOGJA

 

Museum yang terletak persis di sebelah De Mata 3D Museum ini nggak kalah unik sama tetangganya, lho! Museum dengan konsep kayak Madam Tussaud ini adalah museum patung terbesar di Indonesia. Buat masuk, kita cukup bayar tiket seharga Rp50 ribu aja. Atau, kalo kita mau jalan-jalan ke De Mata dan De Arca sekaligus, kita bisa beli tiket terusan seharga Rp80 ribu. Hemat banget, kan? Di De Arca, kita bisa ‘ketemu’ sama tokoh-tokoh nasional yang udah ngebangun negara ini, kayak Cut Nyak Dien dan R.A. Kartini. Kita juga dibolehin ambil foto! Selain tokoh nasional, ada juga presiden-presiden dari berbagai negara, karakter film, sampai tokoh-tokoh yang terkenal di dunia. Nggak perlu jauh-jauh ke museum di luar negeri deh, buat bisa foto-foto sama berbagai karakter patung lilin!

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA

 

Alamat: XT Square Gedung Umar Kayam Lantai Basement, Jalan Veteran No. 150.151, Umbulharjo, Yogyakarta
Jam operasional: 10.00-22.00

 

6. PAPERMOON PUPPET THEATRE

 

SPOT-SENI-YANG-WAJIB-KAMU-DATENGIN-DI-JOGJA

 

Di Jogja emang selalu ada yang unik-unik, salah satunya Papermoon Puppet Theatre! Pertunjukan di teater ini dimainkan dengan boneka tanpa suara. Tapi, biarpun nggak ada suaranya, penonton tetep bisa dibuat hanyut dalam ceritanya lho. Teater ini dibangun sama Maria Tri Sulistyani dan awalnya berupa komunitas kecil yang juga ngebangun perpustakaan buat anak-anak. Dulunya, anak-anak dateng ke komunitas Ria cuma buat baca buku, menulis, belajar, sama bikin boneka aja, tapi lama kelamaan kegiatan mereka jadi melebar sampe ke pertunjukan boneka! Pertunjukan ini awalnya ditujukan buat anak-anak, tapi seiring keinginan Ria dan suami buat bikin teater ini lebih serius, mereka ngubah konsep pertunjukan mereka jadi lebih dewasa dan ngangkat topik cerita yang cukup serius. Karakter puppet di Papermoon ini juga khas, wajah karakternya berbentuk kayak dataran bulan. Dekorasinya pun cukup rame dan menaik, nggak heran kalau pertunjukan ini jadi dikenal banyak orang dan populer banget!

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA

 

Alamat: Langensuryo KT II No 176, Yogyakarta

 

7. PENDHAPA ART SPACE

 

SPOT-SENI-YANG-WAJIB-KAMU-DATENGIN-DI-JOGJA

 

Pendhapa Art Space jadi salah satu galeri seni yang wajib kita datengin kalo dateng ke kota Gudeg karena dekorasinya yang Jogja banget! Buat yang pengen belajar budaya Jogja lewat karya seninya, coba deh mampir ke Pendhapa yang berlokasi di Sewon ini. Meskipun tempatnya cukup jauh dari jantung Kota Jogja dan perjalannya makan waktu sekitar satu jam, karya seni dan pemandangan yang ada di tempat ini bener-bener worth it! Selain bisa lihat pameran lukisan di area indoor­-nya, kita juga bisa duduk-duduk di area outdoor-nya yang dipenuhin sama pepohonan rindang. Yang lebih seru lagi, ada kafe lucu di outdoor-nya! Kafe bernama Pas Podjok ini cocok buat buat kita yang pengen ngobrol-ngobrol sama temen habis lihat pameran di dalem Pendhapa. Tips dari Gogirl!, dateng ke Pendhapa sore-sore aja biar bisa dapet vibes-nya yang chill!

 

SPOT-SENI-INSTAGRAMBLE-YANG-WAJIB-DIDATENGIN-KALO-LAGI-KE-JOGJA

 

Alamat: Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Jam operasional: 09.00-17.00

 

 

Written by Syadza Hutagalung (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar