JALAN-JALAN ANTI MAINSTREAM: EXPLORING PASAR DI JAKARTA YUK!

January 06, 2017

JALAN-JALAN-ANTI-MAINSTREAM-EXPLORING-PASAR-DI-JAKARTA-YUK 

 

Kalo denger kata "pasar", kita bakal langsung mikir tempat yang bau, becek, dan penuh sesak. Padahal, itu sih keadaan pasar zaman dulu. Sekarang, most of traditional market udah dibina sama pemerintah dan jadi jauh lebih baik. Saking baiknya, kita bisa dapetin berbagai keperluan kita di pasar! Nggak cuma belanja sayur mayur doang. Udah nggak ada deh bau ataupun becek, sekarang kita bisa nyaman, adem, dan betah deh di pasar. To keep it that way, let's take care of it together! Penasaran kan zaman sekarang pasar kayak gimana? Let's check it out!

 

1. PASAR MAYESTIK

 

WHAT-INSIDE-PASAR-THESE-DAYS

 

Pasar Mayestik terkenal sebagai gudangnya kain. Kalo mau wisuda atau acara nikahan, pasti banyak yang cari bahan kain di sini. Pasar Mayestik sendiri punya area yang gede banget. Terdiri dari berbagai toko-toko di luar gedung dan sebuah gedung besar di tengah. Toko-toko di luar gedung ini terdiri dari toko alat tulis, toko kosmetik, dan toko-toko kain tentunya. Kalo suka DIY atau minat buat bikin clothing line, wajib nih liat-liat ke "Toko Maju" di area luar gedung Pasar Mayestik. Mulai dari kancing-kancing, stud, patch, sampe perwarna tekstil semuanya lengkap dengan berbagai variasi. Harganya pun udah pasti terjangkau. 

Di gedungnya sendiri, ada pasar tradisional di lantai basement. Di lantai ini banyak kios penjual daging sapi, ayam, ikan dan sayur mayur. Di lantai semi basement didominasi oleh berbagai toko kue, toko kosmetik, toko perabotan, dan toko sepatu. Ngga cuma itu, toko olahraga, percetakan, sampe toko porselen juga ada lho. Nah selain terkenal dengan kainnya, Pasar Mayestik juga terkenal sama jajanannya yang enak-enak, banyak, dan murah. Jajanan ini ada di lantai ground atau lantai dasar. Jejeran food stall di area semi outdoor ngejual banyak banget jenis makanan dan minuman. Mulai dari jajanan zaman SD kayak kue ape dan kue cubit, makanan khas Indonesia kayak tahu bakso, pempek, tempe mendoan, sate padang, sampe makanan dari luar negeri kayak edamame, es potong Singapore, taiwanese fried chicken, dan samyang. Selain jejeran makanan, di lantai dasar juga dikhususin buat toko baju, sepatu, aksesori, sampe toko mainan anak-anak. 

Kalo kita naik ke lantai Mz dan lantai 1, banyak toko-toko baju muslim, batik, dan kain tradisional. Naik lagi ke lantai 2, kita bakal memasuki “Galeri Kain Nusantara”. Sesuai namanya, di lantai ini khusus buat kain-kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, di lantai ini juga banyak penjahit. Jadi abis kita nyari kain, bisa langsung jahit di sini deh! Hihi. Pasar Mayestik terletak di Jln. Tebah 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan buka tiap hari dari jam 07.00 – 17.00.

  

2. PASAR PRAMUKA

 

WHAT-INSIDE-PASAR-THESE-DAYS

 

Dari zaman dulu, pasar yang satu ini udah terkenal banget sebagai tempat buat beli alat-alat kesehatan. Buat yang kuliahnya ngambil jurusan di rumpun ilmu kesehatan, wajib banget nih buat "window shopping" di sini. Mulai dari perlengkapan kayak jas lab, stetoskop, masker, glove, alat tensi, sampe berbagai supporting equipment buat badan kayak knee pad, ankle support, dan tongkat kaki. Kalo dateng ke sini, rasanya kayak ngelihat "behind the scene" nya pembuatan obat-obatan atau krim-krim kecantikan karena kita bisa ngeliat berbagai pot, plastik obat, dan botol obat-obatan yang sering ada di dokter-dokter kecantikan. Alat-alat laboratorium kayak gelas-gelas kimia, termometer, sampe berbagai phantom juga ada! Harganya pun juga affordable pastinya. Bisa dibilang, saat ini Pasar Pramuka dan daerah sekitarnya emang udah jadi pusat alat-alat kesehatan. Pasar Pramuka terletak di Jln. Pramuka, Matraman, Jakarta Timur dan buka setiap hari dari jam 07.00-17.00. Pasar ini juga udah modern kok. Meskipun nggak ber AC, tapi Pasar Pramuka bersih dan para penjualnya pun tertib dan rapi.

 

3. PASAR SANTA

 

WHAT-INSIDE-PASAR-THESE-DAYS

 

Nah, kalo pasar yang satu ini adalah pasar yang sering disebut-sebut udah mirip kayak mall. Food stall dan toko-toko nya emang instagram-able semua! Meskipun area nya kecil, tapi design interior dari tiap toko emang patut diancungin jempol. Store concept nya pun unik-unik dengan produk yang super beragam. Food stall ini bisa kita liat di lantai 2. Menunya beragam banget. Ada chinese food, black hotdog, mexican food, bakery, bakmi, waffle, wraps, japanese food, nasi bali, es krim, italian food, pempek, dan masih banyak lagi! Di lantai basement, ada pasar tradisional seperti biasa. Di lantai dasarnya, ada toko kosmetik, penjahit, toko emas, toko jam tangan, dan juga toko baju. Banyak yang nggak tau loh kalo ternyata di lantai 3 Pasar Santa ada studio tari juga. Studio ini udah dilengkapin sama kaca dan speaker, ber AC juga tentunya. Untuk penyewaan studio ini, dikenain tarif 50,000/jam. Kalo mau booking, kita bisa ngehubungin pihak studionya di nomer +62 812 12741094. Pasar Santa terletak di Jln. Cipaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

  

4. PASAR ASEMKA

 

WHAT-INSIDE-PASAR-THESE-DAYS

 

Buat kita para cewek, wajib banget nih buat cobain berkunjung ke Pasar Asemka. Di sini gudangnya aksesori! Kita bisa dapetin banyak banget jenis aksesori rambut, gelang, kalung, bros, sampe perlengkapan buat nyimpen aksesori. Untuk aksesori rambut, bener-bener lengkap yang dijual di sini. Mulai dari headband, jepit, iket rambut, jeday, dan masih banyak lagi. Harganya pun bener-bener murah. Tapi, kalo di Pasar Asemka, kita ngga bisa beli cuman satu. Biasanya untuk aksesori rambut akan dipatok minimal beli setengah lusin alias 6 buah. Untuk headband, biasanya dipatok harga 30,000/setengah lusin which means 1 nya jadi cuman 5,000. Murah banget kan! Kalo ngerasa beli setengah lusin kebanyakan, kita bisa sharing nih sama temen. Contoh lainnya adalah anting yang setengah lusinnya dihargai 45,000. Sementara kalo kita beli di toko aksesori, bisa 30,000/pasang. Meskipun harus beli lebih dari 1, tapi tenang aja, kita bisa minta campur dengan warna atau motif lain. Beli 6 di Pasar Asemka, harganya pun bisa masih lebih murah dari beli 1 di lain tempat lho. Hihi

 

5. PASAR BARU

 

WHAT-INSIDE-PASAR-THESE-DAYS

 

Mau punya banyak fashion items keren dengan harga yang super murah? Wajib buat dateng ke Pasar Baru! Kita bisa nemuin banyak preloved items di Pasar Baru. Harganya bervariasi mulai dari 5,000 sampe ratusan ribu. Fashion items yang ada juga lengkap. Mulai dari jaket, tartan, dress, sampe winter coat juga ada! Eits jangan salah, meskipun judulnya "preloved" tapi kualitas barangnya masih oke banget! Penjualnya pun bakal bilang kalo memang keadaan produknya udah nggak sempurna. Bahkan banyak branded fashion items juga lho disini. Buat yang suka DIY ombre ataupun patched items, bisa nih cari jaket, shirt, atau jeans di sini. Kita bisa nemuin bagian preloved items di bagian dalam gedung Pasar Baru. Belanja di sini juga udah nyaman. Tempatnya bersih dan ber AC. Pasar Baru terletak di Jln. Pasar Baru, Jakarta Pusat.

 

 

 

Written by Fithrotul Hasiinah (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar