WISATA LAVA TOUR MERAPI YANG MENGUJI ADRENALINEMU!

April 20, 2017

 WISATA-LAVA-TOUR-MERAPI-YANG-MENGUJI-ADRENALINEMU!

 

Yogyakarta adalah kota dengan seribu wisata, banyak banget tempat yang bisa kita datangi dari mulai gedung-gedung bersejarah, tempat hang-out yang masih dapet banget feel kota Yogyanya, kuliner yang murah-murah, pasar-pasar tradisional yang nggak kalah kece dan bahkan mau wisata ke pantai atau gunung pun bisa. Talk about mountain, salah satu gunung terkenal yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Gunung Merapi. Gunung Merapi adalah salah satu gunung teraktif di Indonesia. Tetapi jangan khawatir buat kita yang ingin menikmati indahnya gunung ini tetep bisa kok, karena saat ini sudah ada yang namanya Wisata Jeep Lava Tour Merapi lho!!

 

 

Apa sih Wisata Jeep Lava Tour Merapi itu? Ingat kan bencana alam yang melanda Gunung Merapi pada tahun 2010? Yup betul banget, erupsi pada Gunung Merapi ini menyebabkan sisi selatan gunung tersebut menjadi lautan pasir luas karena sudah habis terkena lahar panas. Walaupun begitu warga sekitar nggak keabisan akal buat menjadikan keadaan tersebut jadi keuntungan tersendiri buat mereka, yaitu dengan diciptakannya wisata menyusuri lautan pasir bebatuan dan sisa-sisa erupsi Gunung Merapi menggunakan mobil jeep yang dikemas semenantang mungkin.

Buat yang minat mengikuti wisata, ini bisa datang sekitar pukul 07.00 atau 08.00 dengan waktu tempuh dari pusat kota Yogyakarta +/- sekitar 1 jam. Hal ini buat menghindari antrian yang pastinya bakal bejibun banget. Setelah sampe di tempat, kita akan langsung disuguhi oleh pemandangan mobil  Jeep yang berjejer rapi dan siap mengantarkan kalian buat bertualang.

Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pendaftaran, biasanya sih ada nomor antrian yang harus diambil terlebih dahulu, tapi kalo kita termasuk orang yang beruntung, saat mendaftar dan membayar, kita bisa langsung memilih jeep mana yang akan kita naiki. Nah ini yang menentukan seberapa menantangnya wisata kita nanti, karena skill driver yang berbeda, semakin expert driver-nya semakin dahsyat juga perjalanannya. Tenang aja driver di sini sudah terlatih kok, jadi nggak usah takut. Hal yang biasanya mereka lakuin adalah sengaja mencari trek yang emang ekstrim dan membutuhkan effort buat melewatinya, jadi wisatawan bisa merasakan off road kecil-kecilan yang memacu adrenalin mereka.

Untuk yang belum terbiasa, selain detak jantung yang akan berdetak lebih cepat, badan juga bakal terasa sedikit ngak enak karena banyak benturan-benturan saat di perjalanan, tapi nggak berbahaya kok, dan mungkin kita akan sedikit ngerasain mual. Oh iya, seberapa menantangnya lava tour ini kita bisa request kok sama driver-nya. Jadi buat yang datang sama ibu hamil atau bayi nggak perlu khawatir, karena di sana juga banyak alternatif jalan normal yang bisa dilewati. Berikut detail tempat yang bakal kalian lewati kalo kalian ikut wisata lava tour merapi ini:

 

1. MUSEUM SISA HARTAKU

 

WISATA-LAVA-TOUR-MERAPI-YANG-MENGUJI-ADRENALINEMU!

 

Bangunan museum ini terbentuk dari sisa bangunan rumah yang masih tersisa saat terkena erupsi. Sama seperti bangunannya, isi dari museum ini pun adalah barang-barang yang tersisa setelah terjadi fenomena alam tersebut. Ada kerangka motor, kompor gas, alat memasak nasi, pemanas air, radio, televisi dan masih banyak lagi sisa barang warga yang tentunya bentuknya udah nggak seperti semula dan penuh dengan abu hasil dari erupsi tersebut.

 

2. BATU ALIEN

 

WISATA-LAVA-TOUR-MERAPI-YANG-MENGUJI-ADRENALINEMU!

 

Batu besar yang disebut Batu Alien ini adalah batu besar yang ikut keluar dari Gunung Merapi saat erupsi tahun 2010. Di sini juga kita akan disuguhi pemandangan langsung Gunung Merapi yang sangat jelas. Pastikan kamera atau hp kita baterainya penuh ya untuk mengabadikan keindahan-keindahan alam yang ada.

 

3. BUNKER KALI ADEM

 

WISATA-LAVA-TOUR-MERAPI-YANG-MENGUJI-ADRENALINEMU!

 

Di sini selain pemandangan Gunung Merapi yang sangat dekat dari sebelumnya, kita akan menemukan bunker yang disebut Bunker Kaliadem, bunker ini dibuat untuk mengevakuasi warga sebagai antisipasi jika adanya erupsi mendadak, sehingga warga bisa berlindung di dalam bunker ini. Namun pada kenyataannya pada saat erupsi di tahun 2010, warga yang berlindung di dalam bunker ini tidak terselamatkan karena lahar tetap masuk ke dalam bunker tersebut, karena dahsyatnya bencana alam pada saat itu.

 

4. KALI KUNING

 

 WISATA-LAVA-TOUR-MERAPI-YANG-MENGUJI-ADRENALINEMU!

 

Kalo di sini kita akan merasakan off-road di air, menurutku sih wisata di sini yang paling menyenangkan, karena selain treknya yang lebih ekstrim dari trek lain, di sini juga kita bakal merasakan basah-basahan yang membuat wisata ini jadi benar-benar lengkap, dan biasanya driver yang bawa kita nggak akan berhenti beratraksi kalo wisatawannya belum basah. Hehehe. Jadi pastikan kalian bawa baju ganti ya.

 Wisata Lava Tour Merapi : Durasi +/- 3 Jam : Rp 600 ribu/Jeep (4 orang)

 

 

Written by Ghea Dwi Yulinda (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Dok. pribadi, Sleman Online, gendoltour - WordPress.com, Indoneo Travel, kukau - blogger, Info Wisata Jogjaku - blogger, shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar