MAKANAN DAN MINUMAN YANG JADI PENYEBAB GIGI KITA KUNING

April 21, 2017

MAKANAN-YANG-BIKIN-GIGI-KUNING

 

Rambut oke, baju oke, makeup oke. Udah cantik banget nih! Cuma.... kok gigi kita kuning ya? Malah mau ketemu orang banyak lagi, pasti pada ngeliatin gigi kita. Malu banget! Ada beberapa penyebab kenapa gigi kita bisa kuning. Kalo kita suka dan sering banget mengonsumsi bahan-bahan di bawah ini, bisa jadi hal ini yang buat gigi kita menguning.

 

 

PERMEN         

Pas kita masih kecil, pasti kita sering diingetin mama, jangan makan permen kebanyakan dan keseringan, soalnya nanti gigi kita bisa rusak, ini bukan tanpa alasan lho! Di dalam permen, ada kandungan zat pewarna yang berbahaya buat gigi. Nah, zat pewarna yang ada di permen ini bisa nempel di permukaan lidah dan gigi kita. Zat yang menempel sama gigi kita ini lama kelamaan akan menumpuk dan bakal ngerusak gigi kita. Nggak cuma bikin gigi rusak aja tapi juga bikin gigi kita jadi kuning.

 

ES KRIM

Es krim emang enak banget dimakan, karena selain manis pastinya nyegerin banget, apalagi kalo cuaca lagi panas-panasnya. Sebenernya es krim juga jadi salah satu penyebab gigi kuning. Ya nggak semua es krim sih sebenernya. Es krim yang bisa bikin gigi kita kuning itu yang ada sirop yang ada pewarna pekat di dalamnya. Nah, cara tau es krim itu ada pewarna pekatnya atau nggak, bisa diliat pas kita makan es krimnya. Kalo abis makan es krim trus bibir sama lidah kita jadi bewarna entah merah, biru, ungu dan lain-lain, itu adalah es krim yang punya kandungan pewarna di dalamnya. Kalo satu-dua kali kita konsumsi dan langsung sikat gigi mungkin nggak masalah. Tapi kalo hampir tiap minggu dan kita termasuk yang males negebrsihin gigi, bisa banget gigi kita jadi kuning dan nggak oke buat dipandang.

 

 

SAUS

Saus emang selalu jadi pelengkap yang pas banget buat lidah kita. Mau saus sambel, saus tomat sama soy sauce, semuanya punya efek penyedap buat lidah Indonesia kita yang butuh banget sama rasa gurih. Tapi sayangnya, di dalam saus ada zat yang bisa ninggalin noda di gigi kita. Sama kayak warna dan bentuknya, saus punya warna pekat dan tekstur yang kentel, saus-saus ini bisa ninggalin noda di gigi putih kita, dan bikin gigi kita kuning.

 

ACAR

Meski acar adalah makanan selingan dan pelengkap buat hidangan tertentu, di dalam acar ternyata terkandung zat asam yang tinggi. Zat asam ini nyebapin pori- pori permukaan gigi jadi terbuka. Karena pori-pori gigi kita terbuka, kandungan dalam acar masuk ke dalam pori-pori gigi. Hal inilah yang akhirnya bisa bikin gigi kita kuning, apa lagi kalo makan acar keseringan.

 

CUKA

Yang satu ini memang bukan makanan, tapi jadi salah satu pelengkap makanan sehari-hari. Cuka ini tinggi banget zat asamnya, dan bisa memicu kerusakan gigi yang berakhir dengan bikin gigi kita jadi kuning. Kalo mau makan sesuatu yang mengandung cuka, ada baiknya kita mengimbangi dengan daun selada yang bisa kasih lapisan pelindung pada gigi kita.

 

MAKANAN BERSANTAN

Godaan makanan paling besar di restoran khas indonesia itu adalah santan. Apalagi kalo kita makan ke restoranan masakan padang. Rata-rata, jenis makanan yang mengandung santan punya warna yang pekat dan tekstur yang kental. Nggak heran sih kalo abis makan santan, gigi kita jadi kuning, soalnya santen bakal nempel lama di gigi kita. 

 

BUAH BERI

Buah beri kayak strawberry, blueberry, raspberry, dan blackbery emang punya manfaat yang bagus buat kesehatan kita. Tapi meskipun sehat nih, buah-buahan ini juga bisa ninggalin noda pekat di permukaan gigi kita. Buat yang suka makan buah beri, jangan lupa buat sikat gigi sampe ke celah-celah gigi bagian belakang buat menghindari noda kungin pada gigi kita.

 

REMPAH-REMPAH

Rempah-rempah kayak kunyit, cabe atau rempah-rempah lainnya, emang jadi penyedap makanan alami yang enak banget. Kalo makanan nggak ditambahin rempah-rempah kayak gini, rasanya pasti ada yang kurang. Cuma, di dalam rempah- rempah ada zat yang gampang melekat sama gigi. Makanya selalu pastiin kita menyikat gigi sehabis makan makanan dengan kandungan rempah yang banyak ini.

 

SODA, COLA, TEH DAN KOPI

Soda dan cola emang jadi minuman enak dan nyegerin. Cuma keseringan minum cola sama soda juga nggak baik, soalnya bisa bikin gigi kita jadi kuning. Karena ketika kita minum soda dan cola, gigi kita jadi dingin dan bisa ngilu, ini yang akhirnya nyebapin pori- pori gigi bakal kebuka dan kandungan pewarna yang ada di soda sama cola bakal masuk ke pori-pori gigi kita. Akhirnya gigi kita bakal jadi kuning. Ini berlaku juga buat yang sering dan rutin minum teh dan kopi lho.

 

 

 

Written by Nathania Anabel
Photo Source:
pexels
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar