TIPS AGAR RAMBUT TETAP SEHAT MESKI TERTUTUP HIJAB

January 10, 2017

TIPS-AGAR-RAMBUT-TETAP-SEHAT-MESKI-TERTUTUPI-JILBAB

 

Meskipun rambut tertutupi oleh jilbab, urusan merawat rambut harus tetap berjalan, girls! Soalnya, kebanyakan rambut berhijab cenderung ngalamin kerontokan, gatal-gatal, dan ketombe, karena kondisi rambut yang lembab. Nah, perlu banget nih kita tau gimana sih cara biar rambut kita tetep sehat meski dalam keadaan tertutup. Let’s check it out!

 

KERAMAS SECARA TERATUR

Setelah melakukan panas-panasan dan melakukan berbagai aktivitas di luar, udah nggak bisa dipungkirin kalo kita pasti keringetan. Nah, karena rambut kita keringetan dalam posisi tertutup, secara otomatis lebih cenderung asam dan lembab. Kalo kita nggak keramas secara teratur, endapan keringat kita akan berubah menjadi ketombe lho, girls! Duh, nanti berujung jadi gatal-gatal deh. Emang sih nggak akan keliatan orang lain, tapi ini adalah mahkota kita. Jadi, nggak ada salahnya untuk cuci rambut secara teratur agar rambut tetap sehat.

 

PASTIKAN RAMBUT DALAM KEADAAN KERING

Pastikan untuk keringin rambut dulu sebelum menutupinya dengan jilbab. Soalnya kalo nggak kering secara rata, rambut kita gampang banget jadi lepek. Belum lagi kalo bercampur dengan keringet kita, wah pasti baunya udah bercampur antara bau lepek dan keringet nih. Nggak cuma baunya aja yang nggak enak, tapi bisa menimbulkan ketombe dan gatal-gatal juga. Jadi, lebih baik keringin rambut dulu sebelum memakai jilbab ya, girls!

 

SELALU SISIR DAN IKAT RAMBUT YANG RAPI

Okay, after drying our hair, jangan lupa sisir sampai rapi dan nggak ada yang kusut sebelum mengikat rambut kita. Biar pas kita mau buka iketan rambut kita, nggak ada rambut yang nyangkut dan berakhir rontok. Nah kalo rambutnya udah nggak kusut, iket rambutnya juga harus rapi dan jangan kekencengan. Soalnya, nanti kepala kita jadi gampang pusing lho! Nggak cuma itu, dengan nggak terlalu kencang mengikat rambut, kita jadi menghindari permasalahan rambut yang gampang patah dan bercabang.

 

PILIH JILBAB YANG MENYERAP KERINGAT

Kenapa harus pilih jilbab yang gampang menyerap keringat? Karena kalo nggak, keringet di rambut kita jadi mengendap di kulit kepala dan itu bisa jadi penyebab munculnya ketombe. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, lebih baik memakai jilbab yang menyerap keringat, kayak kaos atau katun. Oh ya, tips selanjutnya adalah hindari pake jilbab berwarna gelap ya terutama yang sering berkegiatan di bawah matahari. Soalnya, warna gelap lebih cepat menyerap cahaya dan panas matahari.

 

BERI RAMBUT ISTIRAHAT

Ketika waktunya melepas jilbab kita, lebih baik iket rambutnya juga kita lepasin agar rambut kita bisa bernafas. Apalagi udah seharian rambut kita diikat dan nggak bisa bernafas. Serius deh ketika melepaskan iketan rambut kita akan berasa lebih seger dan ngurangin kelembaban kulit kepala, serta terhindar dari kerontokan. Yeay!

 

KONSUMSI MAKANAN SEHAT

Percuma kalo kita keramas secara teratur, hindarin mengikat rambut terlalu kenceng, dan pake jilbab yang menyerap keringet, tapi nggak menjaga dari dalam. Oleh karena itu, apa yang kita makan juga harus diperhatikan nih. Kita harus makan makanan yang sehat dan jauhin diri dari makanan yang punya kandungan lemak yang tinggi. Pilih makanan yang kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, C, dan zat besi agar bisa memberikan nutrisi kepada rambut kita.

Nah, itu tadi tips merawat rambut kita agar tetap sehat meski udah seharian tertutup jilbab. Jadi, intinya kita tetep harus menjaga mahkota kita ya, girls! Jangan sampe skip tips di atas biar tetep terjaga kesehatannya!

 

 

Written by Jane Ratini Puspa
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar