7 HAL YANG HARUS KITA TAU DARI FENOMENA EQUINOX

March 20, 2017

7-HAL-YANG-HARUS-KITA-TAU-DARI-FENOMENA-EQUINOX

 

Setelah fenomena gerhana matahari yang terjadi di Indonesia pada tahun lalu, kali ini ada fenomena equinox yang lagi gempar-gemparnya di masyarakat luas. Ada yang bilang, fenomena equinox akan menyebabkan suhu udara di Indonesia naik drastis menjadi 40 derajat celcius. ITU HOAX GIRLS. sebelum kita percaya sama kabar-kabar burung lainnya, lebih baik kita baca dulu yuk 7 hal yang harus kita tau dari fenomena equinox ini.

 

 

PENJELASAN TENTANG FENOMENA EQUINOX

Fenomena equinox merupakan salah satu fenomena astronomi di mana matahari ada di lintasan garis khatulistiwa yang terjadi secara periodik dan berlangsung dua kali dalam setahun. Peristiwa langka ini juga ngebuat posisi terbit dan terbenamnya matahari bisa dilihat secara horizontal di seluruh dunia termasuk orang yang tinggal di wilayah subtropis bagian utara dan selatan.

Equinox berasal dari dua kata latin, aequus (sama) dan nox (malam) yang berarti saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama. Termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian Utara maupun Selatan. Tapi kenyataannya, bumi justru lebih lama mengalami waktu di siang hari saat equinox berlangsung.

 

FENOMENA EQUINOX TERJADI DUA KALI DALAM SETAHUN

Menurut prediksi astronom, tahun ini equinox selain terjadi pada bulan Maret yang jatuh di tanggal 20-21 juga akan terjadi pada 23 September 2017. Di awal tahun yaitu bulan Maret, Equinox terjadi karena matahari melintas tepat di garis khatulistiwa dari Selatan ke Utara. Sedangkan equinox yang terjadi pada akhir tahun yaitu September nanti justru sebaliknya, yaitu dari Utara ke Selatan. Fenomena ini akan melintasi beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, nggak seluruh wilayah yang akan terkena dampak dari peristiwa ini. Melainkan hanya beberapa provinsi saja. Kayak Ternate, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, dan akan berakhir di Pulau Telo Sumatera Utara.

 

SUMATERA BARAT, EQUINOX JADI IKON PARIWISATA

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) fenomena equinox akan melintasi tiga daerah di Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barat. Kepala Stasiun Koordinator BMKG Sumatera Barat Rahmat Triyono di Padang, bilang kalo matahari akan kontak dengan garis khatulistiwa pada hari ini (20/3) dari pukul 10.51 WIB dan mulai meninggalkan garis khatulistiwa pada besok hari (21/3) pukul 16.39 WIB.

Di Sumatera Barat sendiri, fenomena equinox ini justru malah dirayakan dan menjadi ikon pariwisata lho. Fenomena equinox disebut sebagai perayaan titik kulminasi tepat di garis khatulistiwa, dimana garisnya tersebut berada di Kabupaten Pasaman. Nah saat perayaan, Stasiun Geofisika Padang Panjang akan mengamati sinar matahari menggunakan alat camble stock. Dan biasanya perayaan ini dilakukan pada Maret. Tapi karena Maret dan April masih puncak musim hujan yang dipengaruhi suhu permukaan laut menghangat akibat equinox, jadi tahun ini akan dirayakannya pada September.

 

EQUINOX DI BELAHAN BUMI UTARA

Astronom di belahan Bumi Utara menggunakan equinox yang terjadi pada Maret sebagai patokan untuk dimulainya musim semi. Musim berakhir di titik balik matahari pada Juni, yaitu ketika musim panas akan dimulai. Berbeda dengan wilayah Bumi Utara, equinox yang terjadi di bagian Bumi Selatan pada bulan September justru malah menjadi penanda awal musim semi mereka.

Dan, equinox disebut-sebut menjadi momen yang pas buat ngeliat peristiwa Aurora Borealis di belahan Bumi Utara. Seperti dijelaskan NASA, aktivitas geomagnetik akan berlangsung dua kali lebih intens ketika musim semi dan gugur. Makanya cahaya Aurora akan terlihat jelas saat fenomena equinox terjadi.

 

EQUINOX NGGAK BERBAHAYA

Kalo kita pernah broadcast-an suhu udara di Indonesia akan mencapai 40 derajat celcius saat fenomena ini terjadi, that’s wrong. Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kupang Hasanuddin menegaskan kalo equinox nggak kayak fenomena heatwave di Afrika dan Timur Tengah yang bisa mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis dalam skala besar dan bertahan lama.

Data BMKG menyebutkan, suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 derajat celcius. Secara umum, di bulan Maret ini kondisi cuaca di Indonesia sendiri cenderung masih lembab atau basah. Karena beberapa wilayah di negara tercinta kita ini sedang memasuki periode transisi atau pancaroba. Tapi ada baiknya kalo kita tetap berantisipasi soal kondisi cuaca yang cukup panas nantinya dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan.

 

ANTISIPASI KENAIKAN SUHU

Meski suhu yang terjadi saat fenomena equinox dibilang masih cukup normal yaitu kisaran 32-36 derajat celcius, tapi kita tetep nggak boleh menyepelekan hal ini. Daripada terjadi hal yang nggak diinginkan seperti dehidrasi saat equinox terjadi, lebih baik antisipasi dengan mengurangi kegiatan outdoor yang terkena paparan sinar matahari langsung. Juga menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan banyak minum minimal 8 gelas sehari.

Tapi buat kita yang keseringan berada di outdoor dan mau nggak mau terkena sinar matahari saat terik-teriknya, better minum air putih lebih banyak dari yang disarankan. Selain banyak minum, asupan makanan seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin juga tetap perlu diseimbangkan ya girls.

 

RAWAT KELEMBAPAN TUBUH KITA

Kalo tadi antisipasi kenaikan suhu dari dalam, kita juga harus menjaga kesehatan tubuh luar kita untuk menghadapi fenomena equinox ini. Yaitu dengan memakai sunblock yang mengandung SPF agar kulit kita nggak “gersang” nantinya. Terus juga bisa pake aloe vera gel supaya memberikan sensasi dingin di kulit sehingga kita akan tetap nyaman sepanjang hari.  Terus rajin-rajin olesin bibir kita pake lip balm yang juga mengandung SPF supaya tetep lembab dan nggak kering, serta terlindungi dari sinar UVA UVB.

Facial spray dan body spray juga diperlukan tubuh untuk menghadapi equinox nih. Facial spray dipake supaya kulit wajah kita tetep lembab. Tinggal semprot sekali dua kali, kulit kita yang terasa kering akan kembali lembab dan segar deh. Sedangkan body spray dipake supaya badan kita tetap segar dan wangi. Dan jangan lupa, pake baju yang nyaman ya!

 

 

Written by Kartika Afriyani
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar