7 CARA AMPUH NGUSIR RASA KANTUK KITA TANPA HARUS TIDUR

February 17, 2017

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

Ngantuk waktu jam pelajaran di kelas emang paling nggak enak. Apalagi kalo lagi jam pelajaran guru Fisika yang super killer. Mau nguap aja pasti udah dipelototin dari depan kelas.  Kadang bingung juga pasti kalo rasa ngantuk udah dateng pas jam-jam abis istirahat, harus ngapain ya biar nggak ngantuk? Hmm.. nggak mau kan gara-gara keseringan ngantuk di kelas, kita jadi ketinggalan materi yang disampein atau ditegur sama Bu Guru? Baiknya kebiasaan kayak gini harus kita stop girls! So, here are 9 hacks buat ngilangin ngantuk di kelas tanpa harus tidur.

 

1. DO SOMETHING FOR BREAKFAST

 

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

Buat yang sering nge-skip sarapan sebelum berangkat sekolah, siap-siap bakalan nguap all day long deh. Kalo emang nggak sempet sarapan, minimal tubuh kita perlu asupan air putih di pagi hari yang bisa bantu buang racun dalam tubuh sampe mencerahkan kulit. Kita juga bisa coba sarapan pake orange juice atau perasan air lemon buat yang perutnya tahan sama asam dari kedua buah itu waktu perut masih dalam keadaan kosong.

Kalo kata dokter Yustina Anie Indriati, SpGK, porsi sarapan yang terlalu banyak maupun sedikit sama-sama bisa bikin kita cepet ngantuk. “Kalo nggak sarapan, gula darah turun dan oksigen di otak berkurang. Nah, kalau sarapan berlebihan, oksigen di otak juga berkurang dan akhirnya mengantuk juga,”tutur dokter Yustina Anie Indriati yang turut tergabung dalam Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI).

Terus gimana dong biar kita stay focused waktu belajar di sekolah? Let’s try to consume putih telur yang direbus. Menurut Dr. Denis Burdakov, peneliti dari Cambridge University, protein yang ada dalam putih telur lebih efektif ketimbang karbohidrat yang kita temuin pada cokelat, biskuit, atau permen yang mengandung cukup banyak gula. Putih telur rebus bisa bantu kita tetap stay focused walaupun siang-siang belajar Fisika bareng guru yang super killer.

 

2. NGEMIL

 

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

Coba kunyah permen rasa mint atau kopi biar ngantuk kita ilang. Karena dengan ngonsumsi permen, otomatis mulut, gigi, dan otot rahang kita pun bergerak. Asal pelan-pelan waktu ngunyah atau buka bungkusnya ya hehe. Kadang ada guru yang ngebolehin kita buat sekedar ngemilin permen, tapi kalo lagi pelajaran guru yang lumayan galak try another way ya guys! Nggak mau kan akhirnya malah diusir dan berdiri di luar kelas?

 

3. MINERAL WATER FOR LIFE

 

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

We all know kalo air putih megang peranan penting banget buat tubuh kita dan 80% tubuh kita pun terdiri dari air. That’s why dalam sehari kita nggak bisa terlepas dari yang namanya air putih. Dari hasil penelitian yang dilakukan The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) pimpinan Prof Dr Ir Hardiansyah MS tentang pengaruh air minum buat manusia, 49,5% remaja lebih rentang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi dibanding orang dewasa yang berjumlah 42,5%. Based on research juga nyebutin kalo kekurangan 2% air dalam tubuh bisa bikin fungsi otak kita terganggu, misalnya susah konsentrasi dan kemampuan berpikir. Sementara kekurangan air 4-6% bisa bikin tubuh kita sakit, mulai dari sakit kepala, letih, dan lemah. Karena pada dasarnya air bisa bawa oksigen ke dalam tubuh dan otak kita, waktu ngantuk pas jam pelajaran try to drink much water deh. Kita juga bisa mulai biasain bawa air minum dari rumah, selain saving cost kita juga bisa bawa jumlah air lebih biar nggak bolak-balik beli air mineral di kantin.

 

4. GET REFRESH

 

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

Abis makan siang terus kena angin sepoi-sepoi dari jendela atau AC rasanya pas banget timing buat tidur. Walaupun sounds too cliche, kalo siang-siang muka kena air pasti rasanya seger banget. Sampe kadang pasti ada guru yang pengertian kalo ada temen kita ngantuk bahkan sampe ketiduran di kelas pasti langsung disuruh cuci muka. Kalo nggak tahan banget sama rasa ngantuk di siang bolong pas jam pelajaran, izin ke toilet trus cuci muka deh. Pastiin kita pun ngebasuh mukanya sambil mijit lembut bagian wajah kita terutama di daerah sekitar mata dan kening biar peredaran darah lancar lagi.

 

5. STRETCHING

 

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

Kalo cuci muka masih nggak mempan, kita bisa pake cara satu ini. Kadang kita suka nggak sadar kalo ngikutin jam pelajaran dari pagi sampe siang bisa bikin kita lelah dan akhirnya ngantuk juga lho girls! Apalagi merhatiin guru yang ngajarnya mewajibkan kita buat non-stop dengerin materi yang disampein, aduh!! Menurut penelitian, kalo kita biarin tubuh kita diam aja dalam satu posisi yang terlalu lama bisa bikin sirkulasi darah nggak berjalan lancar juga oksigen ke otak. Let’s move our body, entah itu stretching dengan gerakin kedua pundak dan leher kita. Lakuin setiap 15 menit sekali dan pastiin juga posisi duduk kita dalam keadaan baik dan benar. Jangan terbiasa bungkuk waktu duduk di bangku kelas pas jam pelajaran, selain bikin sakit punggung kita pun bakal lebih gampang ngantuk.

 

6. FORCE OUR BRAIN

 

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

Kalo ngantuk dateng dan kita biarin sampe bikin kita ketiduran di kelas, itu tandanya kita harus do something yang bikin kita nggak kebayakan bengong. Zaman dulu kita pasti sering banget bikin games bareng temen sebangku, mulai dari game TTS, sudoku, XOX, ABCD 5 dasar, sampe bikin paper chat yang dioper dari temen ke temen. Try to doodling deh daripada ngantuk sampe ketiduran di kelas.  Selain bisa jadi hacks biar nggak ngantuk lagi, kita juga bisa ngasah kreativitas dengan bikin gambar-gambar lucu yang bisa kita post kemudian di Instagram.

 

7. BOOST UP BY PARFUME

 

9-CARA-AMPUH-USIR-NGANTUK-TANPA-HARUS-TIDUR

 

Semua cara udah dilakuin buat ngusir ngantuk pas siang bolong. Selain ngantuk pasti keringet juga mulai nempel di badan. Sebenernya, kita bisa nyemprotin parfum ke bagian-bagian tubuh kita kayak pergelangan tangan, belakang leher dan telinga, lekukan siku, juga di kerah seragam. Kalo ada uang jajan lebih sekali-kali kita bisa beli body mist yang tahan lama nempel di kulit kita. Pilih fragrance yang diolah dari buah-buahan. Jangan sampe salah beli ya! Kalo yang dibeli justru lavender fragrance bisa tidur pules nanti di dalem kelas hehehe.

 

                                                                                                                                                                           

Written by Faradina Amanda
Photo Source:
Berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar