MUST WATCH MOVIES TO CELEBRATES KARTINI DAY

April 21, 2017

MUST-WATCH-MOVIES-TO-CELEBRATES-KARTINI-DAY

 

Menjelang hari Kartini yang diadain setiap tanggal 21 April, banyak orang terutama wanita yang mempersiapkan diri buat memperingati perjuangan emansipaasi wanita oleh Kartini. Banyak hal yang bisa dilakuin untuk memperingati hari Kartini, misalnya dengan merenungkan jasa Kartini, menempuh pendidikan dengan penuh semangat, atau menjadi cewek yang mandiri dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang udah dilakukan oleh Kartini. Sebagai remaja cewek yang udah bisa merasakan kebebasan, kita perlu turut memperingati jasa Kartini dengan merayakannya.

 

 

Tapi, merayakan hari Kartini itu nggak cukup dengan hanya mengenakan kebaya dan menyayikan lagu ‘Ibu Kita Kartini’ aja, lho. Untuk bisa bener-bener menghargai hari Kartini, kita perlu tahu apa makna di balik hari Kartini dan perjuangan seperti apa yang udah Kartini lakuin buat kita. Di bawah ini ada rekomendasi beberapa film tentang girls dan women power yang bisa bikin pikiran kita jadi lebih terbuka tentang pentingnya perjuangan Kartini yang udah bikin kita jadi punya banyak kesempatan besar untuk menjadi cewek independen seperti sekarang ini. Check it out!

 

1. MONA LISA SMILE (2003)

Katherine Ann Watson (Julia Robert) adalah seorang pengajar di Wellesley College, sebuah perguruan tinggi konservatif khusus wanita di mana  sebagian besar mahasiswanya masih terikat sama pandangan kuno tentang kedudukan wanita sebagai istri dan ibu dari anak-anak. Katherine punya semangat yang kuat buat making a difference dan berusaha ngeyakinin murid-muridnya kalo cewek juga punya kesempatan untuk ngeraih hal-hal yang lebih dari sekedar menikah dengan pria mapan. Berlatarkan kehidupan di tahun 1953, film ini mau ngajarin kita kalo wanita bukan cuma mahkluk lemah yang harus nerima perintah dari orang tua atau suami begitu aja. Ada banyak hal yang bisa dilakuin buat ngubah nasib cewek yang gitu-gitu aja. Bisa dibilang, sebagian inti cerita dari film ini mirip sama perjuangan Kartini yang berusaha supaya perempuan Indonesia bisa menempuh pendidikan dan punya kedudukan yang sama dengan laki-laki.

 

 

 

2. MERRY RIANA : MIMPI SEJUTA DOLAR (2014)

Sebagai salah satu motivator Indonesia, Merry Riana punya kisah hidup menarik yang ia bagikan lewat buku dan cerita-ceritanya. Karena dianggap menginspirasi, kisah hidupnya pun dijadiin film yang diperankan sama Chelsea Islan dan Dyon Wiyoko pada tahun 2014. Dalam film ini, diceritain gimana Merry berjuang buat bangkit dari keterpurukan waktu kondisi di Indonesia sedang nggak aman pada masa Orde Baru.

Merry Riana udah nunjukkin kalo wanita itu nggak selemah dan sebodoh yang orang-orang kira. Dengan keterbatasan yang dia punya, dia tetep bisa menempuh pendidikan dan berjuang mati-matian buat bertahan hidup. Perjuangan dia pun nggak sia-sia, karena sekarang dia udah bisa nikmatin hasil yang dia peroleh dengan perasaan puas. Kisah hidup Merry Riana yang diceritain dalam film ini membuktikan kalo apa yang dulu pernah diperjuangkan sama Kartini udah membawa hasil buat generasi sekarang. Saat ini, muncul cwek-cewek hebat yang kuat dan bisa menginspirasi berkat usaha Kartini buat bangkitin perempuan Indonesia dari ketidakbebasan.

 

 

 

3. CLUELESS (1995)

Clueless menceritakan tentang Cherilyn Horowitz yang diperankan oleh Alicia Silverstone. Cher adalah gadis yang kaya, populer, dan juga manja. Seumur hidupnya, dia cuma mementingan shopping, make up, dan trend-trend lain yang menurutnya bisa bikin dia terkenal di kalangan teman-temannya. Tapi kemudian beberapa kejadian nyadarin dia kalo kebahagiaan nggak bisa dia raih cuma dengan jadi populer. Dalam perjalannya mencari kebahagiaan, dia tersadar kalo ada hal lain yang lebih penting dari sekedari shopping dan ngejar-ngejar cowok.

Kayak film tentang perempuan pada umumnya, lagi-lagi film ini mau nyadarin kita kalo kehidupan cewek itu nggak harus melulu soal cowok. Cewek juga bisa independen dan nggak perlu terus-terusan bergantung sama cowok. Sama kayak tujuan dari perjuangan Kartini, film ini mau  ngajarin kita kalo kebahagiaan itu bukan kita temuin dalam diri cowok, tapi dengan ngelakuin kebaikan dan melihat orang nggak cuma dari penampilan fisiknya aja.

 

 

 

4. HUNGER GAMES (2012)

Meski film Hunger Games keliatannya punya genre dan alur yang beda sama rekomendasi film lainnya di atas, film ini tetep cocok buat dijadikan bahan tontonan untuk menyambut hari Kartini. Dalam Hunger Games, Katniss Everdeen yang diperankan oleh Jennifer Lawrence adalah cewek yang kuat, bukan cuma secara fisik tapi juga secara mental. Di satu sisi dia punya banyak kelemahan, seperti sifat sentimentalnya yang sedikit mendominasi. Tapi di sisi lain dia juga punya keberanian buat ngelawan rasa takutnya dan menghadapi rintangan apa pun demi melindungi orang-orang yang dia sayangi. Sifat tangguh seperti ini adalah sifat yang patut buat dicontoh sama kita sebagai remaja cewek yang kadang harus berhadapan sama masalah yang menguras energi fisik dan mental kita. Karakter Katniss mengingatkan kita kalo Kartini pun dulu nggak cuma berjuang secara fisik buat membebaskan perempuan, tapi juga harus mengorbankan perasaannya demi kepentingan bersama.

 

 

 

5. KARTINI (2017)

Of course, apa artinya Hari Kartini tanpa film yang menceritakan kehidupan seorang Kartini. Dalam rangka menyambut hari Kartini, tahun ini sebuah film biografi berjudul Kartini akan segera tayang di bioskop mulai tanggal 19 April. Film ini adalah film yang nyeritain tentang perjuangan Kartini dari angle yang berbeda. Kisah Kartini dalam film ini diceritain dengan penuh drama dan kesedihan, terutama drama tentang keluarga. Dalam film ini, akan ada banyak hal baru yang bisa kita pelajari tentang sosok Kartini. Dengan belajar soal Kartini, kita jadi bisa lebih menghargai Kartini dan ngerti kalo sekarang ini kita beruntung banget bisa jadi perempuan yang punya kebebasan.

 

 

 

Written by Hilel Hodawya (Gogirl! Apprentice)
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar