ADA NAMA INDONESIA DI BALIK PENGERJAAN FILM ‘WONDER WOMAN’

June 19, 2017

 NAMA-SAMUEL-SIMANJUNTAK-TERCATAT-DI-FILM-‘WONDER-WOMAN’

source pict: www.bleedingcool.com

 

Sebenernya, ada banyak lho orang Indonesia yang diem-diem udah bikin harum nama negara kita di Hollywood. Tapi keberadaan mereka emang masih jarang tercium oleh media-media di Tanah Air. Contohnya ada Rini Sugianto, Griselda Sastrawinata dan Christiawan Lie. Dan baru-baru ini, ada lagi satu nama anak bangsa yang juga ikut andil dalam film-film Box Office Hollywood yaitu Samuel Simanjuntak. Udah nonton ‘Wonder Woman’? Atau ‘Suicide Squad’? Kalo misalnya iya, berarti kita udah jadi saksi dari karya Samuel Simanjuntak yang berhasil ikut andil dalam film box office Hollywood itu!

 

 

Setelah ada Rini Sugianto yang terkenal karena keterlibatannya dalam film Hollywood ‘The Adventures of Tintin’ dan ‘The Hobbit’, lalu ada Griselda Sastrawinata yang merupakan animator film ‘Kungfu Panda’ dan ‘Monster Aliens Inc’, hingga Christiawan Lie yang juga ikut andil dalam film ‘Transformer 3’ dan ‘Star Wars’, sekarang tambah lagi satu orang Indonesia yang diam-diam rajin bolak-balik jadi orang balik layar film box office Hollywood, Samuel Simanjuntak.

 

NAMA-SAMUEL-SIMANJUNTAK-TERCATAT-DI-FILM-‘WONDER-WOMAN’

source pict: Screen Rant

 

Nama Samuel Simanjuntak baru-baru ini kembali booming berkat film ‘Wonder Woman’ film arahan Patty Jenkins yang tayang awal Juni kemaren. Soalnya, Samuel jadi satu-satunya orang Asia yang terlibat dalam penggarapan film ‘Wonder Woman’. Dalam film yang berhasil meraup keuntungan $435,2 juta atau sekitar Rp 5,8 triliun dalam waktu 2 minggu, Samuel bekerja sebagai environtment technical director-nya. Hal itu baru aja diketahui pas situs IMDB yang mengupdate profile crew film ‘Wonder Woman’ dan mencantumkan nama Samuel.

Di awal karirnya, Samuel bekerja di Side Street Project yang merupakan perusahaan efek visual yang berbasis di Vancouver, Kanada pada tahun 2013. Samuel pernah ngejabat sebagai FX Artist di TV Series ‘Spooksville’ yang tayang pada tahun 2013-2014. Saat itu, karya-karya Samuel masih sebatas TV Series dan TV Movie. Dan TV Movie yang pernah menjadi project-nya ‘Signed Sealed Delivered’ dan ‘The Christmas Ornament’ sebagai digital compositor. Terus TV Movie lainnya yaitu ‘Window Wonderland’ namun dengan jabatan baru yaitu junior compositor.

Nggak lama di Side Street Project, setelah menyelesaikan tugasnya sebagai FX Artist di TV series ‘Spooksville’ Samuel kemudian hijrah ke kantor barunya yaitu MPC. MPC sendiri adalah perusahaan bertaraf internasional yang bergerak di bidang efek visual untuk gambar bergerak mulai dari iklan hingga film. Jabatan awal yang ia pegang di sana adalah sebagai FX Technical Director dengan job pertamanya yaitu ‘X-Men: Days of Future Past’ ditahun 2014.

 

NAMA-SAMUEL-SIMANJUNTAK-TERCATAT-DI-FILM-‘WONDER-WOMAN’

source pict: The Fire Wire, IMP Awards, Kaskus

 

Kemudian di tahun-tahun berikutnya, Samuel udah ngejabat sebagai Environment Technical Director. Dan film-film yang ia garap pun merupakan film box office Hollywood. Di tahun 2015, ia memegang tiga film box office Hollywood. Ada ‘Cinderella’, ‘The Martian’ dan ‘Pan’. Terus di tahun 2016 ia juga dipercaya kembali memegang tiga film Hollywood. Ada ‘The Legend of Tarzan’, ‘X-Men: Apocalypse’ dan film box office lainnya yaitu ‘Suicide Squad’ yang berhasil mencapai keuntungan sebesar $745 juta atau hampir setara dengan Rp 10 triliun.

Samuel Simanjuntak pernah menimba ilmu di Bina Nusantara (Binus) dengan jurusan Ilmu Komputer. Selama mengambil S1 di sana, Samuel sempet jadi instructor basic modelling and animation di Binus Center. Dia juga pernah jadi freelance untuk 3D animation and web design. Lulus dari Binus di tahun 2011, Samuel kemudian ngelanjutin studinya ke Vancouver Institute of Media Arts (VanArts) jurusan Visual Effects for Film and TV.

 

 

Written by Kartika Afriyani
Photo Source:
www.bleedingcool.com, Screen Rant, The Fire Wire, IMP Awards, Kaskus
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar