PENELUSURAN SUARA DI GOOGLE BISA PAKE BAHASA JAWA DAN SUNDA!

September 13, 2017

PENELUSURAN-SUARA-DI-GOOGLE-SEKARANG-BISA-PAKE-BAHASA-JAWA-DAN-SUNDA!

 

Perkembangan teknologi dan internet yang terus berkembang, otomatis ngebuat penggunanya juga semakin meningkat. It’s like we can find everything through the internet, right?  Tapi pernah kepikiran nggak sih bahasa daerah bisa masuk ke dalam voice input-nya Google? Nah, satu perusahaan teknologi terbesar di dunia ini tentunya juga berusaha yang terbaik buat ngemanjain kita para user-nya. And now, Google Indonesia resmi ngeluncurin teknologi voice input dalam bahasa Jawa dan Sunda. How cool, isn’t it?

 

 

Hal ini patut dibanggain lho, karena kedua bahasa itu bisa masuk di Google  karena bantuan dari beberapa universitas lokal, kayak Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Kedua bahasa itu bisa kita pake di Google App, Google Translate, dan juga aplikasi keyboard pintar Gboard di Android. Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google, Daan van Esch bilang kalo hambatan bahasa itu perlu diatasi, so here they are. Hal ini didukung dengan pesatnya pengguna internet di Indonesia. Bahkan berdasarkan riset We Are Social 2017, pengguna internet di Indonesia tumbuh 51 persen dalam kurun waktu setahun. Wow!

“Kami terus berusaha untuk meluncurkan berbagai produk dan fitur yang akan memudahkan penutur bahasa-bahasa di Indonesia dan memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia untuk bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan, kapan saja, di mana saja,” jelas Daan van Esch.

Penelusuran suara juga dibuat sebagai solusi buat kita yang terlalu males buat ngetik apa yang ingin kita cari, atau nganggep kalo hal itu sangat menyita waktu. Don’t forget to settings the language first. Ditambah, sekarang nggak usah ragu lagi buat ngomong pake bahasa Jawa atau Sunda di Google, hihi..  

Fyi, penelusuran dalam bahasa Jawa itu jadi salah satu keyword yang terpopuler di Google, kayak ‘Lagu Dolanan Anak’ atau 'Bal – Balan Dino Iki’ di Pulau Jawa. Hmm... interesting right? Kira – kira abis bahasa Jawa dan Sunda, bakal apa lagi ya yang keluar? Bahasa Batak, Manado, Palembang, mungkin? Hihi... We’ll see!

 

 

Written by Nathania Clairine
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar