NENEK PELARI USIA 70 TAHUN EKSIS MARATON DI 7 BENUA

March 20, 2017

RUNNER-CEWEK-USIA-70-TAHUN-EKSIS-DI-7-BENUA

 

Buat yang suka ikutin lari maraton atau acara yang sekarang ini lagi banyak diminati kayak free run gitu emang udah nggak asing lagi buat kita. Tapi kita pasti nggak nyangka deh kalo acara yang suka diikutin oleh runners dari kalangan anak muda itu ternyata masih bisa juga diikutin sama wanita yang usianya udah menginjak 70 tahun. Lari maraton di 7 benua dalam 7 hari aja udah nggak biasa didengernya, apalagi pelarinya itu udah berusia 70 tahun. Bisa dibilang ini luar biasa. Nenek kuat ini bernama Chau Smith, yang mutusin melakukan maraton di 7 negara untuk merayakan ulang tahunnya ke-70.

 

 

Smith adalah wanita kelahiran Vietnam pada saat perang Indochina pertama, yakni tahun 1947. Selama perang tersebut, ia pernah terkena pecahan peluru meriam. Hingga saat ini, pecahan tersebut masih ada yang bersarang di tangan dan kaki kanannya. Ia mengaku terkadang badannya masih terasa sakit saat berlari. Selama perang itu pula lah ia memutuskan untuk pindah ke AS bersama suaminya. Namun ia kemudian bercerai dan menikah dengan Michael Smith pada 1982. Suaminya yang seorang pelari, mengenalkan Smith dengan dunia lari. Ia pun menjalani lari pertamanya pada 1995 di usia 48 tahun, pada acara lari maraton Kansas. Keduanya lalu menjalani banyak maraton dan berencana mengikuti event lari setelah mereka pensiun. Pada 2014, mereka berlari di 7 benua, meski dengan tempo yang lebih santai. Lalu ia ditawari Hibbs untuk menyelesaikan tantangan Triple 7 Quest tersebut.

Chau Smith adalah wanita asal Missouri. Ia adalah anggota grup perjalanan bernama Marathon Adventures. Sebelumnya, ia sudah pernah mengikuti sekitar 70 kompetisi. Smith memutuskan untuk menjalani tantangan yang ia sebut Triple 7 Quest untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Chau Smith sendiri nggak pernah nggebayangin kalo ia akan menjadi seorang pelari. Apalagi memprediksi dirinya akan memecahkan rekor sebagai wanita tertua yang menyelesaikan Triple 7 Quest. Tapi nyatanya ia yang tahun ini tepat berusia 70 tahun mampu menyelesaikan rekor lari 7 maraton di 7 benua dalam 7 hari.

Buat maraton ini, Chau Smith berlatih selama 8 bulan. Di 4 bulan terakhir, Smith berlari jarak panjang dan setiap Minggu ia lari dari 15 mil sampe 130 mil. Selain persiapan bersama pelatih lari, ia juga dibantu oleh terapis fisik dan ahli nutrisi. Secara normal, ia dapat berlari sejauh 26,2 mil atau 42 kilometer dalam 5 jam. Dari 25-31 Januari, Smith melakukan maraton di Perth (Australia), Singapura, Kairo (Mesir), Garden City New York (Amerika Serikat), Punta Arenas (Chile), dan King George Island (Antartika). Setiap harinya, ia bangun dan berlari sejauh 26,2 mil, atau sekitar 42 kilometer. Setelahnya ia terbang dengan pesawat ke tujuan selanjutnya dan melakukan rutinitas tadi.

 

RUNNER-CEWEK-USIA-70-TAHUN-EKSIS-DI-7-BENUA

 

Menurut Steve Hibb, pemilik Marathon Adventures yang menjadi penyelenggara acara ini, Steve nggak merencanakan buat mempublikasikan hal ini sebelum acara ini selesai, karena ia khawatir kalo Smith nggak bisa menyelesaikan kompetisi ini. Grandma Smith sendiri ditemenin 9 orang lain selama berlari di 7 maraton tersebut. Ia juga cerita kalo  pekerjaan yang ia lakukan selama 10 jam setiap harinya terkadang bikin ia tertekan, tapi entah kenapa ia selalu merasa lebih baik pada saat berlari. Dilansir dari Huffington Post, Grandma Smith bilang kalo ia berlari untuk mewakili para wanita, dan melawan laki-laki mana pun yang berpikir mereka bisa melakukan apa saja terhadap wanita tanpa persetujuan dan seizin dari wanita tersebut. Smith berharap semoga kata-katanya ini bisa dijadikan inspirasi terutama bagi para wanita.

Yang nggak kalh impressing-nya, Smith mengaku tertarik untuk mengikuti Triple 8 Quest. Tantangan kali ini adalah maraton di 8 benua, termasuk benua mikro Zealandia, di tahun depan selama 8 hari. Wah, salut banget buat Grandma Chau Smith deh! Semoga ini bisa jadi contoh buat kita anak muda yang suka mager olahraga biar lebih semangat lagi ya olahraganya, malu deh sama Grandma Chau Smith kalo kita masih mager olahraga karena alesan sibuk sekolah, sibuk kuliah, atau sibuk kerja hehe.

 

 

Written by Dahlia Puspitasari
Photo Source:
www.huffingtonpost.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar