SEKARANG BISA DAFTAR BIKIN PASPOR LEWAT WHATSAPP

August 11, 2017

SEKARANG-BISA-BIKIN-PASPOR-LEWAT-WHATSAPP

 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang makin canggih, semua bisa didapetin dengan gampang. Coba deh sebutin apa aja yang nggak bisa lewat “smartphone”? Kalo lagi males keluar rumah mesen makanan bisa lewat aplikasi, kalo lagi males bawa kendaraan pribadi atau naik kendaraan umum bisa juga naik kendaraan berbasis online, mau nyalon di rumah bisa juga manggil mbak-mbak salon. Stok shampoo abis? Pesen aja lewat aplikasi online itu. Haduh, pokoknya semua jadi serba instant deh! Ibaratnya nih girls, semuanya cuma dalem genggaman kita. Mau ini itu tinggal mencet-mencet ajah!

 

 

Btw, kamu pernah nggak sih ngalamin antre yang super panjang pas mau bikin surat-surat berharga misalnya kayak KTP, Paspor, SIM atau surat-surat penting lainnya? Harus antre berjam-jam tapi kadang di php-in juga hiks.. Atau ada dokumen yang kurang lah segala macem. Makanya, kadang ngurusin surat-surat penting kayak gitu emang butuh waktu yang lama ya girls. Walaupun dengan prosedur dan proses yang bisa dibilang nggak instan, tetep harus bikin lho ya, itu kan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia yang baik. Nah, berhubung semuanya udah dipermudah sama kecanggihan teknologi, tentunya institusi di Indonesia juga nggak mau kalah dong! Setelah sebelumnya udah ada aplikasi Antrian Paspor pas bulan Mei yang lalu, Senin 7 Agustus kemarin, Direktorat Jendral Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM udah ngeluncurin inovasi lagi nih yaitu  Layanan Antrian Paspor via Whatsapp!

Kayak yang dilansir dari kompas.com dan Tempo, Layanan ini serentak diberlakukan di 26 kantor imigrasi di wilayah Indonesia yang punya pemohon paspor sebanyak 150-250 per hari, di antaranya kayak Jabodetabek, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Caranya kayak gimana ya?

Pemohon paspor bisa langsung ngedaftarin dirinya dengan cara kirim pesan ke nomor WA imigrasi diawali tanda pagar #. FYI, tiap daerah nomornya beda-beda ya. Kamu tinggal cari aja nomor kantor Imigrasi di daerah tempat kamu tinggal. Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat nerapin antrean via Whatsapp ini udah mulai Juli. Kalo kita tinggal di Jakarta Pusat, kita bisa daftar lewat nomor 0812 9900 4406 pake format #Nama #Tanggal Lahir #Tanggal Kedatangan.  Contohnya #GoGirl #08081995 #10082017. Kalo kamu udah ngirim format itu, nanti bakal dibales sama Imigrasi berupa konfirmasi nomor Whatsapp pemesan, nama, tanggal lahir, dan tanggal layanan. Kalo udah yakin sama datanya, bales pesan itu dengan ngirim kode persetujuan 00002681.  Nanti bakal ada pesan lagi yaitu nama, kode booking antrean, sekaligus jadwal untuk dateng ke kantor Imigrasi.

Wajib banget nih buat pemohon paspor dateng  30 menit sebelum jadwal yang udah ditentuin. Jangan sampe telat ya! Kalo kamu telat, kode booking ini secara otomatis jadi hangus dan harus daftar ulang lagi. Oh iya, cek lagi ya kelengkapan dan keaslian dokumen kamu, kalo dokumennya nggak lengkap bakal dibalikin lagi atau ditolak. Layanan Antrian Paspor via Whatsapp ini nggak bisa buat paspor rusak atau hilang, jadi khusus yang mau bikin baru atau perpanjang aja. Selain mempermudah orang untuk bikin paspor lewat teknologi, salah satunya juga untuk ngurangin adanya penyalahgunaan sistem oleh oknum tertentu kayak calo gitu soalnya kebanyakan orang pengen jalur yang cepet dan instan tanpa harus antre di kantor imigrasi, makanya kadang orang-orang milih lewat jalur calo atau joki untuk mempercayai urusan paspor . Dengan adanya inovasi bikin paspor lewat Whatsapp ini semoga makin mempermudah kita kalo mau ngebuat paspor tanpa harus lama-lama nunggu di kantor imigrasinya ya! Berniat mau bikin paspor lewat Whatsapp juga nggak girls?

 

 

Written by Bunga Dwi Puspitasari
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar