SEKARANG KITA BISA MAIN GAMELAN DARI IPAD LHO

December 28, 2016

SEKARANG-KITA-BISA-MAIN-GAMELAN-DARI-IPAD-LHO

 

Budaya Indonesia emang kaya banget, mulai dari makanan tradisional, pakaian, tarian sampe alat musik. Sayangnya banyak generasi muda yang kurang care sama budaya sendiri dan lebih tertarik sama budaya luar. That’s why we shoud have solution gimana caranya supaya generasi muda bisa tau, bangga, dan ngelestariin budaya Indonesia. One of the real step is create a creative innovation yang bikin anak muda tertarik buat belajar budaya Indonesia.

 

Nah, langkah ini dilakuin sama mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro, Tyas Catur Pamudi dengan bikin aplikasi e-gamelanku. Munculnya ide untuk bikin aplikasi ini karena khawatir budaya gamelan di era globalisasi ini hilang, makanya Catur dan kawan-kawan cari cara buat ngelestariin warisan nenek moyang itu dengan cara yang modern dan juga menyenangkan. Tujuan Catur dan timnya bikin aplikasi ini pengen ningkatin sikap afektif anak muda supaya bisa mengenal gamelan yang merupakan budaya asli Jawa. Pengembangan gamelan elektronik ini penting karena sekarang gamelan udah jarang ditemuin, terus harganya relatif mahal, dan nggak semua orang punya. Aplikasi alat musik tradisonal gamelan itu bisa dimainin dari tablet PC dan juga iPad lho.

Sebenernya awal nama E-gamelanku ini bukan berarti elektronik gamelan, tapi ini adalah ekspresi kebahagiaan seseorang pas nemuin Gamelan Jawa warisan luhur dari nenek moyang yang udah lama ilang. Koordinator penelitian Udinus, Tyas Catur Pramudi bilang, gamelan elektronik ini diciptain secara berkala. Buat ngehasilin suara gamelan yang bagus, timnya pertaman kali ngelakuin proses perekaman gamelan pusaka dari keraton Surakarta dan Yogyakarta. Dua keraton itu dinilai sebagai simpul pelestarian gamelan yang masih ada sampe sekarang. E-gamelanku yang diciptain sama mahasiswa Udinus ini merupakan Hasil Keluaran Penelitian Hibah Stategi Nasional yang didanai sama DIKTI tahun tahun 2009-2010. Kesenian musik tradisional Jawa yang dijadiin software ini juga pernah dapet hibah seni dan dipentasin di CYCU Taiwan bulan Juni 2010 dan di Singapura bulan Juli 2010.

 

SEKARANG-KITA-BISA-MAIN-GAMELAN-DARI-IPAD-LHO

 

Inovasi e-gamelanku dapet apresiasi dari Kementerian Riset,Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) karena dinilai ikut membantu melestarikan warisan budaya dengan ngembangin hasil riset dan teknologi. Udinus juga diapresiasi sebagai salah satu perguruan tinggi yang ikut ngelestariin warisan budaya. Apresiasi itu diserahin langsung sama Menristekdikti M.Nasir belum lama ini di Jakarta. Beliau bangga atas perkembangan gamelan elektronik. Menurutnya, e-gamelanku adalah wujud nyata menjaga budaya. Nasir juga berharap perguruan tinggi lainnya bisa ngembangin inovasi serupa dalam bidang kesenian, untuk melestarikan budaya nusantara ke dalam satu inovasi teknologi.

Waah keren banget yaa hasil karyanya anak bangsa untuk ngelestariin budaya Indonesia. Penasaran mau tau kayak apa sih suara gamelan itu? Kita bisa download aplikasinya di app store atau cek website www.egamelanku.com

  

Written by Ayu Pamanis
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar