TIGA APLIKASI INI BERENCANA NGELUARIN FITUR BARU DI 2017

January 04, 2017

SOCIAL-MEDIA-PLAN-TO-CREATE-NEW-FEATURES-ON-2017

 

Prepare our phone, girls! Di awal tahun ini beberapa social media and messaging udah punya plan buat bikin fitur baru di aplikasinya. Social media apa aja ya yang bakal ngerilis fitur baru mereka? Let’s check these out!

 

FACEBOOK

 

SOCIAL-MEDIA-PLAN-TO-CREATE-NEW-FEATURES-ON-2017

 

Social media yang udah ada dari tahun 2004 ini nggak mau kalah pamor sama socmed yang lagi hype sekarang dan bener-bener serius ngejaga eksistensi dan kenyamanan penggunanya. Facebook termasuk socmed yang punya fitur cukup lengkap dan jadi social media terbesar di dunia. Sekarang ini user FaceBook sekitar 1,5 miliar secara global. Setelah ngeluarin fitur buat mencegah hoax yang beredar, awal tahun 2017 ini FB punya planning bakal ngeblokir video yang backsound-nya pake lagu bajakan. Gimana caranya? Sekarang ini Facebook lagi matengin project pembuatan algoritma yang bisa ngenalin musik dan video bajakan, dan otomatis ngeblokir supaya nggak mucul lagi di-feed kita. Algoritma ini mirip content ID punya YouTube yang bisa analisi orisinalitas musik dalam video. Misalnya, kita upload video pake lagu penyanyi tertentu buat dijadiin backsound. Padahal kita nggak punya izin atau lisensi buat pake lagu itu. Nanti otomatis video kita bakal di-block dari tim Facebook. Buat ngejalanin algoritma baru itu, FB bakal discuss sama label-label rekaman dan butuh waktu yang nggak sebentar. Maybe this project will finish on mid 2017. Semoga aja dengan adanya algoritma baru di Facebook pengguna musik bajakan semakin berkurang ya!

 

TWITTER

 

SOCIAL-MEDIA-PLAN-TO-CREATE-NEW-FEATURES-ON-2017

 

Social media yang satu ini emang udah mulai redup di tahun 2016 karena banyak user-nya yang beralih ke social media lain dengan fitur yang lebih menarik. Hal itu bikin Twitter nggak bisa diem aja, Twitter harus bikin terobosan baru supaya penggunanya nggak bosen dan ninggalin Twitter. Belum lama ini, Twitter launced Live 360 atau live streaming video dengan teknologi 360 derajat. Beberapa hari lalu CEO Twitter Jack Dorsey, ngadain online open disscusion lewat tweet yang dia lempar kepengguna Twitter buat nanya masukan dari user kira-kira fitur apa yang diharapkan pengguna bakal ada di twitter tahun 2017.

 

 

 

Tweet Jack direspon 350 jawaban dalam waktu 20 menit lho. Ada beberapa permintaan yang dominan dari user yaitu fitur bookmark, peningkatan keamanan, dan edit tweet. Tapi permintaan paling banyak yang diajuin ke Dorsey adalah fitur buat edit tweet. Kayaknya Dorsey bakal ngabulin permintaan user yang dianggap sesuai sama visi Twitter yaitu edit tweet. Dorsey bilang fitur pengeditan tentu dibutuhkan. Dia juga balik nanya lagi ke beberapa user untuk nanya saran tentang edit tweet button kayak apa yang mereka mau. Dorsey ngelempar dua option versi pengeditan, yaitu editing yang cuma bisa dilakuin dalam rentang waktu lima menit setelah tweet di-posting, atau bisa edit kapan aja.

"Lebih penting mana? Mengedit atau mengoreksi ejaan? Ada batasan waktu 5 menit untuk mengedit atau Anda ingin mengedit kapan saja?" Dorsey bertanya. 

Waah kayaknya CEO Twitter serius nih mau bikin fitur baru edit tweet bottom. Di akhir diskusinya Dorsey juga say thanks buat semua yang udah kasih feedback dan ide. Semoga aja beneran direalisasiin yaa nggak cuma wacana hehe.

 

WHATSAPP

 

SOCIAL-MEDIA-PLAN-TO-CREATE-NEW-FEATURES-ON-2017

 

Aplikasi chatting yang punya jutaan pengguna ini juga nggak cepet puas dengan apa yang udah dicapai. Kabarnya WhatsApp lagi nguji fitur edit dan revoke. Dua fitur baru ini, berguna banget buat WhatsApp user yang nggak sengaja salah kirim ke nomor lain atau typo.  Dengan fitur revoke pengguna bisa narik lagi message yang udah terlanjur dikirim ke seseorang dalam batasan waktu tertentu. Setelah kita tarik pesan itu orang yang nerima nggak bisa baca pesan itu lagi. Tapi fitur ini cuma bisa digunain selama receiver belom bukan dan baca message-nya. Kalo dia udah nerima dan baca pesannya, fungsi ini nggak berguna lagi. Kalo fitur edit, user bisa ganti tulisan yang udah dikirim ke nomer tujuan. Cocok banget buat kita yang suka typo kalo send message. Cara gunain kedua fitur ini gampang banget lho, just tap beberapa detik pada message yang kita kirim, terus bakal muncul pop up tulisan edit or revoke. Belum pasti di bulan apa WhatsApp bakal ngerilis fitur baru ini. Hopefully soon to be realized this year!

 

 

Written by Ayu Pamanis
Photo Source:
shutterstock.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar