HIJABERS HALIMA ADEN TAMPIL DI FASHION SHOW KANYE WEST

February 17, 2017

TAMPIL-DI-FASHION-SHOW-KANYE-WEST-HALIMA-ADEN-CURI-PERHATIAN

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, fashion show Kanye West selalu berhasil mencuri perhatian. Kalo tahun lalu Kanye West mengangkat isu keberagaman dengan menampilkan banyak model kulit berwarna, pada peragaan Yeezy Season Five di New York Fashion Week (NYFW) kali ini, Kanye membuat gebrakan baru dengan nampilin model berhijab ngebawain salah satu koleksinya.

 

 

TAMPIL-DI-FASHION-SHOW-KANYE-WEST-HALIMA-ADEN-CURI-PERHATIAN

 

Halima Aden adalah nama model yang berhasil digandeng Kanye West untuk membawakan koleksinya, dan jalan di atas catwalk dengan nampilin coat rancangan Kanye. Penampilan Halima ini dianggap sangat menginspirasi, terutama buat kaum muslim di Amerika. Hmm.. Sebenernya siapa sih Halima Aden ini?

 

HIJABERS PERTAMA DALAM AJANG MISS MINNESOTA USA

Sebenernya nama Halima Aden sudah eksis semenjak ia menjadi salah satu finalis di kontes kecantikan Miss Minnesotan USA, lho. Sejak awal karirnya Halima emang sudah berhijab, ia bahkan nggak melepas hijabnya saat sesi bikini, dan memilih memakai burkini yang jauh lebih sopan. Mekipun pada akhirnya ia nggak berhasil menjadi pemenang, tapi Halima berhasil menuai banyak pujian. Ia dianggap menginspirasi karena keteguhannya dalam memegang prinsip. Karena penampilannya di Miss Minnesota USA, Halima yang baru berusia 19 tahun ini kemudian dikontrak sama IMG Model Management, agensi model yang sama dengan Gigi Hadid dan Hailey Baldwin. Fashion show Yeezy season five ini merupakan debut pertamanya sebagai model fashion week.

 

KORBAN BULLYING

Sejak remaja, Halima mengaku sering di-bully lantaran hijabnya. Tapi hal-hal kayak gitu nggak bikin ia kemudian membuka hijabnya. Ia malah berniat untuk mengubah penilaian masyarakat terhadap wanita berhijab. Mengingat banyaknya kasus penyerangan Islamophobia di Amerika, Halima merasa harus melakukan sesuatu. Sebenernya Halima Aden berdarah Amerika-Somalia. Ia baru pindah ke Amerika saat berusia 6 tahun, Sebelumnya Halima tinggal di kampung pengungsi Kenya di Afrika. Halima yang kini berstatus sebagai mahasiswa St. Cloud State University ini bilang kalo keikutsertaannya di ajang Miss Minnesota ini untuk mewakili wajah dari komunitas Somalia. Ia berharap aksinya sebagai hijabers pertama di ajang kecantikan tersebut bisa meredakan kasus diskriminasi terhadap komunitas Somalia.

 

“...SHE’S SO INSPIRING”

Bakat Halima sebagai model sangat menginspirasi banyak pihak di dunia fashion, salah satunya Catrine Roitfeld. Halima akan menjadi model di cover majalah fashion milik Catrine, CR Fashion Book untuk edisi Maret nanti. Catrine bilang kalo sosok Halima sangat menginspirasi karena berhasil keluar dari batas-batas dan persepsi cantik hanya dengan menjadi dirinya sendiri. Halima yang meupakan lulusan Apollo High Scool ini juga menuai pujian dari Executive Co-Director Miss Minnesota USA, Denise Wallace, “Halima wanita yang pintar. Dia fasih berbahasa Inggris dan Somalia. Dia benar-benar bisa mencetak sejarah!” kata Denise.

 

 

Written by Pratamanita Utami Rahayu
Photo Source:
Marie Claire, Star Tribune, Daily Mail
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar