“TURN BACK HOAX” APLIKASI BIKINAN MASTEL UNTUK BERANTAS HOAX

February 16, 2017

TURN-BACK-HOAX-APLIKASI-BIKINAN-MASTEL-UNTUK-BERANTAS-HOAX

 

Sekarang kita nggak bisa nelen mentah-mentah informasi yang kita dapet dari media sosial atau broadcast message di aplikasi chatting. We should be aware and filter all information that we got from any platform. Maraknya berita palsu alias hoax di Indonesia belakangan ini bikin pemerintah, lembaga atau organisasi, dan masyarakat geregetan dan tergerak buat memberantas hoax. Salah satu lembaga yang bantu pemerintah buat berantas hoax dengan bikin aplikasi Turn Back Hoax adalah Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel).

 

Sebenernya apa sih Mastel? Mastel singkatan dari Masyarakat Telematika Indonesia adalah lembaga nirlaba yang naungin seluruh pelaku usaha, peminat, dan pengamat di bidang telekomunikasi di Indonesia. Tujuan utama Mastel nggak cuma sebagai wadah komunikasi antar peminat usaha telekomunikasi, tapi juga sebagai sarana advokasi antara para pengusaha telekomunikasi, peminat telekomunikasi, dan pemerintah.

Alesan Masyarakat Telematika Indonesia bikin aplikasi Turn Back Hoax supaya masyarakat jadiin aplikasi ini sebagai referensi utama untuk ngelaporin informasi palsu buat ngelawan informasi hoax. Ketua Mastel Kristiono jelasin kalo masyarakat bisa check and recheck kebenaran informasi yang kita dapet cuma lewat aplikasi ini aja. Kita tinggal buka link-nya dan kita bisa langsung verifikasi ke sumber-sumber informasi terkait, terus kita kumpulin jadi satu deh. So, lebih gampang deh buat ngeceknya.

Besides provide sumber-sumber informasi yang akurat terkait hoax yang beredar di masyarakat, Mastel juga ngelakuin verifikasi langsung ke sumber informasi terpercaya supaya kita yang males baca link berita terkait bisa langsung tau info yang kita dapet itu hoax atau nggak.Data yang dijadiin sumber referensi utama aplikasi Turn Back Hoax ini diambil dari berbagai sumber.

Kebanyakan hoax di-share di media sosial sama aplikasi chatting lewat broadcast message. That’s why Mastel juga ngadain survey buat nge-check penyebaran berita hoax di Indonesia. Hoax yang banyak orang-orang share rata-rata berbau unsur sosial politik dan isu SARA. Dari 1.116 responden yang terlibat, ada 54 responden yang masih ragu waktu dapet informasi hoax. Bahkan 30 persen dari responden yang disurvey masih susah buat check info yang di dapet itu hoax atau bukan. Cuma 28 persen responden yang bisa identifikasi langsung informasi yang mereka dapet itu hoax atau beneran informasinya akurat.

Unfortunately aplikasi Turn Back Hoax sekarang baru ada dalam bentuk ekstensi di Google Chrome. Tapi dalam waktu dekat ini iOs dan Android user juga bisa download aplikasi Turn Back Hoax di smartphone lho! Semoga dengan adanya aplikasi Turn back Hoax penyebaran berita palsu di Indonesia makin berkurang ya. So, be selective girls!

 

 

Written by Ayu Pamanis
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar