WOW, ADA KELAS BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS FAVORIT HONGARIA!

February 17, 2017

WOW-ADA-KELAS-BAHASA-INDONESIA-DI-UNIVERSITAS-FAVORIT-HONGARIA

 

Salah satu universitas favorit di Hongaria, yaitu University of Budapest Business School of Applied Science (BBS) telah membuka kelas Bahasa Indonesia. BBS adalah salah satu Universitas Bisnis terbaik di Hongaria yang memiliki kelas-kelas internasional, dan telah memiliki kerjasama pendidikan dengan Universitas-universitas di Indonesia seperti Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Mercu Buana dan Universitas Gadjah Mada.

 

 

Kelas Bahasa Indonesia ini ikut diresmikan juga oleh Duta Besar RI untuk Hongaria, yaitu Wening Esthyprobo pada 14 Februari 2017 kemarin. Dubes RI untuk Hongaria menyampaikan penghargaan kepada BBS yang telah membuka kelas Bahasa Indonesia. Selain itu, Dubes RI juga mempromosikan Indonesia nggak hanya dalam hal bahasa, tetapi juga disinggung kalo dengan belajar bahasa Indonesia kita akan lebih jauh memahami potensi yang ada di Indonesia. Seperti halnya kita juga bisa belajar budaya, keindahan alam, dan perkembangan ekonomi Indonesia.

 

WOW-ADA-KELAS-BAHASA-INDONESIA-DI-UNIVERSITAS-FAVORIT-HONGARIA

 

BBS sendiri memang mewajibkan mahasiswanya menguasai dua bahasa asing untuk sarjana dan tiga bahasa asing untuk S-2 sebagai syarat kelulusan dan membantu menyediakan kelas bahasa bagi mahasiswa. Belajar bahasa asing memiliki banyak manfaat. Selain dapat memperluas pergaulan, keterampilan berbahasa asing juga dapat menjadi modal untuk meningkatkan kualitas individu. Dan.. tahun ini Kelas Bahasa Indonesia lah yang menjadi salah satu kelas bahasa asing wajib yang akan dipilih mahasiswa di BBS untuk menyelesaikan studinya tersebut.

Prof Tamas Novak, Ketua Jurusan Oriental Studies BBS menyampaikan bahwa dipilihnya kelas Bahasa Indonesia, dikarenakan BBS meyakini bahwa di masa yang akan datang peran Indonesia akan meningkat di dunia internasional dan di kawasan Asia pada khususnya. Hal ini juga diprediksi akan akan menambah kerjasama di masa yang akan datang antara Hongaria-Indonesia.

 

WOW-ADA-KELAS-BAHASA-INDONESIA-DI-UNIVERSITAS-FAVORIT-HONGARIA

 

Peminat kelas Bahasa Indonesia saat ini sudah melebihi kuota yang ditentukan yaitu 15 orang per kelas, hingga akhir hari pendaftaran, tercatat sekitar 39 orang sudah mendaftarkan diri. Hal ini membuat BBS mempertimbangkan untuk membuka dua kelas khusus untuk Bahasa Indonesia.

Tetapi rencana tersebut terkendala karena terbatasnya tenaga pengajar. Saat ini, tenaga pengajar kelas Bahasa Indonesia merupakan staf KBRI Budapest yang menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Hongaria. Selain BBS, KBRI Budapest juga menerima permintaan tenaga pengajar bahasa Indonesia dari Hajtomu Language School.

 

 

Written by Dahlia Puspitasari
Photo Source:
www.international.metrotvnews.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar