5 GUIDES BUAT KITA YANG PENGEN CEPET DAPET KERJA

March 20, 2017

5-GUIDES-BUAT-KITA-YANG-PENGEN-CEPET-DAPET-KERJA

 

Living as fresh graduate di mana akhirnya kita punya gelar di akhir nama kita pasti jadi satu kebanggan tersendiri. Selain bangga dan lega karena akhirnya status mahasiswa sekarang udah berganti jadi sarjana, sebenernya ada beberapa hal yang perlu kita tau tentang gimana cara kita bisa cepet dapet kerja setelah lulus dari kampus. Karena sebagian besar mahasiswa sekarang ini banyak yang buta arah mau ke mana setelah lulus, try to follow this guides biar nggak kebingungan lagi ke depannya biar cepet dapet kerja.

 

1. PREPARE YOUR CV FIRST

Mungkin sebagian besar dari kita selama ini menganggap CV is number two. "Bisa lah bikin CV doang kan tinggal masukin biodata kita aja", mungkin kalimat kayak gini sering banget kita denger dari temen-temen kampus kita. Padahal CV penting banget ada di first lists buat modal awal kita ngelamar pekerjaan.

Seperti yang dijelasin sama Faridah Lim as Country Manager Jobstreet.com Indonesia, walaupun kita belum punya pengalaman, bukan berarti kita nggak bisa bikin CV yang good enough. Lucky us buat yang sering ngikutin organisasi atau UKM yang ada di kampus selama kuliah. Faridah juga nyaranin ke kita to input beberapa pengalaman organisasi atau another skill yang kita punya. Just don’t forget to give some stars buat skill and experience kita. Ini penting banget karena dari sini peluang panggilan untuk wawancara kita pun terbuka lebar.

 

2. BLAST YOUR CV

CV udah siap, sekarang waktunya buat ngeblast CV kita ke berbagai perusahaan. Waktu nanti kita udah lulus dan beberapa saat jadi ‘pengangguran’, try to enlarge our connection and take every chance that comes to us. Rajin-rajin nanya tentang info lowongan pekerjaan atau scroll timeline website also account social media yang selalu update soal job vacancy. Bisa juga kita build a good side on bio social media kita yang bisa ngebantu kita buat lebih gampang di-hire, berhubung perusahaan zaman sekarang juga menilai kita dari profile social media kita. Syukur-syukur kita bisa dapet tawaran kerja langsung dari saudara atau temen kita, jadi kita nggak perlu repot lagi mantengin update job vacancy.

But one things we should remember, living as fresh graduate basicly kita pun pengen langsung dapet job sesuai sama passion atau jurusan kita waktu kuliah. Banyak pertimbangan pasti waktu kita kepengen apply CV, mulai dari jarak tempuh yang jauh, nggak tau job desc-nya, takut nggak bisa kerja yang bener karena nggak pernah punya pengalaman yang sama, sampe karena job desc yang ada nggak sesuai sama jurusan kita di kampus. Hey wake up girls! Sekarang udah bukan waktunya lagi to stay on the track.

Brian Tracey pernah bilang, “Move out of your comfort zone. You can only grow if you are willing to feel awkward and uncomfortable when you try something new”. Sebagian perusahaan besar saat ini pun nerima karyawan barunya nggak melulu depends on major or GPA. It’s all about skill and experience. Pun semakin kita berani move dari zona nyaman kita, kita bakal bisa tau gimana rasanya bekerja di tempat yang selama ini bukan bidang kita. Try to make a movement, just be brave karena kalo kita nggak pernah nyoba, kita nggak akan tau gimana rasanya berkembang dan mengerti perspektif lain.

 

3. START FROM INTERNSHIP

Ngaku deh pasti sebagian dari kita selalu mandang sebelah mata kegiatan internship di beberapa perusahaan. Padahal perlu kita tau kalo sebenernya magang bisa jadi first step kita buat melangkah ke jenjang berikutnya as the real worker. Sekarang banyak banget perusahaan yang buka kesempatan magang buat para fresh graduate yang bisa kita ikutin buat jadi batu loncatan kita, misalnya kayak di L'Oreal Indonesia, Sampoerna, Telkom, bahkan Gogirl! dan masih banyak lagi banyak lagi perusahaan yang buka program magang buat para fresh graduate.

Dari kegiatan magang nanti apalagi kalo kita bisa masuk ke perusahaan yang kita incer banget, selain secara nggak langsung bisa belajar adaptasi sama lingkungan kantor, kita juga akan lebih paham seluk beluk pekerjaan kita. Kalo kinerja kita bagus, nggak menutup kemungkinan kalo at the end kita di-hire buat jadi pegawai tetap di sana. So lucky!

 

4. OR JOB FAIR

The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.” Gogirl! percaya banget sama quotes Eleanor Roosevelt satu ini. Karena kalo after graduated kita cuma diem atau duduk manis aja di rumah, sayang banget rasanya waktu kita kebuang sia-sia. Yeah we all know if we need some rest setelah bertahun-tahun ngabisin waktu buat kuliah. Tapi buat kita yang pengen banget langsung dapet kerja setelah lulus kuliah, try to be more productive dengan pergi ke job fair yang rutin banget digelar tiap tahunnya.

Sekarang ini mau di berbagai kota atau kampus, kita bisa banget manfaatin event job fair buat tau job vacancy apa yang dibuka buat para fresh graduate. Mulai dari perusahaan lokal, multinasional, bahkan sampe perusahaan internasional semua ada di event ini. Nggak jarang dari event ini kita pun bisa nemu beberapa program kayak management trainee dari perusahaan bergengsi di mana beberapa sumber bilang, lewat program ini prospek karir ke depannya bakal lebih cepet dibanding kita apply as new applicant. Woa who wants to try?

 

5. BUILD SOMETHING THAT MIGHT HELP US TO HIRED

Zaman sekarang di mana kirim lamaran kerja just by sending an email udah jadi pemandangan yang sangat amat biasa terjadi. Sebagian besar perusahaan yang bergerak dalam industri kreatif biasanya prefer for looking someone by online buat ngerekrut para fresh graduate yang cukup kreatif dalam berkomunikasi.

Nggak cuma CV aja yang bakal mereka notice. Penting buat kita untuk nyiapin portofolio buat jadi referensi tambahan mereka waktu pengen ngerekrut kita. Perusahaan juga perlu tau gimana hasil skill yang udah kita input di CV. Contohnya nih, kalo mau kerja di Gogirl! sih penting banget buat para new applicant untuk nyisipin portofolio kerjaan sebelumnya, atau paling nggak hasil karya yang pernah ktia buat. Karena selain bakal diwawancara, nantinya para new applicant yang lolos interview session bakal ngikutin skill test, but ngebuktin or make sure kalo kita worthy buat gabung di perusahaan atau nggak.

 

Working is all about how can we try to accept another perspective, how can we juggling with a lot of challenge in office and personal life, making some priority, balancing our time, and the main things is ‘Hey wake up! You’re not a student anymore. Welcome in the real life!”.

 

 

Written by Faradina Amanda
Photo Source:
pixabay
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar