KAMU TIPE INTROVERT, EXTROVERT ATAU AMBIVERT?

July 21, 2016

extrovert-ambivert-introvert

Kalo diperhatiin, ada orang yang senengnya ngobroool terus, tapi ada juga yang udah happy kalo cuma diem di pojokan sendirian. Ini karena tiap orang punya kepribadian yang beda-beda. Nah, kalo selama ini kita kenalnya cuma extrovert yang luwes bergaul sana-sini dan introvert yang lebih seneng menyendiri, ternyata ada tipe personality lain yang kita perlu tau, namanya ambivert! Singkatnya, ambivert ini adalah perpaduan introvert dan extrovert, yang kadang seneng banget ketemu banyak orang, tapi ada waktu-waktu tertentu di mana mereka lebih seneng menyendiri. Nah, yang manakah tipe kepribadian kamu, introvert, extrovert atau ambivert? Cari tau lewat kuis ini yuk! 

 

(What you have to do is only choose “T” if you agree about the statement or you can choose “F” if you disagree with the statement)

  1. Saya lebih suka bercerita mengenai kehidupan saya dibanding mendengarkan teman saya bercerita (T/F)
  2. Saya kurang nyaman jika pergi ke toko buku seorang diri (T/F)
  3. Saya sangat suka bertemu orang baru (T/F)
  4. Bagi saya olahraga yoga adalah olahraga yang membosankan (T/F)
  5. Saya lebih senang mengerjakan tugas secara berkelompok daripada mengerjakan tugas secara individu (T/F)
  6. Saya suka sekali jika orang sekeliling saya memperhatikan apa yang saya bicarakan (T/F)
  7. Saya lebih baik menonton live concert daripada menonton bioskop (T/F)
  8. Saya suka memulai pembicaraan terlebih dahulu (T/F)
  9. Saya tidak pernah merencanakan sesuatu jauh hari sebelumnya (T/F)
  10. Saya mudah bosan akan suatu hal (T/F)

 

TADAAA!

Kalo jawaban kamu lebih banyak yang “T”, it means you are an EXTROVERT! Sebaliknya, kalo jawaban kamu lebih banyak yang “F”, kamu adalah seorang INTROVERT. Tapi gimana kalau jawaban kamu berimbang? It means you are an AMBIVERT!

extrovert-ambivert-introvert

 

EXTROVERT

Ekstrovert ini adalah sifat manusia yang terbuka. Orang dengan sifat ekstrovert biasanya suka hal-hal yang spontan, hal-hal yang nggak pernah direncain sebelumnya. Orang yang punya kepribadian kayak gini nggak bisa banget buat ngelakuin hal-hal sendirian. Mereka seneng banget ngobrol bahkan nggak canggung memulai percakapan duluan sama orang yang baru pertama kali ketemu. Kalo lagi ngumpul, nggak jarang si extrovert jadi pusat perhatian karena paling bisa ngeramein suasana dengan cerita dan joke-nya.

 

INTROVERT

Kalo kamu nggak suka ngobrol sama orang yang baru dikenal, kamu bisa dibilang orang yang introvert lho. Orang-orang introvert rata-rata punya sifat tertutup dan cenderung pemalu. Tapi jangan salah, orang dengan tipe introvert ini dikenal jago banget buat fokus akan suatu hal alias penuh dengan konsentrasi, jadi orang introvert ini nggak gampang buat ke-distract sama hal-hal yang menurutnya nggak penting. Meskipun agak susah buat memulai percakapan lebih dulu dan cenderung struggling to communicate kalo lagi ngumpul sama komunitas baru, si introvert akan bisa berubah jadi rame kalo mereka udah ngerasa super nyaman sama orang-orang yang ada di dalam lingkup pertemanannya.

 

AMBIVERT

Kalau tipe yang satu ini adalah perpaduan dari introvert dan ekstrovert, bisa dibilang bahwa orang-orang ambivert ini memiliki keahlian khusus untuk beradaptasi. Orang dengan tipe ambivert juga dapat membagi suasana hati serta pikirannya, tergantung tempat dan kondisi yang sedang dihadapinya. Tipe ambivert akan bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru yang menuntutnya untuk menjadi extrovert dan mengenal orang-orang baru, tapi di sisi lain nggak merasa takut untuk sendiri untuk ngelakuin aktivitas saat mereka ngerasa butuh waktu untuk sendiri dan nggak pengen ketemu sama banyak orang.

Written by Fransisca Grace Dei Naibaho (Gogirl! Apprentice)
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar