CARA KREATIF PELAJAR RANTAU BUAT DAPET UANG TAMBAHAN

May 18, 2017

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

Nowadays, semakin banyak pelajar Indonesia yang berlomba-lomba buat ngelanjutin studi di luar negeri demi memperoleh kualitas pendidikan terbaik atau sekedar cari pengalaman baru. Denger-denger sih, kuliah di negeri seberang harganya “selangit”, belum lagi ditambah sama biaya hidupnya. Kok para pelajar rantau itu–terutama yang non beasiswa­–itu bisa bertahan ya? Don’t worry girls, ternyata banyak cara lho buat kita yang berminat studi di luar negeri buat survive while studying abroad. Berikut Gogirl! coba share ide-ide kreatif yang bisa kalian aplikasiin selama hidup di negeri perantauan…

 

 

1. PART-TIME JOB

 

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

Namanya juga mahasiswa, pekerjaan apa pun, asalkan halal dan menghasilkan, pasti dijabanin. Nah, kebanyakan para pelajar yang lanjut kuliah di luar negeri dengan biaya sendiri,  first thing to do setelah mendarat di negara tujuan, dapet tempat tinggal dan registrasi kampus, pasti cari part-time job deh! FYI, untuk pelajar asing, mereka diizinkan untuk bekerja dengan jumlah jam tertentu, tergantung kebijakan setiap negara. Seperti di Amerika, kebebasan untuk part-time yakni 20 jam per minggu dan intinya, we’re allowed to have a part-time job, as long as it doesn’t ruin our class schedule in college. Banyak banget kesempatan kerja buat kalian kayak waiter, barista, cashier, chef assistant, teacher assistant atau bahkan pegawai di sebuah petshop. Be careful, kadang-kadang ada kontrak yang harus sama-sama disepakati agar kamu tidak kerja secara illegal.

 

2. BABY-SITTING

 

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

Kerjaan paling gampang dicari–tanpa perlu kontrak yang ribet–adalah baby-sitting! Khusus buat kita yang suka sama anak kecil atau bayi, kerjaan sebagai nanny ini cocok banget untuk anak kuliahan. Selain jam kerja yang bisa disepakati dengan family-host nya, kerjaannya pun relatif lebih santai, seperti jemput anak sekolah, nemenin main di taman, antar pulang, bikinin makan di rumah, nemenin main, dan jagain tidur. Umumnya jam kerja 5 sampai 6 jam per hari, dan berdasarkan testimoni para pelajar Indonesia yang nyambi sebagai penjaga anak, kerjanya nggak terlalu berat lho. Dengan jam kerja yang cukup fleksibel, job ini juga bisa ngebantu buat practice your language skill, karena mau nggak mau, kalian wajib berinteraksi dengan si anak, orang tua dan keluarga lainnya. Seems that this baby-sitting job nguntungin kita personally and financially!

 

3. DESIGN OR PHOTOGRAPHY SERVICE

 

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

Kalau kita yang punya talent khusus di bidang desain dan fotografi, good news girls, bakat tersebut sangat bisa dimanfaatkan sebagai mata pencaharian di negeri orang lho! Cukup promosi melalui media sosial atau melalui temen-temen kampus, there’s a big opportunity for you to be productive just by doing your passion. Permintaannya mungkin nggak cukup besar, tapi hasil kerja kita tentunya bisa jadi nilai plus untuk CV dan portfolio! And if your work has its qualities, nggak heran kalo kemudian nama kita mulai dikenal.  Perlu diingat bahwa kita mesti survei terlebih dahulu tarif jasa dan fotografi di negara itu, nggak mungkin kan tiba-tiba kita pasang tarif profesional yang selangit! Don’t overthink about money, consider the experience first.

 

4. TEACHING A PRIVATE CLASS

 

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

Gogirl! believe that everyone could be a teacher, and yes, you can take a benefit from it to survive abroad! Percaya nggak percaya, banyak lho orang Indonesia di luar sana yang membutuhkan pelajaran khusus dengan harga terjangkau, terutama berkaitan dengan bahasa. Pengalaman salah seorang pelajar Indonesia lagi studi master di Prancis nih, ia nerima banyak tawaran dari keluarga Indonesia yang juga tinggal di sana, untuk membantu anak mereka belajar bahasa Prancis. Bukan hanya itu, sebagai mahasiswa, kita juga bisa ngajarin mata pelajaran umum kayak Matematika, Fisika, buat anak-anak SMP yang butuh. Bahkan, nggak sedikit dari Indonesian student yang ngajar ngaji buat anak-anak kecil lho! Untuk tarifnya, kita bisa menentukan sendiri berapa biaya per jamnya, sambil observasi harga private class pada umumnya. Untuk wilayah Eropa, we can gain around 15-20 per hour, depends on the agreement between you and the client. Well, girls, as long as you try, opportunities will surely knock your door. Open the door and take it!

 

5. SELLING INDONESIAN FOOD

 

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

Are you good enough to cook for Indonesian food? If yes, you’re truly blessed! Bakat ini bisa jadi bekal kita buat meraih receh di luar negeri. Kebanyakan dari pelajar rantau banyak banget biasanya yang kangen sama masakan dengan cita rasa lokal. Yang harus dilakukan adalah memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Salah seorang mahasiswi Indonesia sukses ngejual cireng dan cilok buatannya karena emang makanan-makanan tradisional ala pinggir jalan inilah yang justru dikangenin banyak orang, terutama anak muda. Kalo kita jago bikin batagor, soto, rendang atau bahkan punya skill bikin martabak enak, coba deh iseng-iseng promo ke temen-temen deket, siapa tau mereka doyan dan malah ketagihan! Kalo dagangan kita udah mulai dikenal, the next step, tinggal strategi promosinya aja yang dirancang matang. Untung-untung ada kesempatan buat buka food stand di acara besar bertemakan Indonesia yang diadain KBRI atau event besar lainnya. Siapa tau kita malah dapet chance buat kerja beneran di restoran atau malah bisa buka rumah makan sendiri, who really knows? Just work until it works!

 

6. TOUR GUIDING

 

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

Kalo kita tipe pelajar yang suka memanfaatkan waktu luang untuk jalan-jalan menyusuri kota, hapal seluk beluk kota dan tempat-tempat makan yang recommended, kerja sambilan sebagai guide cukup menjanjikan bagi pelajar rantau. Faktanya, kita bisa dapat penghasilan hingga 1 juta Rupiah per harinya–tergantung hasil nego dan kesepakatan bersama! FYI, banyak banget turis Indonesia yang butuh pemandu selagi liburan karena incaran mereka pada umumnya, either city’s landmark, historical places and monuments, or famous local restaurants. Cukup luangkan waktu dan energi kita untuk nemenin mereka jalan-jalan seharian dan ngejelasin beragam fakta menarik tentang kota tersebut, lengkap deh modal kita buat jadi seorang tour guide. Nggak ada ruginya kok kita coba kerjaan satu ini, karena selain untung secara finansial, kita bisa membangun networking dengan orang baru dan juga belajar beragam hal tentang setiap tempat yang dikunjungi. After all, life is all about learning.

 

INDONESIAN STUDENTS WHO WORK ABROAD, THE PROS & CONS?

 

CARA-KREATIF-PELAJAR-RANTAU-BUAT-DAPET-EXTRA-MONEY

 

TIME-MANAGEMENT

Most of the time, ketika udah dapat penghasilan yang stabil, kita jadi lupa status awal yakni sebagai student yang mana kewajiban utamanya adalah belajar. As a result, we failed to manage our schedule properly since working became such a priority. Kita harus pegang teguh prinsip sebagai pelajar, yakni menuntut ilmu sebaik-baiknya dan lulus sebagai objektif utama. Jangan sampe pekerjaan paruh waktu kita terlalu menghabiskan energi dan waktu sehingga kuliah pun terabaikan. That’s why we should learn how to be independent by organizing everything by yourself!

 

LESS TIME TO SOCIALIZE

Selalu ada sesuatu yang harus dikorbankan dalam hidup when it comes to live a better life.  Ketika kita memutuskan untuk kerja part-time, di saat itulah ada hal-hal yang harus direlakan, termasuk kumpul bareng temen-temen sekedar buat ngopi atau jalan-jalan. Life is about choice, girls, apakah kita akan menghabiskan waktu untuk hangout dan bersosialisasi, atau kita lebih memilih memanfaatkan hari-hari kita buat mengumpulkan receh demi masa depan kita kelak. How to decide wisely?  Back to the first point, your time-management skill is needed here. Yang harus kita ingat, setiap pilihan selalu datang bersama konsekuensinya masing-masing.

 

EXPERIENCES AND WORK SKILLS

Learning by doing, yups, that’s right! Orang-orang bijak di luar sana selalu bilang kalo pengalaman adalah guru terbaik. Gogirl! setuju banget, karena melalui pengalaman itu kita tau tips & tricks dan life-hacks dalam melakukan hal tersebut, and practice lead us to perfection! Misalnya, saat kita dapet job sebagai tour guide, di situ lah waktunya kita belajar bagaimana berhadapan dengan beragam karakter, learn how to interact and communicate, and how to look energizing all day so that tourists feel the same way. Bukan hanya pengalaman, tapi juga pengetahuan. Hal ini gak akan bisa diperoleh melalui kursus, workshop atau seminar mana pun lho! Use this chance to learn valuable work skills and discover new interest.

 

NETWORKING OPPORTUNITIES

Seperti yang Gogirl! bilang sebelumnya bahwa kesempatan untuk networking itu sebenernya bisa ditemukan kapan pun dan di mana pun. Tergantung kita mau memanfaatkannya dengan baik or just let it go. Networking atau membangun jaringan itu penting banget, bukan hanya buat studi namun juga karir kita kelak. In life, we’re always linked to other people, and by this link, we help each other. Kita nggak selamanya bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Siapa tau salah satu klien kita ternyata seorang guru besar yang bisa merekomendasikan kita untuk lanjut studi, atau malah dia seorang investor yang nantinya berkontribusi besar dalam bisnis kita. Manfaatkan kesempatan sekecil apa pun dengan baik ya girls !

 

 

Written by Afina Iskandar (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
Carleton University, The Purchase Phoenix, Business Insider Indonesia, Ampower, Huffington Post, pexels, US News & World Report, TheSmartLocal, The Japan Times
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar