KENAPA YANG LUCU SERING BANGET JADI VIRAL SEKARANG INI?

August 12, 2017

FUNNY-IS-BOOMING

source pict: www.vice.com

 

Hari gini semua yang lucu-lucu gampang banget ngetren dan jadi viral. Liat aja meme yang sering banget seliweran di media sosial, atau video kocak di YouTube yang udah jutaan kali diliat dan di-like orang. Funny stuff easily become the new big thing now.

 

 

Internet jadi faktor utama kenapa hal lucu cepet banget jadi trending topic. Karena biasanya, saat orang mengakses internet, dia butuh info yang cepat, singkat, dan ringan aja. Komedi jadi penyegaran karena cukup ngeliat sekilas aja bisa langsung bikin kita ketawa. Banyak situs, blog, atau YouTube channel yang saat ini khusus nyediain content kocak , kayak malesbanget.com atau BuzzFeed Video. Pada dasarnya manusia selalu butuh hiburan hal-hal lucu buat ngilangin stres, sampe buat kesehatan jiwa. Itu kenapa dalam setiap era, komedi nggak pernah mati dan selalu eksis meski dalam format yang berbeda.

 

COMEDY IN INDONESIA

Kita biasanya baru nyadar soal eksistensi suatu genre humor saat kepopulerannya lagi naik dan hampir semua media nyajiin genre humor yang sama. Tapi sebenernya, semua tipe humor dalam negeri yang kita kenal sekarang udah ngelaluin perjalanan panjang dan nggak booming begitu aja.

  • 2002; Bajaj Bajuri (Sitkom). Jadi trigger berkembangnya sitkom Indonesia.
  • 2003; Ceriwis (Comedy Talk Show). Sukses besar. Sampe sekarang, talkshow komedi masih mendominasi acara TV Indonesia.
  • 2004; Extravaganza (Sketch Comedy). Di Trans TV jadi pemicu berkembangnya sketsa komedi.
  • 2011; Stand Up Comedian (Stand Up Comedy). Indonesia tampil pertama kali di International Stand Up Comedy Show.
  • 2012 – present; 9GAG (Online Comedy). Mempopulerkan meme yang emang pas banget buat konsep komedi online. Indonesia pun ngikutin lewat @dagelan.

 

THE TRENDING FUNNY

Karena komedi erat banget kaitannya sama culture, nggak heran kalo jenisnya pun berkembang sesuai apa yang lagi diminati masyarakat. Sekarang ini, jenis komedi yang paling sering kita nikmati adalah tipe smart comedy yang nggak cuma asal slapstick, tapi pake permainan kata dan kalimat, atau ngambil ide kehidupan sehari-hari.

1. STAND UP COMEDY

 

FUNNY-IS-BOOMING

Ellen DeGeneres, source pict: Tubefilter.com

 

Sering juga disebut komedi pintar, karena comedian cuma ngandelin kemampuan bermonolog di depan penonton tanpa bantuan properti. Bayangin kalo nggak cerdas nyeritain hal biasa jadi lucu, pasti jadinya garing banget! Salah satu stand-up comedian yang sukses adalah Ellen DeGeneres yang sering nyindir hal-hal sepele di kehidupan sehari-hari. Ada juga Kevin Hart yang lebih sering bikin lelucon soal dirinya sendiri karena tubuh pendeknya. Atau duo kocak jebolan ‘Saturday Night Live’, Tina Fey dan Amy Poehler yang rajin jadi host acara bergengsi Hollywood. Kalo di Indonesia ada Ernest Prakasa yang sering bikin materi jokes dari kehidupan etnisnya, Tionghoa, Panji Pragiwaksono yang sering ngangkat isu sosial dan nasionalisme jadi bahan guyonan, atau Raditya Dika yang ngomongin soal relationship.

  • Kevin Hart: “I gotta stop saying ‘how stupid can you be?’. I’m beginning to feel like people are taking it as challenge.” “I think I’m emotionally constipated, ‘cuz I haven’t given a sh*t in days.
  • Ellen DeGeneres: “Why don’t they give us things we can actually use? I don’t need a thinner phone. You know what I need? I need a tortilla chip that can support the weight of guacamole.
  • Ernest Prakasa: “Nyokap gue kalo ngomong tuh bukan gue elo, tapi gue orang, elo orang, padahal gue juga tau kita semua tuh orang.”
  • Tina Fey:Tonight we celebrate all the great television show we know and love, as well as the movies that North Korea was ok with.”

 

2. FUNNY MEME

A meme is “an idea, behavior, or style that spreads from person to person within culture.” Meme sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno, ‘mimeme’ yang artinya ‘to immitate’. Nah, kalo buka Instagramnya 9GAG atau Dagelan, kita akan langsung disuguhin meme lucu yang kebanyakan dibikin oleh para user sendiri. Kebanyakan topik yang disinggung adalah masalah ringan yang sebenernya kita alami sehari-hari, tapi suka terlewat begitu aja. Nggak jarang bahan meme dateng dari scene film, video klip, event, foto, dan gosip selebriti yang lagi jadi trending topic saat itu. Dan meskipun cuma berupa potongan gambar yang disertai tulisan (super) pendek, meme nggak jarang sanggup jadi stopping point dan bikin kita ketawa ngakak ngeliatnya. Meskipun emang kebanyakan isinya humor, tapi nggak jarang juga meme nyinggung soal moral value, drama, atau urban myths yang lagi rame diomongin.

 

 

Guess they didn't like the surprise. Follow @9gag for more funny memes. #9gag #sick #medicine #surprise

Sebuah kiriman dibagikan oleh 9GAG: Go Fun The World (@9gag) pada

 

 

3. PARODY VIDEO

Parodi sebenernya adalah reka ulang dari kejadian yang sebenernya, dibumbuin sama adegan-adegan yang diplesetin dan hiperbolik (dilebih-lebihin), tapi justru itu yang bikin kita makin terhibur. Salah satu contohnya adalah YouTube channel Buzzfeed yang nampilin banyak parodi seputar permasalahan yang sering kita alami sebagai satu individu ketika ngadepin pressure. Dari dalam negeri, coba buka Instagram @gita_bhebhita. Atau YouTube channel-nya Sacha Stevenson yang bikin parodi uniknya jadi orang Indonesia. Hilarious!

 

 

4. FUNNY EXPERIMENT

Kelucuan jenis ini menjual reaksi dari hasil percobaan, bisa berupa mimik wajah atau komentar spontan yang super kocak. Misalnya, kita nyoba praktekkin tips flirting majalah ke gebetan buat ngeliat apa itu beneran ampuh atau nggak. YouTube channel Buzzfeed sering nyajiin humor eksperimen, lewat kelompok The Try Guy dan The Try Girls. Contoh lainnya, Series Kids React di YouTube channel TheFineBros yang ngetes reaksi anak-anak ke hal yang asing buat mereka.

 

 

THE INDUSTRY

 

FUNNY-IS-BOOMING

Rowan Atkinson, source pict: facebook

 

Who doesn’t need something to laugh about? Itu juga yang akhirnya bikin komedi jadi industri yang menghasilkan pemasukkan besar. Seorang pelawak nggak punya batas pensiun, karena yang nentuin ya dirinya sendiri, tergantung seberapa kreatif dan cerdasnya pelawak itu untuk nyiptain humor yang sesuai zaman.

1. THE LEGENDARY

These are some legend comedians, yang kalo kita denger namanya, langsung kebayang kelucuan yang khas dan berkarakter.

  1. Rowan Atkinson: Mr. Bean bahkan dinobatin sebagai generasi keduanya Charlie Chaplin!
  2. Eddie Murphy: Masuk sepuluh besar dalam daftar ‘100 Greatest Stand Up Comedian’ dari Comedy Central.
  3. Robin Williams: Ia dikenal sebagai jagonya mimikal dan eksplorasi vokal yang bisa berubah-ubah.
  4. Jim Carrey: Yang pertama kebayang di kepala kita pasti gimana mimik mukanya bisa berubah-ubah dari konyol sampe super konyol.

 

2. THE SWINGER

Saking berkembangnya industri komedi, banyak entertainer yang pindah haluan ke jalur komedi.

  1. Ken Jeong: Ken Jeong adalah seorang dokter terkenal di AS, tapi sejak ngebintangin film komedi ‘The Hangover’ tahun 2009, ia lebih dikenal sebagai aktor komedi. Sejak itu dia lebih sering main di film dan serial komedi di TV.
  2. Joe Rogan: Di Amerika, Joe Rogan terkenal sebagai comedian yang ngebintangin film komedi, sitkom, juga stand-up comedy. Padahal di awal karirnya ia dikenal sebagai host game ‘Fear Factor’ dan olahraga.
  3. Andre Taulani: Awalnya Andre terkenal lewat band Stinky di era ’90an. Sekarang ia justru lebih dikenal sebagai komedian yang sukses bikin kita ketawa sejak tahun 2009, salah satunya di OVJ yang ngebesarin namanya sebagai komedian.
  4. Russel Brand: Mulai karir sebagai aktor sejak 2007, Russel Brand pindah ke komedi sejak ngebintangin film komedi di tahun 2010, sampe akhirnya tahun 2013 ngeluncurin comedy show ‘Messiah Complex’ dan web series dengan genre political comedy di tahun 2014.

 

 

Written by Revita Rita Rani, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar