HAPPY STATE OF MIND, KARENA BAHAGIA ITU PILIHAN GIRLS!

August 12, 2017

HAPPY-STATE-OF-MIND

 

Nggak banyak yang nyadar kalo happy bukan merupakan hasil dari sebuah keadaan atau kondisi, tapi merupakan sebuah keputusan.

 

 

IT IS A CHOICE

Iya sih, hal kecil yang ngebetein kadang bisa jadi penentu apakah kita akan happy atau nggak sepanjang hari. Ini bikin kita berpikir kalo sesuatu yang ngebawa kebahagiaan itu bergantung dari apa yang akan terjadi atau apa yang kita dapet hari itu. Tapi pernah nggak liat nenek penjual kelontong yang wajahnya keliatan happy banget? Padahal keadaannya belum tentu lebih baik dari kita. Itu karena happiness nggak bergantung dari apa yang kita punya, tapi lebih ke apa yang kita pikirin tentang segala hal yang kita punya.

 

IT IS THE MIND’S MASTERPIECE

 

HAPPY-STATE-OF-MIND

 

Karena bisa nyeting apa yang kita pikirin, itu artinya kebahagiaan bisa banget kita ciptain sendiri. Tergantung gimana kita ngeset otak untuk ngolah emosi dalam menanggapi hal-hal yang terjadi sama diri kita. Baru ngalamin kejadian ngebetein? Daripada ngomel, take a deep breath dan alihin pikiran ke hal lain yang kita syukuri hari itu. Kita mutusin buat melepas aja hal yang ngebetein tadi dan let ourself get excited dengan hal lain. Sayang kan kalo setiap 60 detik yang kita abisin during upset, kita kehilangan 70 detik untuk ngerasain happy.

 

FLIP THE SITUATION

Ini emang nggak gampang, karena kita akan dealing sama emosi yang kadang jauh lebih kuat dari pikiran. Tapi emang penting banget untuk ngelatih pikiran kita untuk terus condong ke arah positif, sampe akhirnya jadi kebiasaan sendiri. Gogirl! milih lima hal utama yang sering bikin kita ngerasa nggak happy dan kasih trik ngakalinnya.

 

THE CORE

  • Betrayed. Dapet kabar kalo gebetan suka sama sahabat. Nggak lama mereka jadian. Ugh, sakit banget rasanya! It’s hard to move on dan kita pun kehilangan satu teman.
    Flip it with: Getting over hurt requires recovery time. Boleh bersedih, tapi jangan dilebih-lebihin. Abis itu terima keadaan dan maafin orang yang mengkhianati kita. Kalo kita ada di posisi dia, belum tentu kita nggak akan melakukan hal yang sama lho! Masalah perasaan kan nggak pernah simpel. She’s no angel and deserves our forgiveness.

  • Failed. Perjuangan belajar siang-malem demi ngedapetin kursi di sekolah idaman berujung gagal. Langit itu berasa runtuh!
    Flip it with: Waktu kita pengen banget sesuatu, kita pikir it’s the only way and it’s the only choice. Terus tutup mata sama pilihan lain. Padahal kita harus selalu punya plan B dan C, juga pilihan kedua dan ketiga. Life is full of endless possibilities, masa kita cuma mau punya satu?!

  • Feeling Envious. Browsing through Instagram, bukannya ngerasa terinspirasi, kita malah jadi ngerasa sedih karena ngeliat banyak banget cewek yang cantik dan keren, lengkap dengan kehidupan mereka yang sempurna.
    Flip it with: Sebaliknya, life is actually very fair. Setiap manusia diciptain dengan kelebihan dan kekurangan. Nggak ada yang nggak. Tugas kita adalah nemuin jati diri kita yang sesungguhnya dan akhirnya nemuin our purpose in life. Gogirl! believe, every person in this world are meant to be 100% content about themselves. Di tahap ini, kita udah nggak bakal ngeliat kebagusan orang lain sebagai kompetisi atau sesuatu yang bikin ngiri lagi. Karena kita sibuk doing what we love, and we know for sure, ‘posing cute on Instagram is not what we want’ or ‘wearing fancy stuff can’t make us happy’.

  • Things Don’t Go According to Plan. Minggu depan acara prom. It’s well planned. Dari dress, hair, and make up, sampe prom date. Tapi di hari H semuanya buyar. Dress-nya robek, rambut nggak sesuai keinginan and our date got sick and couldn’t make it to prom! When it rains it pours banget!
    Flip it with: Cobaan emang suka dateng bertubi-tubi. Sampe rasanya pengen teriak kenceng banget. But no, we don’t need to do that. Tarik napas panjang and tell ourself, “everthing is going to be fine”. Nggak sesuai dengan rencana kita, bukan berarti harus batal. Belajar lebih fleksibel dan ‘bermain’ dengan difficulties yang dateng. Tata ulang strategi and get through it.

  • Dealing with Annoying People. It’s supposed to be a good day kalo nggak dirusak sama si Karin yang nggak mau kalah banget orangnya. Selalu ninggiin diri sendiri dan ngerendahin orang lain dengan kata-kata dan sikapnya.
    Flip it with: In life we will meet a lot of ‘Karin’. Ada yang egois, sok tau, pembohong, sampe yang licik. Yakin mau ngeladenin semuanya? Pick your battles wisely. Cuekin aja. Oh ya, perbanyak juga relax, soalnya kalo pikiran kita tenang, kita lebih nggak gampang terprovokasi sama orang-orang kayak ‘Karin’ ini.
  • We Don’t Get What We Want. Nggak muluk-muluk, cuma pengen punya pacar aja nggak kunjung kesampean!
    Flip it with: Inget kata Dalai Lama, “Sometimes not getting what you want is a wonderful stroke of luck.” Karena kita nggak tau apakah sesuatu yang kita pengenin itu penting dan bagus untuk kita apanggak, but the universe knows. Mulai rasain betapa beruntungnya kita, waktu kita nggak dapet satu hal, karena percaya deh, better things are coming in the right place, at the right time.

 

 

Written by Revita Rita Rani, rewritten by Kezia Maharani Sutikno
Photo Source:
pexels
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar