HOW TO KEEP FIT IN RAMADAN FOR ACTIVE GIRL

June 10, 2016

how

Buat kita yang ngejalanin puasa, rasa haus dan lapar emang jadi godaan utama yang harus kita tahan. Nggak jarang, menurunnya gula darah secara drastis dan kurang tidur bikin badan kita jadi kelewat lemas dan jadi males ngejalanin aktifitas yang biasa kita lakuin. Padahal kalo kita bandingin sama beberapa teman kita, mereka kok bisa ya ngerasa tetep fresh dan ngejalanin rutinitas hariannya walaupun lagi puasa juga? Ternyata emang ada cara bikin badan tetep fit dan nggak lemes selama kita berpuasa!

 

BALANCE SAHUR MEAL

Ketika makan saat sahur, terkadang perut kita emang belum ngerasa begitu lapar atau bahkan belum siap menerima makanan. Tapi tentunya hal ini nggak boleh bikin makan sahur kita jadi asal-asalan atau sekedar minum air putih aja. Usahakan agar menu makanan sahur kita terdiri dari karbohidrat, serat, protein, dan vitamin yang seimbang. Dengan menu makan yang seimbang, perut akan terisi dengan cukup, dan badan bisa lebih fit sampe waktu berbuka tiba. Jangan juga makan sahur terlalu banyak sampe kekenyangan karena bikin perut jadi kepenuhan dan gampang dehidrasi. Kalo kita mau kenyang lebih lama, kita bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks kayak jagung, ubi, oatmeal, nasi merah, atau roti gandum yang dicerna perut lebih lama buat mengganti nasi putih, roti, atau mie dari bahan tepung terigu. Jangan lupa juga buat minum air putih yang cukup minimal 3 gelas saat sahur, biar tubuh kita terhidrasi dengan baik.

meals

 

LESS DEEP-FRIED AND HI-NATRIUM FOOD

Tiap kali mau berbuka puasa, menu goreng-gorengan yang super crunchy bakalan lebih menggoda dibanding makanan lain. Sayangnya, makanan yang digoreng dan mengandung natrium yang tinggi bisa jadi penyebab utama badan kita jadi lebih lemas saat ngejalanin puasa. Makanan berminyak bisa bikin sel darah merah menggumpal sehingga bikin aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya, kita bakalan lebih cepat ngerasa ngantuk di siang hari. Jika kadar natrium terlalu tinggi, otak akan mengirimkan sinyal rasa haus dan mendorong kita untuk minum. Selain itu, jika sensor dalam pembuluh darah dan ginjal mengetahui adanya kenaikan tekanan darah dan sensor di jantung nemuin adanya peningkatan volume darah, ginjal dirangsang buat ngeluarin lebih banyak natrium dan urine, sehingga ngurangin volume darah.

LESS DEEP-FRIED AND HI-NATRIUM FOOD

 

MORE, AND MORE WATER!

Karena pas puasa kita nggak mengkonsumsi cairan apapun dalam waktu yang lama, usahain buat selalu ningkatin porsi asupan air ke dalam tubuh kita, seenggaknya 10 gelas setiap hari selama berbuka puasa sampe sahur tiba. Nggak harus berbentuk air mineral, tapi bisa juga diganti sama jus buah, teh manis, atau kuah sayur. Yang penting cairan yang masuk ke tubuh nggak berkurang.

MORE, AND MORE WATER!

 

PRODUCTIVE MORNING

Tunjuk tangan buat kita yang punya kebiasaan tidur lagi setelah sahur! Emang sih kadang rasa kantuk sering nggak bisa kita hindarin setiap selesai makan sahur, apalagi sahur emang selalu dilakuin di 1/3 malam atau sebelum subuh. Tapi ternyata kita sebaiknya menghindari hal ini kalo mau ngejalanin puasa dengan badan yang ‘siap’. Kenapa? Karena di waktu yang harusnya dipake buat proses mengolah makanan dipake untuk tidur. Jadinya, energi yang harusnya dibentuk dari makanan malah jadi terbuang percuma. Waktu tidur yang kita pake juga sedikit banget, tau-tau udah pagi dan bikin badan kita malah tambah lemes. Coba buat isi kegiatan setelah sahur dengan stay awake, bisa dengan membaca buku kesukaan kita, ngobrol sama ortu, atau bisa juga kita nyusun ide seru DIY bikin kartu lebaran yang sempet kita pikirin.

PRODUCTIVE MORNING

Written by Daranindra
Photo Source:
2016 - www.cnet.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar