NIAT JADI TECHNOPRENEUR? HARUS BANGET NGEGALI 5 HAL INI

January 10, 2017

LET’S-EXPLORE-OUR-POTENTIAL-TO-CREATE-DIGITAL-INNOVATION

 

Nowadays technology is running so fast. Kalo kemajuan teknologi nggak diimbangin sama pengetahuan pasti bakal kudet banget deh. Menurut Survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), dari total penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta orang,  di tahun 2016 ada 132,7 juta orang Indonesia udah connected ke internet. Waah berarti udah lebih dari setengah penduduk di Indonesia yang jadi pengguna teknologi digital ya. Tapi sayangnya di Indonesia  creator digital technology masih bisa diitung jari, kebanyakan masyarakatnya cuma jadi penonton dan nikmatin hasil aja. Tahun 2020, pemerintah Indonesia punya target 1.000 technopreneur. Sebagai anak muda Indonesia kita jangan mau kalah dong sama negeri tetangga yang terus berkarya. But how to develop our potential to create digital innovation?

 

BUILD CURIOSITY

 

LET’S-EXPLORE-OUR-POTENTIAL-TO-CREATE-DIGITAL-INNOVATION

 

Curiosity is the first key. Rasa ingin tahu ini jadi pupuk awal untuk numbuhin potensi yang ada dalam diri kita. Untuk mempelajari atau mengembangkan sesuatu biasanya berawal dari rasa ingin tahu. Karena dari situ muncul rasa tertarik sama sesuatu hal yang bikin kita pengen cari tau lebih lagi. Dari sini juga jadi banyak muncul banyak pertanyaan yang menenuhi kepala kita, “Apa sih digital technology?” “ Kira-kira teknologi digital apa ya yang belum ada dan di kembangin di Indonesia?” “Gimana ya cara bikin software or aplikasi kayak gitu?”. From here the journey begin! Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu bisa jadi brilliant idea to develop digital innovation in Indonesia.

 

LEARN AND ACT

After a lot of questions that appear in our mind, let’s start learn. Buat jawab pertanyaan-pertanyaan yang menghantui pikiran kita, selain nanya sama orang yang expert, kita juga harus belajar. Belajar nggak harus selalu dari buku kok. Manfaatin teknologi internet buat baca-baca tentang ilmu seputar teknologi. Kalo udah paham coba langsung diaplikasiin. Percuma aja kalo kita udah tau dan paham tentang sesuatu tapi ilmunya nggak dikembangin alias cukup tau aja. Justru dari sini kita bisa share apa yang kita dapet ke temen kita, siapa tau dia punya ketertarikan yang sama di bidang teknologi. After discuss, coba bareng-bareng  realisasiin ide dan pengetahuan yang kita punya dengan create something.

 

MORE EFFORT

 

LET’S-EXPLORE-OUR-POTENTIAL-TO-CREATE-DIGITAL-INNOVATION

 

Kata Thomas Alfa Edison, jenius adalah 1 % dari inspirasi dan 99 % keringat. Bayangin aja Thomas Alfa Edison ngelakuin percobaan bohlam lampu sampe hampir 10.000 kali dan akhirnya baru bisa nyala. Belajar dari Thomas Alfa Edison, kalo kita udah coba buat sesuatu dan belum berhasil jangan langsung nyerah. Kalo kita baru nyoba sekali atau dua kali terus belum berhasil, berarti tandanya masih ada yang harus diperbaiki. Hal ini juga bikin kita sabar dan mau terus belajar supaya kita nggak cepet puas.

 

SUPPORT SYSTEM

Selain dorongan dari dalam diri kita sendiri, dorongan dari luar juga penting banget nih buat ningkatin potensi yang kita punya. Keluarga merupakan pondasi utama dan orang-orang terdekat yang bisa kasih full support. Selain itu sekolah juga jadi sarana penting buat kita ningkatin kemampuan dan ngembangin potensi kita dengan mengaplikasikan teknologi sebagai sistem pembelajaran, fasilitas yang memadai, dan guru-guru yang ngebimbing. UNICEF mencatat ada 2,5 juta anak Indonesia yang putus sekolah tahun 2015. Meanwhile, Badan Pusat Statistik menyebutkan angka pengangguran usia 15-19 tahun masih ada di kisaran 31,12% pada akhir tahun 2015. Miris ya ngeliat hasil surveynya, karena ternyata masih banyak generasi muda Indonesia yang putus sekolah dan nganggur. Untuk itu perlu juga dukungan dari pemerintah untuk ngurangin angka pengangguran dan putus sekolah ini. Pemerintah bisa bekerja sama dengan pihak swasta untuk ngadain pelatihan dan kasih fasiitas di daerah-daerah terpencil di Indonesia.  Percaya deh kalo kita berhasil nyiptaiin inovasi teknologi yang berguna di daerah tersebut bisa bikin daerah itu maju. That’s why perlu adanya sinergi dari semua pihak dalam hal ini.

 

BRACE OUR SELF

 

LET’S-EXPLORE-OUR-POTENTIAL-TO-CREATE-DIGITAL-INNOVATION

 

Kalo karya yang kita buat udah berhasil, jangan takut buat ikutan pameran atau lomba. Karena dari sini kita bisa show off dan buktiin kalo anak muda Indonesia bisa bikin karya yang hebat. Banyak kompetisi  yang diadain di perguruan tinggi atau perusahaan swasta setiap tahunnya.  Kalo karya kita bagus, bisa diikut sertain di ajang internasional kayak International Conference of Young Scientists lho!

 

So what are you waiting for? Let’s get up from your nap and create an innovation!

 

 

 

Written by Ayu Pamanis
Photo Source:
pixabay.com, pexels.com
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar