KENAPA SIH KITA SERING RAGU BUAT JUJUR KE ORANG TUA?

July 17, 2017

MASIH-SERING-RAGU-BUAT-JUJUR-KE-ORANG-TUA?-IKUTIN-TIPSNYA-YUK!

 

Setiap orang pasti pernah dapet trouble yang terkadang emang nggak bisa diselesaikan sendiri, apalagi buat usia usia remaja yang masih sering labil dan belum punya banyak pengalaman, kehidupan pasti sering merasa galau saat dapet trouble. Salah satu hal yang bisa bikin masalah kita ringan yaitu dengan membaginya dengan orang terdekat, cukup didengarkan sebenarnya udah bisa bikin kita sedikit lega.

 

 

Masalahnya, remaja saat ini (termasuk kita) kalo dapet trouble lebih memilih untuk menceritakannya pada sahabat, bukan orang tua. Hmm…kenapa nih? Ternyata ada beberapa alasan yang bikin kita sebagai remaja segan untuk menceritakan masalah kita sama orangtua. Di antaranya karena kurang dekatnya hubungan anak dan orang tua, ada juga karena anak merasa orang tua nggak akan ngerti sama masalah yang lagi kita hadapin. Padahal, nggak juga lho girls. Walaupun kita hidup di masa kini, bukan berarti orang tua kita nggak mengikuti perkembangan dan nggak ngerti sama masalah kita, justru orang tua udah melalui asam manisnya hidup duluan. Jadi jangan khawatir untuk cerita sama orang tua, malahan kita bakal dapet banyak pelajaran dari hasil sharing kita sama orang tua.

Tapi, untuk mulai jujur dan cerita sama orang tua emang agak bikin kita deg-degan dan malah jadi ragu, but don’t worry girls, karena ada beberapa tips biar kita bisa lebih percaya diri untuk sharing sama orangtua. 

 

SHARING DARI MULAI HAL HAL KECIL TERLEBIH DAHULU

Untuk menggapai suatu tujuan yang besar emang harus dimulai dari hal-hal terkecil lebih dulu. Nah, sama halnya kalo kita pengen menghilangkan ragu dan segan untuk menceritakan suatu masalah kepada orangtua, coba latih untuk sharing tentang apa yang terjadi sehari-hari secara rutin dengan orangtua. Dengan begitu, kita akan mulai terbiasa dan lebih mudah cerita saat ada masalah.

 

CARI WAKTU YANG TEPAT

Coba cari momen yang pas untuk bercerita, apalagi ketika kta ingin jujur tentang suatu hal pada orangtua. Jangan asal cerita, liat dulu kondisi saat itu, apa suasananya pas atau nggak, apa keadaan orang tua sedang santai atau nggak. Atau coba untuk ajak orangtua kita hang out, atau makan-makan. Percaya nggak percaya, acara makan-makan atau hang out bareng bisa bikin kita makin deket dengan orang tersebut. Nah jadi coba sering-sering luangkan weekend bareng keluarga, karena ini adalah momen yang pas buat kita untuk semakin dekat dan nggak ragu lagi untuk saling jujur.

 

JANGAN EMOSI ATAU BERDEBAT

Ketika kita jujur atau menceritakan suatu hal pada orang lain, itu artinya kita memberikan izin untuk mereka berpendapat. Jadi, apapun pendapat atau kritikan mereka kita harus terima, jangan malah emosi atau berdebat. Apalagi kalo jujurnya sama orang tua. Ketika mereka memberikan saran atau kritik, kita harus lapang dada menerimanya dan jangan sesekali menimbulkan perdebatan apalagi sampai emosi, karena hal ini bakal bikin kamu makin ragu bercerita ke depannya.

 

DON’T FORGET TO SAY “THANK YOU” AND “SORRY”

Ucapan “Terimakasih” adalah kata kata yang sangat ajaib, dengan mengucapkan “terimakasih” pada orang lain, bakal bikin mereka merasa dihargai. Nah, jadi jangan sampe lupa bilang “terimakasih” pada orangtua ketika selesai bercerita, jangan malu untuk mengucapkan terimakasih atas pengertiannya. Ketika kita jujur akan sesuatu yang menurut kita kurang baik, jangan lupa untuk meminta maaf. Dengan begitu orangtua maupun kita sendiri akan lebih lega setelah menceritakan sesuatu.

 

 

Written by Elista Yaumil (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar