JANGAN ABAIKAN MATA, PERHATIIN KONDISINYA DENGAN CARA INI

May 19, 2017

MATA-YANG-BIASA-KITA-ABAIKAN-ADALAH-ORGAN-TERPENTING-DARI-KELIMA-PANCA-INDERA

 

Mata merupakan organ kita yang amat kecil tapi punya peran yang sangat vital. Gimana nggak, di mata berkumpul begitu banyak syaraf. Fungsi dasar mata itu sendiri ada tiga, yaitu kemampuan menerima sensasi cahaya, kemampuan membedakan bentuk dan kemampuan membedakan warna. Dilihat dari fungsinya tersebut, mata adalah organ terpenting dari kelima panca indera kita. Selain itu, ada informasi tentang mata apalagi ya yang bisa kita dapetin dari artikel ini?

 

 

MANFAAT AIR MATA

Semua orang pasti pernah menangis. Baik cewek ataupun cowok, tua ataupun muda, kalo ngerasain sedih atau malah seneng, air mata bisa mengucur dengan sendirinya. Sebenernya air mata itu punya fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai pelindung untuk mencegah infeksi yang bisa menyerang mata kita sewaktu-waktu. Di dalam air mata itu punya fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai pelindung untuk mencegah infeksi yang bisa menyerang mata kita sewaktu-waktu. Di dalam air mata terdapat bahan tertentu yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme, yaitu gamaglobulin dan lysozym. Nah, bahan-bahan inilah yang bekerja melawan segala bentuk infeksi yang menyerang mata kita. Selain itu, air mata berfungsi membasahi permukaan mata sehingga nggak pernah kering. Makanya, mata akan tetep bersih dan terbebas dari kotoran.

Masih ada lagi peran air mata, yaitu sebagai sumber energi. Lho kok bisa? Yup, karena air mata mengandung glukosa yang berguna banget sebagai sumber energi sel. Maka dari itu, keberadaannya bisa menjaga kelangsungan hidup sel-sel mata.

 

BLINK BLINK

Mengedip, ya spontan aja kan? Tapi mengedip itu manfaatnya besar banget buat kesehatan indera penglihatan kita ini. Pas kita mengedip, terjadi penyebaran air mata ke seluruh permukaan kornea untuk menjaganya tetep jernih, halus, lembab dan tentu aja bebas dari kuman. Dalam kondisi normal, kedipan bisa berlangsung dengan sendirinya. Dan biasanya, kita nggak bakalan sadar, yaitu setiap 2-10 detik sekali. Kedipan juga bisa jadi reaksi spontan saat ada benda asing yang mendekati mata, kayak debu atau maskara.

 

EYES PROBLEM

Karena fungsinya yang begitu besar, udah saatnya kita lebih perduli dengan masalah-masalah yang sering mengganggu mata, seperti:

Mata Merah

Kelilipan debu, habis asyik-asyiknya berenang atau kelamaan di ruang berasap, kadang mata merah nggak bisa dihindari. Parahnya, karena gatal kita jadi suka menguceknya dengan tangan yang nggak higienis. Sebenernya, mata merah itu terjadi karena pembuluh darah pada putih mata (scelera) membesar dan teriritasi. Bisa disebabkan oleh udara yang kering, sinar matahari, debu, benda asing atau reaksi alergi. Nah, buat menghindari mata merah, inget-inget tips yang ini:

  1. Jangan ngerokok dan menjauh aja deh dari asap-asap rokok.
  2. Jangan keseringan menatap komputer, biasakan untuk mengistirahatkannya kira-kira 10 menit
  3. Kalo mata merahnya disertai air mata yang keluar terus menerus dan perih selama lebih dari tiga hari, lebih baik segera periksa ke dokter mata.

Mata Kering

Mata kering terjadi dalam suatu kondisi di mana produksi air mata berkurang. Bisa terjadi karena faktor usia, tapi faktor lingkungan juga bisa terjadi. Kayak terkena pendingin ruangan (AC), sinar matahari, pemakaian obat tertentu dan bisa juga karena menatap komputer terlalu lama. Gejalanya yaitu, mata terasa perih, gatal, nyeri dan panas. Untuk ngehindarinya, baca tips dari Gogirl!:

  1. Jangan kurangi frekuensi kedipan, terutama pas kita menatap monitor komputer atau layar TV lama-lama.
  2. Kalo kita harus berada di ruang ber-AC dalam waktu yang lama, bawa tetes mata yang dapat bersifat sebagai pengganti air mata.
  3. Kalo berenang, pakelah kacamata renang.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan sayur mayur.
  5. Hindari sorotan angin hair dryer ke mata saat ngeringin rambut.

 

MATA-YANG-BIASA-KITA-ABAIKAN-ADALAH-ORGAN-TERPENTING-DARI-KELIMA-PANCA-INDERA

 

DID YOU KNOW?

  1. Pupil mata kita bisa disamain dengan diafragma kamera yang menyesuaikan kebutuhan ketajaman melihat pada jarak tertentu. Maka kalo kita ngeliat jarak deket, pupil akan mengecil agar lebih focus dan pandangan menjadi lebih tajam.
  2. Pada saat kita membaca buku, pupil kita bergerak 1-5 kali per menit. Tapi pada saat kita menggunakan komputer, pupil kita bergerak 000-150.000 kali per menit! Makanya, mata kita cepet lelah pas menggunakan komputer.
  3. Ternyata, air mata itu mengandung elektrolit penting kayak kalium, natrium dan klor. Pantesan aja rasanya asin!

 

KANTUNG MATA

Yang ini merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan para cewek-cewek karena bisa merusak penampilan. Kenapa bisa muncul kantung mata? Ini beberapa penyebabnya:

  1. Kurang tidur
  2. Stress
  3. Kondisi mata yang berlemak
  4. Sistem pembuangan cairan tubuh yang kurang lancar

Ada beberapa cara untuk ngebantu ngurangin kantung mata, yaitu:

  1. Kurangi makanan berlemak
  2. Tidur cukup
  3. Kompres mata dengan kantung teh atau es batu
  4. Ngelakuin pemijatan mata

 

BEST TIPS FOR EYES

Sekarang udah lebih aware kan sama kesehatan mata? Untuk keseluruhan, yang penting banget kita lakuin supaya mata kita tetep sehat dan indah:

  1. Kalo ngerjain sesuatu yang membutuhkan kerja mata yang cukup berat, pastiin adanya penerangan yang cukup.
  2. Seringlah berkedip agar mata selalu moisted.
  3. Jangan terlalu tegang dan banyak beristirahat.
  4. Yang suka nongkrong di depan komputer, atur jarak layar dengan mata minimal 55 cm.
  5. Konsumsi vitamin A dan C atau makanan yang mengandung vitamin tersebut.
  6. Pake kacamata pelindung.
  7. Tidur yang cukup setiap malem, minimal 8 jam.

 

EYE MAKE UP TIPS

  • Buat kita yang bermata besar, pakelah eyeliner di atas bulu mata atau di dalam garis mata.
  • Buat kita yang bermata sipit dan pengen punya lipatan kelopak tapi males pake scots, coba deh pake eyeshadow warna gelap dan bentuk setengah lingkaran. Kemudian dipertegas lagi pinggirannya dengan warna yang lebih muda. Jadi deh lipetan mata kita!
  • Buat yang bermata cekung, gunain eyeshadow warna terang untuk lebih menonjolkan mata keluar.
  • Untuk yang bermata cembung, kebalikannya dari mata cekung. Pakelah eyeshadow berwarna gelap supaya memberikan kesan mata yang lebih dalam.
  • Untuk bentuk mata turun, ada triknya juga. Yaitu pake eyeliner yang di ujung luar matanya dikasih tarikan ke atas, atau sisipkan eyeshadow berwarna gelap pada ujung mata.

 

 

Written by Christina Juzwar, rewritten by Kartika Afriyani
Photo Source:
Shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar