TIPS NYAIRIN SUASANA SAAT KETEMU DENGAN ORANG BARU

June 19, 2017

MEETING-NEW-PEOPLE

 

Setiap masuk ke lingkungan baru atau berada di antara orang-orang baru, pasti rasanya deg-degan dan nggak nyaman. Ngeliat orang-orang di sekeliling juga rasanya tuh mereka semua sinis..But let’s think positive! Nggak mau kan pergaulanmu cuma sebatas sekolah, tempat les, rumah, dan dengan orang yang itu-itu aja. Let’s meet fresh new people!

 

 

NICE FIRST IMPRESSION

Saat kamu kenalan atau dikenalin dengan orang baru, give them appreciation. Jangan kelihatan malas-malasan atau nggak niat untuk kenalan sama mereka, walaupun saat itu kita emang lagi bad mood atau pas lagi “panas-panasnya” karena habis berantem sama pacar. Kasih senyum sedikit dan jabat tangannya dengan erat. Sebut nama kita dengan jelas. Dan yang paling penting, ingat namanya baik-baik. Kalo suaranya nggak kedengeran atau namanya agak susah diucapkan, tanya lagi sampe kita benar-benar bisa menyebutnya dengan sempurna. Jangan sampe setelah berjam-jam ngobrol tiba-tiba kamu nanya, “duh sori, namanya siapa tadi?”

Ketika kita ingat dan berhasil menyebut nama seorang teman baru dengan benar, mereka akan merasa dihargai. Hal lain yang penting saat berkenalan adalah dengan melakukan kontak mata. Leil Lowndes dalam buku How to Instantly Connect with Anyone bilang, kontak mata adalah gambaran “kejujuran, hormat, ketertarikan, kecerdasan, keterbukaan, dan kepercayaan diri”. Untuk membuat kontak mata yang pas, ada triknya. Nggak boleh terlalu sebentar atau selintas aja, karena kamu butuh memandang mata seseorang cukup lama untuk bisa benar-benar menciptakan koneksi denganya. Tapi jangan kelamaan juga ya, nanti mereka justru jadi risih.

 

A SMILE GOES A LONG WAY

Ada pepatah bilang, “Senyum adalah sebuah lengkungan yang bisa meluruskan setiap persoalan”. Hebatnya lagi, senyum itu bisa “terdengar” ekspresif, dan mana yang “datar-datar” aja. Senyum juga terbukti ampuh menaklukkan hati. Dalam Neuro Associative Conditioning System (teknik penggalian, pengembangan, dan penataan potensi diri), senyum yang tulus dipercaya bisa membuat kita semangat, bahagia, jadi PD, dan bikin orang mau tulus menerima kita. Orang yang tersenyum dianggap sebagai orang yang PD karena yakin dengan dirinya dan merasa aman di lingkungannya saat itu. Dengan senyum, kita nunjukkin ke teman-teman baru kalo kita suka sama mereka dan lingkungan itu. Kalo merasa dihargai, tentu mereka jadi senang untuk kenal kita lebih dalam lagi.

 

MAKE SMALL TALK

Mulailah dengan basa basi simpel kayak “Sekolah di mana?” kalo sekolahnya familiar, lanjut lagi dengan “Kenal sama si X nggak?”. Atau bisa juga ngomongin hal-hal umum, kayak “Gila, sepanjang jalan tadi macet banget”. Syukur-syukur dari small talk itu ada yang klik dan bisa jadi bahasan seru. Jangan ngasih pertanyaan-pertanyaan tertutup yang jawabannya cuma “Iya” atau “Nggak” aja. Biar dia tertarik sama obrolan kita, kuasai topik yang kita bicarakan. Jangan sampe kita ngeluarin komentar yang sok tau terhadap hal-hal yang sebenernya nggak ngerti sama sekali. Bilang batagor di situ enak, padahal pas dicoba ternyata biasa aja! Perhatikan juga kira-kira orang kayak apa teman baru kita ini, apakah dia tipe yang rame, pemalu, atau mungkin malu-maluin? Nah, dari situ kita jadi tau gimana cara yang pas buat start a conversation.

 

BALANCE CONVERSATION

Jangan ngelakuin pembicaraan sepihak. Saking asyiknya cerita, kita nguasain pembicaraan sedangkan orang di depan kita cuma manggut-manggut aja. Sebaliknya, jangan dia terus yang cerita. Kalo topiknya emang nggak menarik buat kita, coba pelan-pelan alihkan topik pembicaraan. Kalo dalam satu waktu kita langsung kenalan sama beberapa orang sekaligus, pintar-pintarlah membagi perhatian. Jangan sampe kita hanya ngobrol sama satu orang aja, bisa-bisa yang lain tersinggung karena merasa nggak dianggep. Dan di saat mereka lagi asyik ngobrol, jadilah pendengar yang baik dengan mengangguk, atau mengeluarkan komentar-komentar singkat yang bikin mereka yakin kalo kita terus menyimak.

 

WATCH OUR JOKES

 

MEETING-NEW-PEOPLE

 

Banyak orang berusaha untuk being funny untuk memberi kesan pertama yang memorable. Koleksi jokes, celaan, dan cerita-cerita lucu dikeluarin biar pembicaraan jadi lancar atau untuk bikin suasana ramai. That’s good, tapi humor adalah sesuatu yang bagus kalo dilakukan pada saat yang tepat dengan orang-orang yang tepat juga. Jangan kira jokes kamu bakal langsung dianggap hilarious sama orang-orang yang baru kamu kenal. Bisa jadi mereka malah nganggep kamu garing atau lebay. Sebelumnya, lihat-lihat dulu situasi, jenis candaan macam apa yang bisa “masuk” di antara mereka? Jangan sampe kamu keceplosan nyela pipi teman baru kamu yang tembem, padahal ia (dan yang lain) paling anti becandaan “fisik” kayak gitu.

 

ENJOY YOUR TIME

Berada dalam waktu yang cukup lama dengan orang baru –misalnya saat kita dan dia harus nungguin pacar yang sama-sama lagi latihan band-terkadang bikin nggak nyaman. Apalagi kalo lawan bicara ita bukan orang yang menyenangkan atau sama sekali nggak nyambung. Or maybe we are just not in the mood. Ugh bawaannya pengen cepet-cepet pulang. Eits, sabar dulu, jangan langsung pasang tampang bete di depan dia. Nikmati aja waktu kita. Jangan sia-siakan kesempatan untuk kenalan sama orang lain. Cari info sebanyak-banyaknya dari dia. Teman baru artinya peluang dan kesempatan baru, siapa tau orang yang bisa kita kenal ini bisa ngajak kita gabung di komunitas seni yang selama ini kita idam-idamkan, atau ia juga hobi travelling sama kayak kita, punya kakak cowok yang keren, atau bisa jadi ia anaknya direktur yang siap nampung kita yang lagi bingung nyari tempat magang..heehe

 

KEEP IN TOUCH

Selesai kenalan sama orang baru, biasanya yang terjadi adalah kita  langsung lupa atau “menghilang” begitu aja. Wah, sayang banget! Apalagi kalo interaksi pertama kita sebelumnya berjalan dengan menyenangkan karena orangnya nyambung diajak ngobrol. Pertahankan pergaulan baru kita dengan menyempatkan untuk tukeran nomor HP, pin BB, alamat YM atau alamat blog! Simpan baik-baik alamat itu atau langsung tulis saat itu juga. Tanya juga account Facebook atau Twitter mereka biar kita bisa tetap keep in touch. Usaha untuk me-maintain pertemanan baru ini harus konsisten lho. Karena sayang banget, udah praktekkin tips-tips di atas, tapi pertemanan kita memudar seiring waktu. Terutama kalo kenalan baru kita itu cowok yang potensial bisa kita taksir, hohohoho! Kalopun sama dia nggak berlanjut, who knows...dia tentu punya teman atau saudara yang bisa dikenalin ke kita toh!

 

THE DON’TS

 

MEETING-NEW-PEOPLE

 

  • Asik sendiri sama HP (helloooo....jelas-jelas masih banyak orang di dunia nyata ini, kok kita malah sibuk sama dunia maya???)
  • Pasang muka yang nggak enak diliat (dengan “tameng” kayak itu, kita bikin orang pengen cepat-cepat pergi menjauh).
  • Sok akrab (baru ketemu langsung nanya jumlah mantan dia? Jangan heran kalo ia cuma menatap kita dengan sebal, mungkin dalam hati mikir “Yeeeee...siapa elu???”)
  • Nggak usah ngarang-ngarang cerita cuma biar kelihatan keren di depan orang baru. Kalo bohongnya terbongkar, siap-siap aja dijauhi!
  • Pertama ngobrol, langsung ngomongin hal-hal sensitif, kayak curhatin masalah pribadi, masalah internal keluarga, menyinggung SARA atau langsung membahas politik negara yang “berat”.

 

 

Written by Winny witana, rewritten by Ayudya Annisa
Photo Source:
shutterstock
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar